Blueman Manager Tidak Bisa Menerima File Dari Device Lain Di Ubuntu Mate 16.04.2, Ini Solusinya

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk anda. bertemu lagi di tulisan #tipsdantrik tentang permasalahan Bluethoot di Ubuntu, Ubuntu Mate 16.04.2 LTS.

Blueman Manager, tools yang digunakan untuk memanajemen Bluethoot di kebanyakan distribusi GNU/Linux, termasuk Ubuntu. Dengan kemudahan memanajemen device yang terhubung ke Ubuntu melalui koneksi Bluethoot, permasalahan pun sering terjadi dan kebanyakan kesahalan ditimbulkan oleh human error.

Secara default, Blueman Manager menyimpan file yang diterima dari device lain di /home/user/Publik. Untuk melihat pengaturan ini, klik pada logo Bluethoot di top/bottom panel lalu pilih Local Services…

[caption id="" align="alignnone" width="521"]penyimpanan default blueman manager Letak penyimpanan default Blueman Manager[/caption]

Kesalahan yang melibatkan human error biasanya terletak pada kelalaian pada pemberian hak akses pada directori Public, tempat tersimpannya file yang di terima oleh Blueman Manager dari device lain.

Salah satu permasalahan yang saya alami adalah saat mengirimkan data gambar, dokumen dan video dari HandPhone/smartphone ke Ubuntu, melalui koneksi Bluethoot, tentu saja. Notifikasi pada HP menunjukkan bahwa file telah terkirim dengan baik, akan tetapi setelah di periksa di direktori Public ternyata file yang dikirim tadi tidak ada. Bingung, pasti.

Setelah bertanya ke senior KoLU mereka menganjurkan untuk merubah hak milik (change owner/chown) direktori dan hak aksesnya (change mode/chmod).

Baik, akhirnya saya mencoba saran mereka. Sederhana tapi sering dilupakan.

Pertama, buka terminal (Ctrl + Alt + Del) lalu ketikkan perintah berikut ini, pastikan posisi direktorinya ada di /home/user yang ditandai dengan user@ubuntu1604:~$.
sudo chown user:user -R Public

Keterangan:

user(1), merupakan username dari user aktif (yang digunakan saat ini), bisa di cek dengan perintah users.

user(2), merupakan nama group dimana user aktif berada, bisa di cek dengan perintah groups.

-R, opsi ini di gunakan untuk merubah hak milik atau hak akses suatu direktori.

Kedua, setelah merubah hak milik direktori, lakukan perubahan pada hak akses direktori Public. Lakukan tanpa “sudo”.
chmod 777 -R Public

Keterangan:

777, merupakan nilai akses yang kita berikan kepada User, Group dan Other, yang berarti akses penuh terhadap ke tiganya. untuk lebih aman bisa berikan hak akses penuh hanya pada User dan Group saja, yaitu 775. Untuk memahami lebih lanjut tentang pemberian hak akses, baca Dasar Hak Akses Direktori dan File di Linux.

Sampai pada langkah ini Blueman Manager saya telah dapat menerima file dari device lain dengan baik. Bagaimana dengan anda ?

[caption id="" align="alignnone" width="601"]hasil pengiriman file gambar dari device lain Hasil pengiriman file gambar dari device lain[/caption]

Jika masih menemukan kendala, silahkan bagikan pengalaman anda dalam menggunakan koneksi Bluethoot pada Ubuntu kesayangan anda di kolom komentar.

Saya membuka lebar semua kritik dan saran via email. silahkan kirimkan kritik dan saran anda ke chotibulstudio@gmail.com. Kritik dan saran anda akan saya gunakan untuk memperbaiki kualitas tulisan-tulisan saya.

Sampai jumpa lagi di seri #tipsdantrik selanjutnya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS