Cara Update WordPress di Localhost Tanpa Konfigurasi FTP

Selamat pagi dan salam sejahtera kawan. Bertemu lagi pada seri tutorial #tipsdantrik mengenai Cara Update WordPress di Localhost Tanpa Konfigurasi FTP di ChotibulStudio.

WordPress merupakan salah satu konten manajemen sistem yang memiliki market share sebesar 59,3% di seluruh dunia. Ini setara dengan separuh lebih dari ekosistem website di dunia mengadopsi WordPress sebagai sistemnya. Hal ini dijelaskan oleh w3tch.com dalam ulasannya tentang tren market share konten manajemen sistem yang digunakan untuk website.

Kembali kepermasalahan, permasalahan ini umum ditemukan saat menginstall WordPress di localhost saat kita melakukan update. Saat update tersedia, banyak diantara kita untuk langsung melakukan update dan menjada sistem WordPress untuk tetap up to date. Saat inilah WordPress akan melakukan redirect ke halaman konfigurasi FTP Server.

Pada kasus ini saya menggunakan EngineX sebagai web server, PHP 7.0 FPM sebagai side scripting dan MariaDB 10.1 sebagai DBMS yang telah terkonfigurasi pada sistem Ubuntu MATE 16.04.2 LTS.



Lalu, kalau masalah ini muncul apa yang harus dilakukan? Hmmm oke, mari kita selesaikan bersama.

Pertama, pastikan hak milik projek wordpress anda menjadi milik user www-data dengan group www-data, ini dilakukan untuk melindungi hak milik projek wordpress anda. Gunakan perintah chown untuk merubah hak milik direktori.

Kedua, pastikan semua hak akses file .php pada wordpress bernilai 644 dan direktori serta sub-direktori bernilai 755. Gunakan perintah chmod untuk merubah hak akses. Tambahkan opsi -R untuk merubah hak akses direktori.

Ketiga, agar sistem WordPress dapat melakukan update tanpa memerlukan konfigurasi FTP, kita harus menambahkan definisi konstan pada file wp-config.php yaitu FS_METHOD. Menurut codex.wordpress.org, konstant ini digunakan untuk memaksa sistem WordPress untuk melakukan update. Terdapat 4 nilai untuk konstan ini, yaitu “direct”, “ssh2”, “ftpext”, dan “ftpsockets”. Agar dapat melakukan update pada sistem WordPress kita akan menggunakan nilai konstant FS_METHOD yaitu direct.

Nilai direct ini merupakan primary preferences, yaitu pilihan utama yang harus diterapkan agar sistem WordPress dapat melakukan update. Pilihan direct akan memaksa untuk me-request secara langsung terhadap I/O dari PHP. Ini adalah pilihan default.

Untuk menambahkan konstant FS_METHOD, silahkan edit file wp-config.php yang ada di projek WordPress anda, gunakan editor kesayangan anda (bisa nano, pico, gedit, pluma, dll). Disini saya menyontohkan menggunakan editor nano. Sesuaikan dengan path direktori projek anda.
sudo nano /var/www/wordpress/wp-config.php

Silahkan menuju ke bagian paling bawah dari file wp-config.php dan tambahkan definisi konstan berikut ini:
define('FS_METHOD','direct');

Setelah melakukan perubahan, jangan lupa di save ya. Setelah itu, hubungkan laptop atau komputer kalian ke Internet. Masuk ke dashboard admin >> Updates >> Pilih yang akan di update.



Nah, itulah Cara Update WordPress di Localhost Tanpa Konfigurasi FTP yang dapat saya tulis pada seri #tipsdantrik kali ini, semoga bermanfaat ya, jika masih menemukan kendala, silahkan corat-coret di kolom komentar.

Untuk menjaga konsistensi kualitas penulisan, saya juga membuka kritik dan saran yang dapat kalian sampaikan melalui email di chotibulstudio@gmail.com. Saya tunggu kritik dan saran anda, kawan.

Have fun blogging with WordPress. Sampai jumpa di seri #tipsdantrik selanjutnya. Semoga hari anda menyenangkan :)

Refrensi

codex.wordpress.org/Editing_wp-config.php

blog.imran.id/2015/01/04/cara-mengatasi-error-yang-biasa-terjadi-pada-wordpress

codex.wordpress.org/Changing_File_Permissions

wpbeginner.com/beginners-guide/how-to-fix-file-and-folder-permissions-error-in-wordpress/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS