Search (Uji Aplikasi), Aplikasi Pencarian Terbaru Google

Selamat pagi dan salam sejahtera kawan. Di seri #aplikasi kali ini saya akan me-review aplikasi pencarian terbaru dari Google, Search (Uji Aplikasi). Setelah proses pendaftaran sebagai penguji aplikasi Google Search terbaru dan setelah menunggu beberapa minggu, akhirnya datanglah SMS dari Google yang memberitahukan bahwa uji aplikasi Google Search siap di unduh melalui link yang disertakan. Aplikasi ini saya jalankan di atas Evercoss One X.

Sekilas tentang Search (Uji Aplikasi)


Menurut deskripsi pada halaman aplikasi di Play Store, aplikasi Ini adalah aplikasi yang didesain untuk membantu kamu menghemat kuota selagi kamu melakukan pencarian informasi. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari informasi yang berguna, mengunjungi situs favoritmu, mengikuti berita terbaru, dan mengeksplorasi fitur topik lainnya seperti hiburan, olahraga, mode, dan kecantikan. Halaman web dapat ditampilkan secara cepat walaupun pada koneksi 2G sekalipun.

Cukup sentuh, ketik, atau bicara untuk memulai pencarian. Sepanjang pencarian, kamu akan melhat saran-saran untuk membantu mencari apa yang kamu inginkan lebih cepat. Ketika kamu mencoba aplikasi ini, pastikan menekan tombol “Kirim Masukan” untuk memberitahu kami apa yang kamu sukai dan bagaimana kami bisa memperbaiki aplikasi ini.

Fitur Yang Di Tawarkan


Cari apapun:

-Cuaca

-Skor sepakbola/badminton dan berita lainnya

-Toko-toko dan restoran terdekat

-Resep

-Film, aktor, dan lirik lagu.

Dapatkan info yang kamu minati:

-Kunjungi situs favorit kamu

-Ikuti berita dan gosip terbaru

-Pelajari keterampilan baru dan cara membuat sesuatu

-Terjemahkan kata dan kalimat

Maksimalkan penggunaan kuota kamu:

-Pencarian dengan menggunakan kuota yang lebih sedikit

-Menampilkan halaman secara cepat

-Bekerja dengan baik bahkan ketika kamu tidak memiliki koneksi yang baik

Tekan dan gunakan mikrofon untuk mengajukan pertanyaan, seperti “apa kafe terasik dekat sini”.

Dapat beralih bahasa dengan mudah.

Bagaimana menurut kalian? Cukup menarik bukan? Bagi saya yang masih mempunyai koneksi seadanya, aplikasi ini bisa diandalkan.

Review


[caption id="attachment_142" align="alignleft" width="297"] Logo Search (Uji Aplikasi)[/caption]

Saat menjalankan pertama kali, Search (Uji Aplikasi) meminta kita untuk login menggunakan akun Google, Jika terdapat lebih dari satu akun Google, pilih salah satu dan akan diarahkan ke halaman Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan. Tap pilihan Lanjut.

Selanjutnya akan tampil pilihan bahasa, kalau saya pilih Bahasa Indonesia, lalu tap DIBUAT. Terdapat informasi bahwa kita bisa mengganti bahasa dengan menggeser layar kesamping, seperti pada umumnya standar aplikasi.

Sekilas memang tampak informasi EXPERIMENTAL pada bagian atas aplikasi yang mengindikasikan bahwa aplikasi ini masih dalam tahap uji coba. Tidak masalah, mari kita eksplore bersama.

Terdapat beberapa menu utama yang digunakan untuk memulai menggunakan Search (Uji Aplikasi) ini, diantaranya Mulai Penelusuran, Berita, Gambar, Situs Populer, Cuaca, Sekitaran, Terjemahan, Halaman Offline, Personalisasi dan Tanggapan. Saya akan menjelaskan bagian terpentingnya saja.

Mulai Penelusuran


Sejatinya, menu ini hanya icon saja, karena pada bagian bawah aplikasi juga terdapat form yang berfungsi untuk melakukan pencarian. Seperti halnya Google Apps, untuk memulai penelusuran, tap form pencarian lalu ketikkan kata kunci yang ingin kita cari informasinya. Tanpa melakukan tap tompol search sekalipun, aplikasi ini langsung menampilkan informasi terkait dengan kata kunci.

Keunggulan dari Search (Uji Aplikasi) ini adalah terletak pada tag-tag sugesti, yaitu tag yang mengiringi kata kunci yang berada di atas form pencarian. Terdapat dua tag (tanpa warna), Masukan dan Bagikan, dan di ikuti oleh tag sugesti lainnya. Tag masukan digunakan untuk membuat feedback ke pengembang mengenai fitur-fitur yang ditawarkan, sedangkan tag Bagikan digunakan untuk membagikan hasil penelusuran ke berbagai pilihan berbagi, misal Instagram, Facebook, Telegram, dll. Kata kunci yang kita gunakan untuk melakukan pencarian tersimpan sebagai histori, jika merasa terganggu dengan histori tersebut, kita bisa menghapusnya dengan cara ketuk dan tahan salah satu tag histori berwarna biru sampai muncul peringatan Delete this search from your history? Kita bisa memilih untuk menghapusnya atau membatalkannya.

Selain itu, terdapat mikrofon yang berfungsi untuk melakukan pencarian melalui suara, sistem kerjanya sama dengan Google Apps, kita tinggal mengetuk icon mikrofon lalu ucapkan kata kunci. Kekurangan dari penelusuran ini adalah saat setelah melakukan penelusuran dengan mengetikkan kata kunci atau pencarian melaui suara dan langsung beralih untuk melakukan pencarian suara, Search (Uji Aplikasi) tidak akan menghapus kata kunci sebelumnya sehingga terjadi tumpang tindih kata kunci. Berdeda dengan pencarian pada Google Apps, Google Apps akan membedakan pencarian pertama dan pencarian kedua dengan atau tanpa menggunakan pencarian suara, sehingga tidak terjadi tumpang-tindih kata kunci.

Pada halaman Pencarian juga terjadi ambiguity dimana jika pada halaman Terjemahan untuk menutupnya kita bisa dengan menggesek layar (kiri ke kanan) untuk kembali ke halaman awal aplikasi, namun pada halaman Pencarian fungsi tersebut malah akan membuka halaman Pencarian yang sama.

Terjemahan


Secara fungsional, penggunaannya sama dengan Google Terjemahan Apps. Mendukung terjemahan instan (menerjemahkan secara langsung tanpa mengetuk tombol terjemahkan). Penyimpanan riwayat terjemahan. Dan fungsi terjemahan lain.

Saat dibuka tampak loading bar pada bagian atas, ini lebih mirip dengan sistem WebView. Tampak bahasa yang di set adalah terjemahan inggris ke Tamil, meski begitu, kita bisa merubahnya, akan tetapi perubahan tersebut tidak permanen, perubahan akan hilang saat kita menutupnya.

https://cloudup.com/cwRoMZDPmn4

Kekurangan dari Terjemahan pada Search (Uji Aplikasi) ini salah satunya adalah tidak menyimpan pengaturan bahasa yang telah di set tidak akan tersimpan saat keluar dari Terjemahan. Pada sisi desain, memang kurang responsive pada sisi menu, namun tidak mengurasi fungsi-nya sebagai mesin penerjemah yang baik.

Personalisasi


Menu ini di gunakan untuk melakukan pengaturan terhadap aplikasi. Terdapat dua tap utama untuk mengatur aplikasi, yaitu customize dan general.

Pada pilihan customize terdapat pilihan App Home yang digunakan untuk mengatur menu yang di tampilkan di halaman utama aplikasi dan App Background digunakan untuk mengatur background aplikasi.

Pilihan General digunakan untuk mengatur fungsional aplikasi, seperti mengatur bahasa aplikasi, mengatur penggunaan data dan penggantian akun.

Kesimpulan


Search (Uji Aplikasi) bisa dikatan aplikasi yang dapat menggantikan penggunaan Google Apps karena selain simple dan customable, aplikasi ini di desain untuk penggunaan data yang terbatas. Disamping itu Search (Uji Aplikasi) dapat berjalan dengan cepat pada koneksi jaringan 2G.

Seperti halnya kebanyakan aplikasi beta yang lain, bug-pun masih ditemui dibeberapa tempat, misalnya penggunaan gesek layar. Jika pada Google Apps fungsi gesek layar digunakan untuk membuka menu-menu penting untuk mengatur penggunaan Google Apps, pada Search (Uji Aplikasi) fungsi gesek layar malah membuka halaman dengan tampilan yang sama, bahkan di beberapa kondisi ketika gesek layar dilakukan, aplikasi akan langsung kembali ke kondisi semula.

Penggunaan perintah suara seperti “Ok Google” tidak berjalan sama sekali pada Search (Uji Aplikasi). Namun pengguna masih bisa melakukan penelusuran suara dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS