UKUU, Perkakas Handal Untuk Memperbarui Mainline Kernel Linux Pada Ubuntu Anda

UKUU angkronim dari Ubuntu Kernel Update Utility merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi kalian yang ingin bereksperimen untuk memperbarui atau sekedar mencoba fitur dari kernel yang baru dirilis melalui mainline.

Mainline sendiri merupakan sebuah situs yang mengakar pada domain milik ubuntu.com yang menyediakan berbagai-macam versi kernel yang diperuntukkan untuk sistem operasi Ubuntu. Dengan adanya mainline ini Ubuntu dapat menginstal versi kernel yang lebih baru tanpa harus mekakukan proses compiling yang rumit. Situs mainline dapat diakses melalui link berikut ini.

UKUU menyederhanakan proses pencarian, penginstalan dan penghapusan kernel yang digunakan oleh Ubuntu 16.04 LTS atau yang lebih baru. UKUU mempunyai kemampuan untuk:

  • Menampilkan daftar kernel dari situs mainline.

  • Memeriksa pembaruan kernel baru.

  • Menampilkan notifikasi saat kernel baru dirilis.

  • dll.


Cara Instal UKUU di Ubuntu dan Linux Mint


Menginstall versi kernel mainline umumnya tidak direkomendasikan untuk pengguna baru, sesuai pengalaman saya saat mencoba mengupgrade versi kernel 4.4 bawaan Ubuntu ke versi kernel mainline 4.12 kerusakan terjadi pada sisi mesin virtual. Jadi jangan main-main. Lakukan langkah ini saat anda merasa yakin.

Untuk menginstall versi kernel Linux mainline, anda perlu menambahkan repositori pihak ketiga atau PPA. Buka terminal lalu ketikkan perintah berikut:
sudo add-apt-repository ppa:teejee2008/ppa

Setelah PPA terintegrasi dengan mesin Ubuntu anda, lakukan permbaruan daftar paket dari repositori setelah itu instal UKUU, anda dapat menyingkatnya dengan perintah berikut:
sudo apt-get update && sudo apt-get install ukuu

Ulasan Tentang UKUU


Setelah UKUU terinstal ke mesin Ubuntu anda, anda dapat menjalankan UKUU melalui menu Applications > System Tools > Ukuu Kernel Update Utility pada Ubuntu MATE, untuk Ubuntu rasa lain, anda dapat menyesuaikan.



Tampilan awal UKUU memuat tampilan daftar kernel yang tersedia. Tampak terdapat perbedaan pada warna dari masing-masing rilis, dimana warna merah menandakan masih proses pengembangan, hal ini dapat dilihat dari nama kernel yang terdapat huruf “rc” atau release candidat, sedangkan yang berwarna asli dan tanpa ada embel-embel “rc” merupakan rilis stabil.

Disebelah kanan terdapat beberapa menu yang dapat anda manfaatkan untuk memasang, menghapus atau merubah preferensi pada kernel tertentu. Anda pun dapat melakukan konfigurasi melalui menu pengaturan.

UKUU juga mempunyai fitur notifikasi. Jika mesin Ubuntu anda terhubung ke jaringan internet, UKUU secara otomatis akan menampilkan pembaruan kernel versi stabil yang lebih baru.

Kesimpulan


UKUU sangat memudahkan anda untuk mengupgrade Kernel Linux yang ada pada mesin Ubuntu 16.04 LTS anda. Namun banyak resiko yang harus dihadapi jika anda melakukan upgrade kernel tanpa perhitungan yang matang. Kemungkinan kompabilitas perangkat keras dan perangkat lunak tentu menjadi perhatian utama sebelum anda benar-benar memutuskan untuk menginstal Linux kernel mainline ini.

Sumber


Ukuu Makes it Easy to Install Mainline Linux Kernels on Ubuntu, OMGUBUNTU!

Ubuntu Kernel Upgrade Utility, TeeJeeTech Open-source software for Linux.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS