Memperbaiki Bluetooth Tidak Menampilkan Kode Pin Untuk Pairing di Ubuntu 16.04

Berhari-hari bahkan berminggu-minggu bluetooth di laptop saya bermasalah, saat melakukan pairing antara laptop dengan ponsel seharusnya kedua perangkat tersebut menampilkan kode pin yang sesuai agar dapat terhubung dengan baik, akan tetapi yang menampilkan kode pin hanya di ponsel saja, sedangkan di laptop tidak, akhirnya sambungan terputus karena kode pin tidak sesuai antara kedua device tersebut.

Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Kegundahan saya akhirnya dipatahkan oleh ungkapan itu, ketika dengan kata kunci tertentu mesin telusur membawa saya menuju sebuah halaman thread Support and Help Request forum daring, ubuntu-mate.community, dengan pokok bahasan Bluetooth doesn’t display pin code for pairing.

Cara agar bluetooth kembali menmapilkan kode pin untuk proses pairing adalah dengan mengetikkan baris perintah berikut di terminal:
gsettings set org.blueman.general notification-daemon false

Kemudian hapus semua perangkat yang sudah ada di manager bluetooth, setelah itu restart laptop atau PC anda, setelah di restart, coba kembali untuk melakukan pairing.



Cara diatas bekerja dengan baik di laptop saya dengan sistem operasi Ubuntu MATE 16.04.4 LTS amd64.

Sumber

https://ubuntu-mate.community/t/bluetooth-doesnt-display-pin-code-for-pairing/8496/3

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS