Panduan Persiapan Instalasi Endless Mini

Endless Mini merupakan buah tangan keren yang saya dapatkan saat menjadi panitia Konferensi LibreOffice Indonesia 2018, komputer mungil nan unik ini masih menyimpan segudang misteri.

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, Buka Kotak Endless Mini, Buah Tangan dari Konferensi LibreOffice Indonesia 2018 yang hanya mengulas mengenai apa yang ada dibalik kotak pembungkus dan spesifikasinya saja, namun tidak lengkap rasanya kalau tidak menyertakan ulasan bagaimana cara menggunakanya, untuk itu inilah ulasan mengenai Panduan Persiapan Instalasi Endless Mini untuk anda.

Ada beberapa perangkat yang perlu disiapkan sebelum anda menyalakan komputer mungil ini, diantaranya:

  • Komputer mungil ini hanya mendukung hubungan ke layar monitor melalui port HDMI, jika monitor anda masih menggunakan port VGA, anda perlu konverter HDMI to VGA.

  • Monitor atau TV yang mendukung port HDMI atau VGA.

  • Mouse dan keyboard USB, jika anda hanya memiliki keyboard dan mouse PS/2, anda memerlukan konverter PS/2 to USB.

  • Stop kontak yang mendukung colokan tipe A (colokan gepeng), lihat disini.


[caption id="" align="aligncenter" width="601"] Perlngkapan sebelum menghidupkan Endless Mini[/caption]

Nah, jika perlengkapan tersebut sudah siap, mari kita lanjutkan ke proses selanjutnya.

Pertama, tancapkan konverter HDMI to VGA dengan slot VGA dari monitor, lanjutkan dengan menancapkan HDMI konverter ke port HDMI yang ada di mesin Endless Mini.

[caption id="" align="aligncenter" width="601"] Koneksi konverter HDMI to VGA[/caption]

Kedua, tancapkan port USB dari mouse dan keyboard, juga jack power ke mesin Endless Mini.

[caption id="" align="aligncenter" width="601"] Pemasangan keyboard, mouse, konverter HDMI to VGA dan jack power[/caption]

Ketiga, tancapkan adaptor ke stop kontak lalu klik tombol power yang ada di mesin Endless Mini. Tunggu hingga Endless OS melakukan booting secara penuh.

[caption id="" align="aligncenter" width="601"] Tombol power Endless Mini[/caption]

Saat setelah Endless OS melakukan booting secara penuh, untuk memulainya, anda akan disuguhkan dengan tampilan pemilihan bahasa yang digunakan untuk instalasi awal. Pilih bahasa yang ingin anda gunakan selama proses instalasi berlangsung, secara default, Endless OS di Endless Mini menggunakan bahasa China, agar lebih mudah, saya memilih bahasa English (United States), anda juga dapat menggunakan bahasa Indonesia, terserah anda. Lanjutkan dengan mengklik tombol Next.



Langkah selanjutnya Endless OS menampilkan pilihan untuk penggunaan layout keyboard, pilih English (US) lalu klik Next.



Langkah selanjutnya, Endless OS akan menampilkan Syarat Penggunaan produk Endless, bacalah ketentuan pemakaiannya, setelah selesai membaca, centang kotak pada Help make Endless better for everyone dengan mengkliknya lalu klik tombol Accept and continue yang ada diatas.



Langkah selanjutnya, Endless OS akan menampilkan jendela konfigurasi jaringan WiFi, jika anda ingin langsung menghubungkan Endless Mini dengan jaringan WiFi, anda dapat mengaktifkan koneksi dengan mengklik pada salah satu jaringan yang ada, jika tidak, anda dapat melewati langkah ini dengan mengklik kotak Skip WiFi setup lalu klik tombol Next.



Langkah selanjutnya, Endless OS menampilkan jendela pembuatan akun pengguna, isikan Full name dan Password serta Confirm password pada form yang telah disediakan, isikan juga pada bagian form Password reminder, lanjutkan dengan klik tombol Next.



Langkah selanjutnya, Endless OS menampilkan jendela Location, disini anda harus memilih lokasi anda, anda dapat langsung mengklik peta pada area Jawa atau anda dapat mencarinya melalui kotak pencarian, disini saya memilih Jakarta, lanjutkan dengan mengklik tombol Next.



Setup akhir Endless OS menampilkan jendela Thank You, untuk melanjutkan klik tombol Start using Endless.



Tampilan pada gambar diatas menandakan proses instalasi telah selesai, selanjutnya Endless OS menampilkan halaman selamat datang, pada tampilan itu merupakan tawaran apakah kita ingin meluangkan waktu selama lima menit untuk mempelajari dasar penggunaan komputer dengan sistem operasi Endless yang baru anda instal ini, jika anda ingin melanjutkan ke tutorial, klik tombol Yes I would, sebaliknya, jika anda ingin langsung mencoba sendiri klik pada Skip tutorial.



Selamat mengeksplorasi Endless OS yang ada di layar monitor anda.

[caption id="" align="aligncenter" width="601"] Endless Mini telah siap untuk digunakan[/caption]

Sampai pada langkah ini, Endelss Mini sudah dapat anda gunakan sesuai dengan keperluan anda, namun disini saya juga merasa perlu untuk mengekplorasi beberapa bagian yang ada pada Endless OS, terutama pada bagian perangkat keras yang terpasang. Mari mulai gerakkan mouse anda.

Demikian proses setup yang dilakukan saat akan menggunakan Endless Mini. Ulasan diatas saya lakukan sesuai dengan buku panduan yang ada di dalam kotak pembungkusnya dengan improvisasi saya sendiri. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda dan orang-orang yang anda kasihi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS