Perbaiki Driver WiFi Broadcom Anda di Distribusi berbasis Debian GNU/Linux

Distribusi berbasis Debian GNU/Linux seperti Ubuntu merupakan sistem operasi yang diperuntunkan untuk berbagai keperluan dengan skala penggunaan yang luas, baik untuk korporasi maupun untuk penggunaan sehari-hari.

Kata “mudah digunakan” mungkin hanya bisa diucapkan untuk mereka yang sudah mahir dan rela meluangkan waktu sibuknya untuk mempelajari distribusi yang dikenal dengan manajemen paket APT.

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan kendala saat setelah menginstal Ubuntu Mate 16.04.3 LTS di laptop HP Pavilion (maaf, saya lupa seri berapa), setelah proses instalasi selesai, saya ingin memperbarui sistem ternyata manajer jaringan di Ubuntu tidak bisa mendeteksi jaringan WiFi yang ada. Saya melakukan pengecekan, ternyata pengontrol jaringan laptop tersebut menggunakan perangkat Broadcom. Jika masalah ini juga anda temui, mari kita selesaikan bersama.

Permasalahan tersebut dapat diatasi hanya dengan menginstal satu paket (tidak termasuk dependency) “sakti”, paket ini dapat anda temui di dalam layanan reposistori pada xenial-update bagian restricted, untuk itu, usahakan anda telah memasang url repositori dengan ketentuan tersebut, dalam implementasinya, berikut barisan konfigurasi repositori yang diperlukan:
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial-updates main restricted universe multiverse

Saya merekomendasikan untuk menggunakan repositori lokal, seperti kambing.ui.ac.id, kebo.pens.ac.id, kartolo.sby.datautama.net.id, atau layanan repositori yang lain. Akhiri langkah konfigurasi degan melakukan update dan upgrade.

Lanjutkan dengan memeriksa ketersediaan paket bcmwl-kernel-source dengan mengetikkan perintah berikut:
sudo apt-cache search bcmwl-kernel-source



jika ketersediaan paket ada di layanan repositori, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar diatas, lalu install paket tersebut dengan perintah berikut:
sudo apt install bcmwl-kernel-source



Sampai pada langkah ini WiFi anda dapat anda gunakan dengan baik.

Sumber

https://stackoverflow.com/questions/30900847/wifi-is-not-working-properly-in-ubuntu-14-04

Komentar

  1. […] Setelah kasus ini, saya berhasil mencatat setidaknya dua merek adapter WiFi yang agar rewel di Ubuntu, yaitu Broadcom dan Realtek (versi tertentu). Untuk kasus Broadcom, saya sudah pernah membuat tulisannya. Silahkan merujuk ke tautan ini. […]

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS