Cara menyalin berkas antar komputer menggunakan SCP

SCP atau Secure Copy Protocol merupakan sarana untuk mentransfer file komputer secara aman antara host lokal dan host jarak jauh atau antara dua host jarak jauh. Protokol ini berbasis Secure Shell (SSH).[1]

Sebelum menggunakannya, anda harus memasang paket openssh-client pada komputer atau laptop pribadi dan openssh-server pada komputer server. Namun, alangkah lebih greget kalau anda memasang keduanya sekaligus.
$ sudo apt install openssh-server openssh-client

Uji coba pada tutorial ini, saya menggunakan Ubuntu MATE 18.04 LTS sebagai client dan Debian 9 yang terpasang di VirtualBox sebagai server. Sebelumnya, saya juga sudah menyiapkan kunci publik dan kunci privat agar autentikasinya lebih mantap dan aman.

Baiklah, mari kita coba menyalin sebuah berkas dari komputer cilent ke komputer server.



Pertama-tama, siapkan berkas yang ingin anda salin ke server anda. Di sini, saya akan menyalin berkas docker-cheatsheet-id yang ada di komputer client, berkas tersebut berada di direktori /home/myuser/ dan akan saya salin ke direktori /home/myserver yang ada di komputer server, untuk melakukannya, ketikkan perintah berikut di komputer client:
$ scp docker-cheatsheet-id myserver@192.168.43.238:/home/myserver

Jika anda belum menyiapkan kunci publik ke komputer server, maka anda akan mendapat pemberitahuan untuk autentikasi, ikuti saja sesuai arahan sistem.

Setelah selesai, silahkan periksa komputer server anda.



Cara di atas dapat dilakukan saat porta SSH masih default, 22. Lalu, bagaimana caranya jika harus mengirim ke VPS yang menggunakan porta SSH khusus?

Cara melakukan pengiriman data menggunakan SCP ke server yang memiliki porta tertentu dapat anda lakukan seperti perintah dibawah ini:
$ scp -P 225001 docker-cheatsheet-id myserver@192.168.43.238:/home/myserve

Demikian cara menyalin berkas antar komputer menggunakan SCP, anda dapat membaca dokumentasi penggunaanya dengan mengetikkan perintah man scp atau ketikkan perintah scp saja di konsol anda, sistem akan menunjukkan cara yang lebih spesifik.

Referensi



[1] https://www.computerhope.com/unix/scp.htm
https://tecadmin.net/scp-command-not-found/
https://www.bestariwebhost.com/copy-file-antar-server-via-ssh-dengan-menggunakan-scp/

Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih telah membaca tulisan kami dan memberikan feedback positif. Semoga berkenan dengan tulisan-tulisan kami :)

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Implementasi IPv6 TunnelBroker untuk Server WordPress Self Host

Daftar Rekomendasi Repositori Lokal Debian 11 "Bullseye"

Koneksi Internet Bermasalah di Ubuntu 18.04, Berikut Cara Memperbaikinya