Ubuntu Anda Mengalami 'Loop Login', Begini Cara Memperbaikinya

Proses masuk berulang atau yang biasa dikenal dengan sebutan loop login adalah sebuah kondisi dimana anda tidak dapat masuk ke desktop utama sistem melainkan kembali ke halaman masuk. Meskipun anda sudah memasukkan sandi dengan benar, anda tetap akan kembali ke halaman login tersebut.

Banyak faktor yang mempengarui masalah tersebut, biasanya disebabkan kompatibilitas antara perangkat lunak dengan perangkat keras. Namun ada juga faktor human error, faktor ini terjadi karena ketidak sengajaan pengguna, misalnya, pengguna secara tidak sengaja menyentuh kombinasi tombol Ctrl F1, F2, F3 dan seterusnya.

Kronologi Kejadian


Human error-lah faktor yang melatar belakangi saya menulis artikel ini. Pada saat itu secara tidak sengaja saya bermaksud menutup aplikasi dengan tombol F4, namun sial, pangkal kelingking saya ternyata memencet tombol Ctrl. Secara sepontan sistem yang awalnya mode grafis kini beralih ke 'hitam putih' alias mode konsol.
Tetap tenang dan teliti adalah kunci utama untuk menyelesaikan berbagai permasalahan

Tanpa melihat informasi yang ada, saya mencoba kembali ke tampilan grafis dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl Alt F1, F2, F3 bahkan F7. Hasilnya nihil, malah yang keluar karakter-karakter aneh.

Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan cara cepat untuk masuk ke mode grafis dengan dua kata perintah, yakni sudo startx. Akhirnya sistem kembali ke mode grafis dengan beberapa kejanggalan yang timbul, diantaranya ikon pengeras suara seolah-olah mute atau membisu padahal sebelumnya saya sedang menikmati musik dari layanan streaming sejuta umat, kejanggalan yang lain adalah dimana semua aplikasi yang telah saya jalankan tadi? Kenapa hanya tampilan desktop saja?

Saya mencoba lagi menekan kombinasi tombol Ctrl F4 dan memeriksa informasi yang ditampilkan. Oh... Pantas saja, posisi saya saat ini ada di posisi teletypewriter 4 (tty4). Akhirnya saya memutuskan untuk kembali masuk ke sistem melalui tty1 dengan menggunakan kombinasi tombol Alt dan navigasi kiri, setelah bertemu dengan tty1, saya lekas login dan mengulang perintah sudo startx. Cara yang lebih cepat untuk menuju tty1 bisa dilalui dengan perintah sudo chvt 1.

Saya berhasil masuk kembali ke mode grafis. Kali ini musik yang saya putar telah berbunyi kembali. Namun, masih ada masalah lagi. Peramban untuk memainkan daftar putar tidak terbuka, tapi suara audionya terdengar dengan jelas. Tanpa pikir panjang akhirnya saya memutuskan untuk me-restart sistem dengan harapan masalah tersebut dapat teratasi secara 'magic'. Tapi saya salah besar.

Proses restart berjalan lancar, kini saya sudah berada di depan halaman login. Saya masukkan sandi dan mengeklik enter. Layar berkedip dan kembali ke halaman login. Loop login tak terhindarkan lagi.

Cara Memperbaiki 'Loop Login'


Masih pada halaman login, klik kombinasi tombol Ctrl Alt F1 atau Ctrl F1 untuk masuk ke mode konsol pada tty1. Login dengan nama pengguna dan sandi anda kemudian backup berkas konfigurasi Lightdm.
mv ~/.Xauthority ~/.Xauthority.old

Lanjutkan dengan me-restart layanan X Display Manager LightDM dengan perintah berikut:
sudo service lightdm restart

Setelah selesai, restart sistem anda. Sampai pada langkah ini, saya telah berhasil masuk kembali ke sistem dengan mengetikkan password pada Greeters (halaman login).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS