Cara Memasang Driver Nvidia di Ubuntu 18.04 LTS


Nvidia merupakan nama sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (GPU; Graphics Processing Unit) yang bermarkas di California, AS. Produknya yang paling terkenal adalah prosesor grafis seri GeForce. Di dunia prosesor grafis Nvidia tidak sendirian, ada juga AMD (Advanced Micro Device) yang juga menawarkan produk serupa melalui seri Radeon-nya.









Saya tidak tahu mana yang terbaik dari keduanya, karena saya tidak begitu membutuhkannya untuk pemrosesan grafis yang berat. Tidak penting mana yang terbaik, bagi saya yang penting adalah siapa diantara kedua vendor tersebut yang paling baik dukungannya untuk sistem operasi berbasis Linux, seperti Ubuntu.





Tutorial ini sudah saya implementasikan di laptop ASUS seri X441U yang sudah build in dengan Nvidia GeForce 920MX dan menjalankan Ubuntu 18.04.1 LTS. Ini pertama kalinya saya menggunakan Ubuntu dengan rasa GNOME.





Periksa Status Driver





Langkah ini adalah langkah awal untuk melakukan pengecekan terhadap driver yang sudah digunakan saat pertama kali memasang Ubuntu. Ada dua cara untuk memastikannya, GUI dan CLI. Mari kita coba keduanya.





Buka aplikasi pengatur sistem (Settings), gulir menu disebelah kiri dan pilih menu Details. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini tampilannya. Terlihat Ubuntu masih menggunakan prosesor grafis bawaan Intel.





Status driver grafis yang digunakan Ubuntu saat selesai instalasi




Cara kedua untuk mengecek status driver grafis yang digunakan adalah dengan memanfaatkan baris perintah dari terminal. Berikut ini baris perintahnya:





# lshw -c video

# lshw -c display




Hasil dari kedua perintah diatas adalah sama, yaitu menampilkan informasi perangkat keras yang berkaitan dengan tampilan. Berikut ini hasilnya:





Hasil pengecekan yang dilakukan dari terminal




Tampak dari tangkap layar, Terminal menunjukan informasi driver yang sudah digunakan oleh perangkat Nvidia. Driver tersebut adalah driver bawaan dari Xorg.





Pasang Driver Nvidia





Pemasangan driver Nvidia disini menggunakan paket-paket yang ada di repositori yang saya gunakan, bukan melalui PPA (personal package archive) atau repositori pihak ketiga.





Sebelum menginjak proses pemasangan, ada baiknya perbarui dulu daftar paket yang sudah ada dan tingkatkan paket-paket yang perlu diperbarui.





# apt update && apt upgrade




Setelah anda memastikan tidak ada paket yang perlu diperbarui lagi, silahkan periksa dahulu ketersediaan paket driver Nvidia di repositori. Gunakan perintah ini.





# ubuntu-drivers devices




Memeriksa ketersediaan paket driver Nvidia di repositori




Gambar di atas adalah hasil pengecekan ketersediaan paket driver Nvidia, versi driver yang direkomendasikan adalah nvidia driver 390. Pasang driver tersebut dengan perintah di bawah ini:





# ubuntu-drivers autoinstall




Perintah di atas akan memasang semua paket driver yang direkomendasikan oleh sistem operasi. Tunggulah hingga proses pengunduhan dan pemasangan selesai.





Memasang paket driver Nvidia




Cara memasang driver Nvidia seperti cara di atas akan memasang beberapa paket dengan arsitektur 32-bit, ditandai dengan i386 diakhir nama paket. Jika anda ingin memasang driver tertentu, jalankan perintah berikut:





# apt install nvidia-driver-versi




Ganti versi (kata warna merah) dengan nomor versi sesuai yang direkomendasikan oleh sistem. Seperti berikut:





# apt install nvidia-driver-390




Tunggulah proses instalasi hingga selesai. Setelah selesai, muat ulang laptop anda.





Tampilan pengatur x server untuk Nvidia




Anda bisa melakukan pemeriksaan terhadap driver perangkat Nvidia GeForce 920MX yang digunakan secara default oleh sistem. Anda bisa menggunakan perintah berikut lagi:





# lshw -c video




Perangkat Nvidia sudah menggunakan driver




Anda bisa juga memeriksanya melalui pengatur aplikasi.





Status driver grafik dari Pengatur Sistem




Bisakah Saya Mengganti Driver GPU dari Nvidia ke Intel?





Tentu saja bisa, anda cukup mengetikkan baris perintah berikut untuk beralih ke prosesor grafis Intel.





# prime-select intel




Untuk mengembalikan kembali ke Nvidia gunakan perintah berikut.





# prime-select nvidia




Sumber





https://www.linuxbabe.com/ubuntu/install-nvidia-driver-ubuntu-18-04


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS