Memperbaiki Masalah "The System is Running in Low Graphics Mode" di Ubuntu


Sistem operasi berbasis Linux dan GNU (GNU/Linux) semakin tahun semakin baik kompatibilitasnya dengan perangkat keras komputer atau laptop saat ini. Meski begitu, tidak jarang ada juga yang menemukan kendala seperti yang saya alami ini.









Galat the system is running in low-graphics mode ini biasanya terjadi karena ketidak cocokan antara driver yang dibawah oleh kernel dengan perangkat keras. Tapi itu dulu sekali. Karena sistem kernel saat ini sudah mendukung hampir semua perangkat keras yang ada di pasaran.





Kalau kernel Linux sudah sedemikian bagus kompatibilitasnya dengan perangkat keras kekinian, lantas apa penyebab dari galat the system is running in low-graphics mode tersebut?





Galat "the system is running in low-graphics mode". Gambar dari lifeonnetwork.com




Sesuai pengalaman yang baru saja saya termui sore ini, (18/1), masalah the system is running in low-graphics mode terjadi saat saya sedang melakukan upgrading sistem Ubuntu, termasuk paket kernel 4.15.0-44, namun sebelum proses pemasangannya selesai dengan baik, tiba-tiba listrik padam. Setelah listrik kembali menyala dan saya menghidukan kembali komputer saya, setelah proses booting berjalan lancar, saya tidak dapat mengakses unity-greeter. Hanya tempilan masuk sistem tanpa bisa diklik atau mengetikkan password.





Beruntung, kernel lama belum saya hapus jadi saya masih dapat mengakses Ubuntu dengan memanfaatkan fitur yang disediakan grub2, nama paket bootloader yang digunakan Ubuntu. Fitur tersebut berupa pilihan advanced options for Ubuntu, yang berada pada menu boot, dengan memanfaatkan fitur tersebut pengguna bisa memilih masuk ke sistem Ubuntu dengan menggunakan versi kernel yang diinginkan. Saat saya memilih versi kernel yang ada dibawahnya (kernel 4.15.0-36, kalau saya tidak lupa) terjadilah maslah the system is running in low-graphics mode.





Keberuntungan kedua setelah mengalami galat the system is running in low-graphics mode adalah saya masih bisa masuk ke jendela unity-greeter, sistem manager login dari LightDM dan masuk ke desktop utama. Biasanya, masalah serupa akan bertahan (stuck) pada tampilan galat tanpa bisa menggerakkan tetikus dan papan tik.





Demikian kronologi masalah the system is running in low-graphics mode yang saya alami. Semoga tidak terlalu panjang untuk dibaca.





Berikut ini langkah-langkah memperbaiki galat the system is running in low-graphics mode yang terjadi di Ubuntu, studi kasus Ubuntu 16.04.5 LTS:





Sesaat setelah berhasil masuk ke desktop utama, segeralah buka Terminal dengan kombinasi tombol Ctrl Alt T.





Setelah Terminal terbuka, hapus berkas konfigurasi tertentu dari X11, karena berkas ini tidak terlalu dibutuhkan:





# rm /etc/X11/xorg.conf.failsafe




Masalah utama dari galat the system is running in low-graphics mode terjadi karena keberadaan berkas tersebut, entah bagaimana, keberadaannya menyebabkan Ubuntu menampilkan galat the system is running in low-graphics mode.





Muat ulang layanan LightDM GUI dengan perintah berikut:





# service lightdm restart




Tunggu beberapa saat sampai LightDM dimuat kembali oleh sistem. Setelah kembali normal, kini saatnya melakukan recovery sistem yang caranya akan saya ulas pada tutorial terpisah.





Demikianlah cara memperbaiki galat the system is running in low-graphics mode pada Ubuntu 16.04.5 LTS. Kemungkinan besar cara diatas juga bisa dilakukan pada versi Ubuntu atau sistem operasi berbasis Debian GNU/Linux yang lain. Semoga saja ya.





Sumber





https://askubuntu.com/a/289291


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS