LibreOffice Writer Tidak Bisa Dijalankan Di Lubuntu 18.04, Ini Solusinya.


Siang ini, saya akan melakukan uji coba daftar pustaka di LibreOffice dengan Mendeley untuk membuat tutorialnya. Saya sengaja memilih Lubuntu versi alternate sebagai sistem operasinya karena akan saya uji coba di mesin virtual, VirtualBox. Setelah saya memasang LibreOffice di situ via PPA, sayang sekali, LibreOffice Writer tidak dapat terbuka. Hanya LibreOffice Writer saja yang tidak dapat terbuka padahal yang lain, seperti LibreOffice Base, Calc, Math dapat dibuka dengan baik









Mulailah saya berasumsi. Biasanya galat seperti yang saya bahas ini disebabkan karena konfigurasi preferensi dari profil pengguna-lah penyebabnya. Di GNU/Linux, konfigurasi tersebut berada di ~/.config/libreoffice/4/user. Masalah tersebut dapat diatasi dengan mengubah nama dari direktori user. Berikut perintahnya.





$ mv ~/.config/libreoffice/4/user ~/.config/libreoffice/4/user-old




Konfigurasi tersebut akan dibuat lagi secara otomatis saat membuka kembali LibreOffice. Tapi cara tersebut tidak berhasil.





Saya kemudian mencoba megubah nama direktori LibreOffice yang berada di direktori ~/.config/ dengan perintah berikut. Jika ada produk LibreOffice lain yang terbuka, silahkan ditutup dulu.





$ mv ~/.config/libreoffice ~/.config/libreoffice-old




Setelah itu saya membuka LibreOffice Writer lagi. Ternyata cara tersebut juga tidak membuahkan hasil. LibreOffice Writer kembali force close atau tidak bisa dibuka atau keluar dengan sendirinya.





Karena sudah mentok jedok. Saya meminta bantuan mesin pencari untuk menemukan masalahnya dan cara memperbaikinya. Dengan kata kunci "LibreOffice Cannot Open in Lubuntu", mesin telusur memberikan jawabannya dengan menampilkan hasil percarian yang menautkan ke laman ubuntuforums.org.





Salah seorang dengan nick name 'electrosteam' di ubuntuforums.org melayangkan pertanyaan serupa, bahwa LibreOffice Writer-nya juga tidak dapat terbuka. Beberapa jawaban tidak dapat membantunya untuk memperbaiki masalah LibreOffice Writer tidak bisa terbuka.





Ternyata, si 'electrosteam' menemukan solusinya dengan menyertakan tautan ke laman forums.debian.net. Saya pergi ke tautan tersebut dan membaca sekilas masalah yang menyebabkan LibreOffice Writer tidak mau terbuka.





Seorang dengan nick name 'enry13' menjawab pertanyaan yang dilayangkan oleh 'harritapio' di laman forums.debian.net.





Penyebab masalah LibreOffice Writer tidak mau terbuka menurut pengelola Debian adalah terletak pada versi kernel dan ekstensi Java yang dibawa oleh LibreOffice, baca di tautan ini.





Si 'enry13' belum pernah menurunkan versi kernel sesuai yang disarankan oleh pengelola Debian, dia hanya mencoba menghapus dua ekstensi Java yang di pasang di LibreOffice Writer secara bawaan. Kedua ekstensi tersebut adalah libreoffice-wiki-publisher dan libreoffice-nlpsolver. Tapi, paket libreoffice-nlpsolver tidak terpasang di sistem saya.





Saya akhirnya memutuskan untuk menghapus satu paket bernama libreoffice-wiki-publisher. Berikut perintah untuk menghapusnya dari sistem.





$ sudo apt remove --purge libreoffice-wiki-publisher




Setelah menghapus paket tersebut, sekarang LibreOffice Writer dapat dijalankan dengan baik dan masalah LibreOffice Writer tidak mau terbuka sudah dapat diperbaiki.





Sumber





[1] LibreOffice Writer Won't Open, Available online at https://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2375648&s=d4600663ecbcba8ead565c94e52ce2ac&p=13705221#post13705221





[2] Debian 9 LibreOffice Writer Fails to Start in 32bit Installer, Available online at http://forums.debian.net/viewtopic.php?f=6&t=133566#p648049


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS