Alternatif WinSCP di Ubuntu MATE 18.04


Sistem operasi berbasis Linux, dalam hal ini Ubuntu, memiliki segudang fitur untuk membantu mempermudah pekerjaan kita. Bahkan pekerjaan remeh sekalipun. Menggunakan manajer berkas untuk akses remot ke SSH Server. Apakah mungkin?









Ubuntu memiliki setidaknya enam varian rasa dalam distribusinya. Masing-masing distribusi hadir membawa ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya Ubuntu MATE.





Caja adalah manajer berkas bawaan dari Ubuntu MATE yang menjadi solusi sebagai alternatif dari fungsional WinSCP. Berkat fitur yang bernama Connect to Server.





Penggunaan fitur Connect to Server di Caja sangat mudah, Anda cukup mengeklik menu File > Connect to Server. Berikut ini tampilan dari fitur tersebut.





Pengaturan fitur Connect to Server di Caja




Setelah fitur Connect to Server terbuka, Anda tinggal mengganti tipe koneksi menjadi SSH dan memasukkan beberapa opsi penting lainnya, seperti alamat server, porta yang dituju, nama pengguna dan password. Selanjutnya tinggal klik Connect.





Saya bukan pengguna Ubuntu MATE, apakah saya masih bisa menggunakan fitur tersebut di distribusi Linux yang saya pakai saat ini?





Tentu bisa. Mayoritas manajer berkas bawaan lingkungan desktop sudah mendukung fitur tersebut. Katakanlah Dolphin (KDE), Nautilus (GNOME), PCManFM (LXDE) dan lain-lain.





Demikian artikel yang membahas alternatif dari WinSCP di Ubuntu MATE. Semoga menginspirasi. Salam open source.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS