Cara Memperbaiki Galat "The command could not be located because '/snap/bin' is not included in the PATH environment variable"di Ubuntu 18.04

Galat lagi, Galat lagi. Mungkin itu yang akan dirasakan oleh sebagian pengguna GNU/Linux, khususnya yang baru saja migrasi dari sistem operasi proprietary. Anda harus tenang. Semua galat pasti ada cara memperbaikinya.

Anda tidak sendirian. Saya juga beberapa kali mengeluh akan hal yang sama. Untuk itu, situs Chotibul Studio ini ada. Selain sebagai tempat saya mencatat semua masalah yang pernah saya alami dan perbaiki, juga semoga Anda yang pernah menemukan masalah yang sama dapat terbantukan.

Snap merupakan paket manajer baru di lingkungan sistem operasi Ubuntu, kalau tidak salah, paket manajer ini terpasang secara baku di Ubuntu 18.04 LTS (sesuai dengan catatan rilisnya).

Saya salah satu orang yang masih enggan menggunakan paket manajer Snap. Alasannya sih karena APT masih menjadi paket manajer kesukaan saya. Tapi semua itu harus dilakukan dengan pelan-pelan.

Pertama kali saya menggunakan paket manjer Snap saat mencoba memperbaiki layanan Canonical Livepatch di Ubuntu MATE 18.04 yang tidak aktif. Bisa dibilang, ketika menjalankan Snap pertama kali langsung galat.

Command 'canonical-livepatch' is available in '/snap/bin/canonical-livepatch'. The command could not be located because '/snap/bin' is not included in the PATH environment variable.

Pesan galat di atas disebabkan karena kita belum memasukkan direktori /snap/bin ke variabel lingkungan PATH.

Bagaimana cara memperbaikinya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menambah Variabel Lingkungan PATH

Buka dan edit berkas environment yang ada di direktori /etc dengan perintah berikut:

$ sudo nano /etc/environment

Setelah terbuka, tampahkan variabel lingkungan PATH untuk /snap/bin. Jangan menghapus semuanya, cukup tambahkan dibagian konfigurasi paling akhir. Harus berada didalam tanda kutip (" ") dan diawali dengan titik dua (:). Seperti baris berikut

PATH="/usr/local/sbin:/usr/local/bin:/usr/sbin:/usr/bin:/sbin:/bin:/usr/games:/usr/local/games:/snap/bin"

Simpan konfigurasi yang sudah dilakukan dan lanjutkan dengan memperbarui sumber variabel lingkungan yang baru saja dikonfigurasi dengan perintah berikut:

$ sudo source /etc/environment

Sampai pada langkah ini, semua perintah dari paket-paket Snap bisa dieksekusi dengan baik dari Terminal.

Komentar

  1. kalo pengen yang permanen gimana min?

    BalasHapus
  2. Cara konfigurasi suatu PATH tertentu yang sudah kami ulas di atas sudah permanen, kok 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS