Menampilkan Karakter Bintang Saat Mengetik Kata Sandi di Terminal


Buat sebagian orang yang baru berinteraksi dengan sistem operasi berbasis Linux, terutama ketika ingin mendapatkan akses root, akan dibingungkan dengan karakter sandi yang diketikkan tidak muncul. Secara baku, sistem operasi berbasis Linux menyembunyikannya. Tentu alasannya untuk keamanan.









Tapi Anda tidak perlu khawatir, masih ada jalan untuk menampilkan karakter sandi yang diketikkan. Berikut ini acaranya.





Buka Terminal kesayangan Anda, kemudian eksekusi perintah berikut:





$ sudo su




Tampilan untuk mendapatkan akses root




Ketikkan kata sandi Anda. Jangan risau, memang kata sandinya tidak tampil, sesuai dengan penjelasan saya di atas. Setelah mendapatkan akses root, yang ditandai dengan karakter pagar (#), eksekusi perintah berikut.





# visudo




Bagi Anda yang baru pertama kali mengetikkan perintah tersebut, biasanya sistem akan menanyakan editor teks yang ingin Anda gunakan untuk mengkonfigurasi sudoer. Pilih saja nano.





Editor teks nano akan menampilkan barisan konfigurasi. Pertama-tama, temukan baris Default env_reset, kemudian lakukan konfigurasi hingga menjadi seperti baris di bawah ini.





Defaults        env_reset, pwfeedback




Variabel pwfeedback ini-lah yang nantinya akan menampilkan karakter bintang saat Anda mengetikkan kata sandi.





Simpan konfigurasi Anda dan kemudian tutup semua jendela Terminal yang masih terbuka agar pengaturannya terbaca dengan baik.





Buka kembali Terminal Anda dan eksekusilah perintah berikut.





$ sudo su




Tampilan kata sandi setelah melakukan konfigurasi




Sampai pada langkah ini, sandi yang Anda ketikkan telah ditampilkan, meskipun, ketika Anda menekan enter karakter tersebut akan disembunyikan kembali. Ingatlah, itu semua demi keamanan.





Sumber





Display Asterisks When Typing Your Password in Terminal, Tersedia Daring di http://ubuntuhandbook.org/index.php/2014/08/ubuntu-display-asterisks-when-typing-password-terminal/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS