Cara Mengonversi Berkas .img ke Format Berkas .vdi untuk VirtualBox


Keinginan untuk segera mencoba Chrome OS ternyata dapat melahirkan topik-topik untuk artikel baru. Memang kebutuhan untuk mencoba pengalaman Chrome OS agak diakal-akali. Apa lagi kalau bukan menggunakan aplikasi mesin maya, VirtualBox. Chrome OS berjalan di VirtualBox, mungkinkah?

Entahlah, saat ini saya masih mencobanya dan terkendala saat akan menjalankan build Chrome OS yang saya dapatkan. Dimana saya harus mengonversi dulu berkas .img menjadi .vdi.

Mungkinkah mengonversi berkas .img menjadi .vdi? Saya kira hal itu tidak dapat dilakukan, ternyata VirtualBox manajer menyertakan opsi bernama convertdd untuk melakukan pengonversian berkas .img agar menjadi format berkas diska maya untuk VirtualBox.

Berikut cara mengonversi format diska .img ke format berkas diska maya .vdi untuk VirtualBox.

Buka aplikasi Terminal kesayangan Anda. Ubah direktori saat ini ke direktori tempat Anda menyimpan berkas .img.

$ cd ~/Downloads/

Eksekusi perintah berikut untuk mengonversi berkas .img ke berkas diska maya .vdi.

$ VBoxManage convertdd chromiumos_image.img chromiumos_image.vdi

Berikut ini tangkapan layar hasil pengonversiannya.

Hasil konversi berkas .img ke .vdi

Berkas .vdi hasil pengonversian telah siap digunakan.

Cara Menggunakan Berkas Diska Maya di VirtualBox

Buatlah mesin maya baru di VirtualBox. Jika Anda belum pernah mengoperasikan VirtualBox, mungkin tutorial persiapan instalasi sistem operasi di VirtualBox yang pernah saya buat ini bisa membantu Anda.

Pada bagian instruksi apakah Anda ingin membuat diska maya, pilihlah pilihan Gunakan berkas diska maya yang ada. Hasilnya kurang lebih seperti ini:

Cara menggunakan berkas diska maya .vdi di VirtualBox

Demikian artikel tentang bagaimana cara mengonversi berkas .img ke format berkas diska maya .vdi untuk VirtualBox. Apakah Anda baru tahu kalau berkas .img dapat dikonversi ke format diska maya? Saya-pun juga baru tahu.

Sumber

Linux Basics: Convert IMG Files To VDI Format For Oracle VirtualBox, tersedia daring di https://www.unixmen.com/linux-basics-convert-img-files-to-vdi-format-for-oracle-virtualbox/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS