Gagal Bikin Tampilan Ubuntu MATE Menjadi Seperti Chrome OS

Mungkin saya bukan satu-satunya orang yang ngefans dengan semua teknologi yang telah diracik Google, terutama sistem desain yang dikenal dengan nama Material Design itu. Itulah salah satu alasan saya mulai mempelajari desain grafis berbasis vektor menggunakan Inkscape.

Tapi ini bukan tentang desain grafis. Ini hal lain. Seperti mengubah tampilan baku Ubuntu MATE agar mirip seperti Chrome OS.

Tampilan Ubuntu MATE yang saya paksakan agar semirip mungkin dengan Chrome OS

Melalui sumber yang tersedia disebuh situs, saya mulai mengeksekusinya. Harapannya sih, hasil akhirnya jadi seperti demo yang diperlihatkan. Menggunakan Linux Mint. Lihat demonya ditautan ini.

Sayang sekali, Ubuntu MATE tidak menyediakan pengaturan panel desktop seperti yang tersedia pada Linux Mint yang ada di video tersebut. Itulah kegagalannya.

Namun, bagi Anda yang penasaran dengan tema ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memasang tema Chrome OS untuk Ubuntu MATE Anda.

Pasang Tema Chrome OS

Tema ini dibangun oleh sebuah tim bernama B00merang Project. Mereka telah membangun banyak tema untuk GNU/Linux, khususnya distribusi yang mendukung teknologi GTK2, GTK3, Metacity, dan lain-lain.

Berikut ini langkah-langkah memasang tema Chrome OS untuk Ubuntu MATE atau distribusi GNU/Linux yang menggunakan lingkungan desktop populer seperti Cinnamon, GNOME Shell, LXDE (sekarang LXQt), MATE, Budgie dan XFCE4.

Pertama-tama, Anda membutuhkan git untuk meng-klon projek dari repositori tim B00merang Project.

$ sudo apt install git

Setelah terpasang, disini Anda punya dua opsi pilihan. Menyediakan tema tersebut untuk semua pengguna yang ada di sistem Anda atau hanya Anda gunakan sendiri. Silahkan ikuti opsi di bawah ini sesuai kebutuhan Anda.

Opsi 1: Pasang Tema Agar Tersedia untuk Semua Pengguna

$ git clone https://github.com/B00merang-Project/Chrome-OS.git

Pindahkan direktori Chrome-OS ke direktori /usr/share/themes/ agar tema tersebut bisa dinikmati oleh semua pengguna di sistem Anda.

$ sudo mv Chrome-OS /usr/share/themes/

Ubah status kepemilikan dan hak akses dari direktori Chrome-OS.

$ sudo chown root:root -R /usr/share/themes/Chrome-OS
$ sudo chmod 755 -R /usr/share/themes/Chrome-OS

Opsi 2: Pasang Tema Agar Tersedia untuk Pengguna Saat ini

$ cd ~/.themes/

Klon repositori tema Chrome OS dari B00merang Project dengan perintah berikut.

$ git clone https://github.com/B00merang-Project/Chrome-OS.git

Sampai pada langkah ini, Anda sudah memasang tema Chrome OS. Bagaimana menerapkan tema tersebut ke Ubuntu MATE? Akan saya jelasakannya di postingan terpisah.

Pasang Ikon Papirus via PPA

Kenapa ikon Papirus?

Sebenarnya, ikon ini hanya pelengkap dari tema Chrome OS yang dipasang sebelumnya. Ya alasannya sih agar terlihat semirip mungkin dengan Chrome OS yang basis desainnya menggunakan konsep Material Design.

Masalah ikon, Papirus bukan-lah satu-satunya ikon yang mengusung konsep desain ala Google, karena masih ada Ikon Paper.

Ikon Papirus maupun Paper, yang mana-pun pilihan ada di tangan Anda. Klik masing-masing tautan tersebut untuk melihat pratampil sebagai bahan pertimbangan Anda untuk memilihnya.

Berikut ini cara memasang ikon Papirus di Ubuntu MATE 18.04 via PPA:

$ sudo add-apt-repository ppa:papirus/papirus
$ sudo apt install papirus-icon-theme

Sampai pada langkah ini Anda telah memasang ikon Papirus untuk Ubuntu MATE.

Demikian tutorial ini saya buat agar ada catatan yang mungkin akan saya butuhkan dikemudian hari. Meskipun gagal menjadikan tampilan Ubuntu MATE menjadi semirip mungkin dengan tampilan Chrome OS.

Sampai jumpa di postingan berikutnya yang akan membahas bagaimana menerapkan tema dan ikon di Ubuntu MATE, plus beberapa pengaturan tambahan.

Sumber

How to make Linux look like Chrome OS, tersedia daring di https://www.addictivetips.com/ubuntu-linux-tips/make-linux-look-like-chrome-os/

Install Papirus icon themes in Ubuntu and Debian, tersedia daring di http://www.theubuntumaniac.com/2018/11/install-papirus-icon-theme-on-ubuntu.html

Komentar

  1. […] selesai memasang tema Chrome OS dan paket ikon Papirus di Ubuntu MATE pada artikel sebelumnya, kini saatnya mengganti tema dan paket ikon bawaan dengan tema dan ikon yang baru saja Anda pasang. […]

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS