Cara Paksa Mengosongkan Tempat Sampah di Ubuntu 18.04

Tempat sampah jika sudah kelihatan penuh mungkin akan sedikit mengganggu pemandangan. Baik sampah yang ada di rumah tangga maupun sampah yang ada di sistem operasi kita.

Bukannya tinggal di klik kanan ditempat sampah-nya kemudian pilih kosongkan? Hmm. Tidak semudah itu Ferguso Boy.

Ada kalanya tempat sampah tersebut tidak bisa dibersihkan atau dikosongkan begitu saja. Seperti yang baru saja saya alami ketika menghapus beberapa berkas melalui manajer berkas yang menggunakan hak akses root.

Nah, sebenarnya caranya mudah sih, hanya saja saya lagi-lagi lupa. Lupa karena tidak menulisnya. Itulah gunanya dokumentasi seperti ini.

Jika Anda mengalami hal yang sama dengan saya, Anda hanya perlu pergi ke tempat dimana sebenarnya tempat sampah tersebut disimpan. Tempatnya ada di ~/.local/share/Trash.

Jadi, Anda hanya perlu mengarah kesana dan menghapus semua isi dari direktori Trash dengan mengeksekusi perintah rm dengan hak akses root.

$ cd ~/.local/share/Trash
$ sudo rm -rf *

Atau, Anda bisa juga mengeksekusinya menjadi satu baris perintah.

$ sudo rm -rf ~/.local/share/Trash/*

Sampai disini, berkas-berkas yang awalnya memenuhi tempat sampah sudah hilang semuanya. Andai saja cara menghilangkan sampah didunia nyata semudah mengeksekusi perintah tersebut.

Hati-hati dalam menggunakan kombinasi perintah rm -rf apa lagi menggunakan hak akses root

Memang ini bukan termasuk artikel yang keren sih. Tapi buat jaga-jaga kalau nanti lupa biar gak perlu Googling lagi.

Saya harap, meskipun artikelnya agak nyampah seperti ini, Anda dapat terbantu juga. Meskipun kelihatannya remeh banget. Judulnya aja yang sok dipaksa-paksa-in.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS