Cara Memperbaiki A Start Job is Running for Raise Network Interface di Ubuntu 18.04

Saya tidak menyangka sama sekali, kalau konfigurasi yang sudah saya bikin di layanan jaringan di internal sistem operasi Ubuntu-lah yang nge-bikin Ubuntu 18.04 di laptop ASUS Adik saya but-nya sangat lama. Lebih dari lima menit.

Di tempat konfigurasinya, /etc/network/interfaces, ternyata saya meninggalkan dua baris konfigurasi yang memang hanya saya peruntukkan untuk koneksi DHCP klien dari jaringan kabel.

Dari sini saya bisa menyimpulkan bahwa A Start Job is Running for Raise Network Interface bukan-lah sebuah masalah, karena sistem, dalam hal ini DHCP klien (sesuai dengan konfigurasi yang ada) melakukan permintaan ke DHCP server, sedangkan, DHCP server-nya ikut siapa?

Maka dari itu, saya cukup mematikan baris konfigurasi dengan memberikannya tanda pagar atau tagar (#) diawal baris konfigurasi. Berikut hasilnya:

.....
auto lo
iface lo inet loopback

#auto enp2s0
#iface enp2s0 inet dhcp
.....

Muat ulang layanan jaringan Ubuntu dengan perintah berikut:

$ sudo service networking restart

Setelah proses pemuatan ulang jaringan berhasil, saya mengujinya dengan mem-but ulang sistem operasi Ubuntu 18.04. Kini, proses but cukup cepat dari biasanaya.

Selain cara di atas yang terlihat simpel dan mungkin juga konyol, masih ada beberapa cara lain buat mengatasi a start job is running for Raise network interface, tapi pada kesempatan kali ini, hanya itu yang bisa saya bagikan buat Anda.

Peace!


Komentar

  1. makasih kak, caranya work dan penjelasannya membuat saya paham konfigurasinya. Makasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas feedback-nya yang positif

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS