Cara Menonaktifkan Tampilan But Ubuntu 18.04

Ada kalanya kita ingin sistem operasi kita kerlihat agak sedikit keren. Ya minimal agar kayak hekel-hekel gitu deh. Tampilan hanya berupa barisan teks berwarna hijau dengan latar belakang gelap. Cocok-lah.

Dengan sedikit konfigurasi, misalnya menonaktifkan tampilan animasi but, sudah cukup menjadikan sistem operasi Anda agak sedikit keren.

Tapi, alih-alih terlihat keren, ada alasan tersendiri kenapa saya melakukan hal tersebut. Menonaktifkan tampilan but Ubuntu 18.04.

Simple sih, dengan menonaktifkan tampilan but, saya bisa tahu proses apa saja yang dimuat oleh sistem operasi saat proses but berlangsung. Dengan mengetahuinya, kita bisa tahu layanan apa saja yang dimuat pada saat proses but, sekaligus sebagai ajang pencarian kutu.

Yap, itulah alasan kenapa saya harus menonaktifkan tampilan but untuk sementara waktu. Tidak lain karena laptop ASUS milik Adik saya ada masalah dengan proses but ke Ubuntu 18.04. Dimana proses but-nya sangat lama ketimbang saat but ke sistem operasi Windows. Pasti ada apa-apa.

Benar saja. Setelah tampilan animasi but saya matikan, ketemulah masalahnya. A start job is running for Raise network interface. Iya kalau cuman semenit. Hla ini sampai lima menit lebih.

Proses but macam apa ini?

Cara mengatasi masalah A start job is running for Raise network interface akan saya jelaskan diartikel terpisah. Sekarang fokus saja sama cara menonaktifkan tampilan but animasi di Ubuntu 18.04.

Pertama-tama, kita akan mengedit konfigurasi GRUB yang berada di /etc/default/grub dan kita akan melakukan semua langkah-langkah ini dari Terminal, jadi, buka Terminal kesayangan Anda.

Kedua, buka konfigurasi GRUB dengan editor nano. Diperlukan hak akses root agar Anda bisa mengotak-atik isi konfigurasi didalamnya. Berikut perintah untuk membuka konfigurasi GRUB:

$ sudo nano /etc/default/grub

Ketiga, temukan baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT. Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian yang sudah disediakan editor nano, yaitu Ctrl W. Setelah ketemu, silahkan hapus nilai dari variabel, quiet splash. Kurang lebih seperti berikut hasilnya.

.....
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=""
.....

Simpan konfigurasi yang baru saja Anda lakukan. Anda bisa menggunakan kombinasi Ctrl X atau Ctrl O untuk keluar dan menyimpan konfigurasi.

Keempat, Anda harus mulai ulang GRUB agar konfigurasi yang sudah Anda lakukan diterapkan ke sistem. Berikut ini cara mulai ulang GRUB:

$ sudo update-grub

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Setelah selesai, mulai ulang komputer atau laptop Anda dan nikmati hasilnya.

Demikian cara menonaktifkan tampilan but animasi di Ubuntu 18.04. Selain terlihat sedikit keren, Anda bisa tahu program apa saja yang dimuat saat proses but berlangsung.

Udah keren kayak hekel belum? Hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS