Cara Memasang Driver WiFi RTL8821CE di Ubuntu 18.04 LTS

Kalian kangen gak sih sama tulisan-tulisan saya? Setelah beberapa hari, minggu, bahkan bulan, akhirnya saya mendapatkan topik untuk diulas disini.

Topik kali ini tentang cara memasang driver perangkat WiFi dari Realtek Semiconductor, versi RTL8821CE, di Ubuntu 18.04 LTS.

Hasil dari perintah "lspci"

Sebelum saya memulainya, ada baiknya saya mengucapkan terima kasih banyak buat Mas Ibhem Jatayu. Berkat dia saya bisa nulis kembali.

Adapun laptopnya Mas Ibhem adalah Lenovo IdeaPad, berprosesor AMD A9. Untuk versi laptopnya, saya tadi lupa lihat. Sistem operasi menggunakan Ubuntu 18.04 LTS yang sudah terpasang kernel 5.0 dan tentu saja menggunakan perangkat WiFi dari Realtek dengan versi RTL8821CE.

Setelah mengetahui spesifikasi dari perangkat yang mengalami masalah, berikut ini cara memasang driver WiFi RTL8821CE di Ubuntu 18.04.

Persiapan

Penambatan (tethering) via USB sebenarnya bisa menjadi solusi sih, tapi ya tentu bakal ribet, belum lagi kalau kabel-nya gak mendukung buat transfer data. Intinya, saya butuh koneksi ke internet untuk memperbarui dan memasang beberapa paket.

Setelah penambatan USB sukses menghubungkan saya ke internet, saya langsung memperbarui daftar paket dan meningkatkan paket yang perlu ditingkatkan.

$ sudo apt update && sudo apt upgrade -y

Perintah sudo apt update berguna untuk memperbarui daftar paket yang ada di mesin host dari repositori. Penambahan opsi && digunakan saat saya ingin mengeksekusi banyak perintah sekaligus. Sedangkan perintah berikutnya, sudo apt upgrade digunakan untuk meningkatkan versi paket, untuk opsi tambahan -y, berguna untuk langsung menyetujui proses pengunduhan paket terbaru.

Setelah proses di atas selesai, saya perlu memasang beberapa paket tambahan untuk mendukung proses pemasangan driver Realtek di Ubuntu. Berikut perintah dan nama-nama peket yang perlu dipasang.

$ sudo apt install git build-essential dkms

Mohon maaf ya, saya gak nerangin dulu kegunaan dari masing-masing paket di atas. Saya udah dikejar sama rasa lelah. Lain waktu akan saya perbarui.

Proses Pemasangan Driver WiFi RTL8821CE

Begitu pemasangan peket-paket di atas selesai, silahkan tarik repositori tomaspinho/rtl8821ce dari GitHub dengan perintah dibawah ini.

$ git clone https://github.com/tomaspinho/rtl8821ce.git

Masuk ke direktori rtl8821ce.

$ cd rtl8821ce

Didalam direktori rtl8821ce terdapat banyak berkas, tapi saya hanya fokus pada satu berkas skrip saja, dkms-install.sh. Agar berkas tersebut bisa dieksekusi dengan cara di compile, berikan izin eksekusi untuk pengguna Anda.

$ sudo chmod +x dkms-install.sh

Lanjutkan dengan meng-compile berkas dkms-install.sh untuk memasangnya.

$ sudo ./dkms-install.sh

Sistem akan mengeksekusi semua skrip yang ada didalam berkas dkms-install.sh.

Setelah proses pemasangan selesai, dan tidak ada galat yang ditampilkan, saya harus memuat ulang laptop Mas Ibhems agar si kernel dapat membaca dengan baik driver yang baru yang baru saja saya pasang.

$ sudo reboot

Setelah proses muat ulang selesai, kini, WiFi laptop Lenovo Mas Ibhems bisa digunakan kembali.

Hasil setelah memasang driver RTL8821CE di Ubuntu 18.04

Kesimpulan

Setelah kasus ini, saya berhasil mencatat setidaknya dua merek adapter WiFi yang agak rewel di Ubuntu, yaitu Broadcom dan Realtek (versi tertentu). Untuk kasus Broadcom, saya sudah pernah membuat tulisannya. Silahkan merujuk ke tautan ini.

Sumber

How to Install RTL8723DE Wifi Driver in Ubuntu 19.04, tersedia daring di http://ubuntuhandbook.org/index.php/2019/04/nstall-rtl8723de-wifi-driver-ubuntu-19-04/

ThomasAFink via askubuntu.com, tersedia daring di https://askubuntu.com/a/1161104

Repositori driver RTL8821CE via GitHub, tersedia di https://github.com/tomaspinho/rtl8821ce

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi IPv6 TunnelBroker untuk Server WordPress Self Host

Daftar Rekomendasi Repositori Lokal Debian 11 "Bullseye"

Koneksi Internet Bermasalah di Ubuntu 18.04, Berikut Cara Memperbaikinya