Cara Memperbaiki Galat KVM Permission Denied di Ubuntu 18.04 LTS

Baru saja selesai memasang GNS3 di Ubuntu 18.04 LTS, dan mencoba menjalankan MikroTik CHR didalamnya, saya langsung dipusingkan dengan galat qemu-system-x86_64: failed to initialize KVM: Permission denied.

Galat KVM: Permission Denied

Sebel gak sih, galat lagi, galat lagi. Begitulah, menggerutu adalah hal pertama kali yang saya lakukan. Sebelum akhirnya mulai menyalin pesan galat dan menempelkannya ke kolom pencarian Google.

Disaat-saat seperti ini, Google emang tempat curhat terbaik.

Setelah saya membaca artikel ngalor-ngidul, ternyata cara memperbaiki galat KVM Permission Denied di Ubuntu 18.04 LTS cukup gampang. Itu-pun kalau Anda menyikapinya dengan santai. Tidak seperti saya. Sambat nomor satu.

Baiklah. Berikut cara memperbaiki galat KVM Permission Denied di Ubuntu 18.04 LTS.

Pertama-tama, silahkan periksa hak kepemilikan akses dari /dev/kvm dengan mengetikkan perintah berikut:

$ ls -l /dev/kvm
crw-rw---- 1 root kvm 10, 232 Jan 8 08:47 /dev/kvm

Nah, jika hasilnya seperti di atas, maka kita tidak memiliki akses untuk mengeksekusi berkas tersebut. Kecuali jika Anda adalah superuser-nya. Masalahnya, saya tidak ingin menjalankan GNS3 dengan superuser atau root.

Ternyata, agar pengguna kita (bukan superuser) bisa mengeksekusi berkas di atas, kita cukup memasukkan pengguna kita ke grup yang sama dengan kvm. Berikut perintahnya:

$ sudo adduser chotibulstudio kvm

Pada perintah di atas, saya memasukkan nama pengguna saya, chotibulstudio, kedalam grup kvm. Sesuaikan dengan punya Anda, ya.

Selanjutnya, ubah hak milik dari berkas /dev/kvm dengan perintah berikut:

$ sudo chown chotibulstudio /dev/kvm

Sampai pada langkah ini, MikroTik CHR saya sudah bisa dijalankan di GNS3.

Mikrotik CHR berjalan di GNS3

Abaikan pesan galatnya, ya. Itu karena saya tidak pakai GNOME Terminal. Maklum, saya pakainya desktop MATE, jadi harus diotak-atik lagi biar bisa jalan di MATE Terminal.

Sumber

How to fix KVM Permission Denied problem, tersedia daring di https://gns3.com/community/discussion/how-to-fix-kvm-permission-denied

How to fix KVM permission denied error on Ubuntu 18.04, tersedia daring di https://blog.chirathr.com/android/ubuntu/2018/08/13/fix-avd-error-ubuntu-18-04/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS