Cara Pasang GNS3 di Ubuntu 18.04 LTS

GNS3 merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mensimulasikan jaringan komputer dan memberikan Anda izin penuh untuk merancang jaringan sebelum Anda merancang jaringan secara nyata.

Simulator GNS3 dapat menjalankan berbagai macam sistem operasi konvensional seperti Windows, Linux-based, bahkan dapat menjalankan sistem operasi tertanam, seperti sistem operasi router dan switch. Seperti RouterOS dari MikroTik, Cisco IOS dari Cisco, Junos dari Juniper dan masih banyak lagi.

Hal itu dikarenakan GNS3 dapat diintegrasikan langsung maupun secara remote dengan aplikasi virtualisasi lain, seperti Qemu, VMware dan VirtualBox.

Nah, buat Anda yang bingung bagaimana cara pasang GNS3 di Ubuntu 18.04 LTS, berikut ulasannya untuk Anda.

Pasang PPA GNS3

PPA atau Personal Package Archive atau Arsip Paket Personal, sebuah layanan repositori pihak ketiga yang disediakan oleh Canonical melalui launchpad.net.

Untuk bisa memasang GNS3 di Ubuntu, usahakan mesin Anda sudah mendukung komputasi 64-bit atau AMD64/Intel64. Anda dapat memeriksanya dengan perintah uname -a.

Untuk memasang PPA dari GNS3, buka Terminal Anda dan ketikkan perintah berikut ini:

$ sudo apt-add-repository ppa:gns3/ppa

Tekan tombol enter jika ada pemberitahuan apakah ingin melanjutkan atau membatalkan pemasangan PPA GNS3. Sistem akan melakukan pembaruan terhadap paket-paket dari repositori secara otomatis.

Pasang Paket GNS3 dan Pendukungnya

Setelah proses pembaruan daftar paket selesai, lanjutkan dengan memasang paket GNS3 dan pendukungnya.

$ sudo apt install gns3-gui gns3-server gns3-iou

Pertengahan proses pemasangan, ubridge akan menampilkan pemberitahuan sebanyak dua kali. Anda diminta untuk memilih pilihan yang ada di pemberitahuan tersebut.

Pemberitahuan pertama, jendela konfigurasi ubridge akan menanyakan Should non-superuser be able to run GNS3? pilih Yes.

Pemberitahuan kedua, jendela konfigurasi ubridge akan menanyakan Should non-superuser be able to capture packets? Anda bisa memilih Yes.

Sampai langkah ini, Anda sudah memasang GNS3 di Ubuntu 18.04 LTS.

Sumber

Instalasi GNS3 di Ubuntu-based, tersedia daring https://docs.gns3.com/1QXVIihk7dsOL7Xr7Bmz4zRzTsJ02wklfImGuHwTlaA4/index.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS