Cara Memperbaiki pop-up Open xdg-open selalu terbuka di Chrome

Saya sampai lupa kapannya. Kayaknya sebelum upgrade ke Ubuntu 20.04 LTS si Chrome sudah gak bisa buat ngirim obrolan secara direct ke WhatsApp melalui tautan wa.me. Cari cara memperbaiki pop-up open xdg-open selalu terbuka di Chrome malah baru ketemu hari ini.

Buat Anda yang bingung masalah open xdg-open pop-up saat akan mengirim pesan direct (tanpa simpan nomor), berikut saya lampirkan tangkap layarnya.

Cara Memperbaiki Open xdg-open selalu terbuka di Chrome
Tampilan pop-up Open xdg-open terus-terusan keluar

Nah, jika Anda mengalaminya juga, berarti kita sependeritaan. Tapi tenang, akhirnya saya menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Inti dari masalah ini, menurut sumber yang saya baca, disebabkan karena kebijakan khusus bernama ExternalProtocolDialogShowAlwaysOpenCheckbox yang ada di peramban andalan Google ini. Silahkan klik tautan tersebut untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dari ExternalProtocolDialogShowAlwaysOpenCheckbox.

Mari fakus pada cara memperbaiki open xdg-open pop-up yang selalu terbuka ketika akan mengirimkan pesan direct di WhatsApp web.

Bikin direktori yang dibutuhkan

Untuk memperbaiki masalah ini, kita harus membuat direktori yang didalamnya terdapat sebuah file yang berisi nilai dari kebijakan ExternalProtocolDialogShowAlwaysOpenCheckbox. 

Eksekusi perintah berikut.

$ sudo mkdir -p /etc/opt/chrome/policies/managed/

Bikin berkas berekstensi .json

Berkas ini digunakan untuk meletakkan kebijakan ExternalProtocolDialogShowAlwaysOpenCheckbox dengan format json dan memberikannya nilai true.

Eksekusi perintah berikut.

$ sudo nano /etc/opt/chrome/policies/managed/managed_policies.json

Setelah berkas terbuat dan terbuka dengan editor nano, isikan baris berikut ini.

{
"ExternalProtocolDialogShowAlwaysOpenCheckbox": true
}

Simpan konfigurasi yang sudah Anda lakukan.

Uji coba

Silahkan restart Chrome Anda jika masih berjalan. Setelah terbuka kembali, ketikkan tautan wa.me/6200000000000 pada tab baru peramban. Silahkan ganti angka 000 dengan nomor WhatsApp teman Anda.

Sampai pada langkah ini, Anda sudah bisa memperbaiki open xdg-open pop-up yang selalu terbuka saat akan mengirim direct message menggunakan wa.me.

Cara memperbaiki pop-up Open xdg-open Selalu Terbuka di Chrome
Tampilan WhatsApp Web yang sudah diperbaiki di Chrome


Sumber

How to fix Chrome protocol handler “Always open these types of links” pop up when opening RV through rvlink, tersedia daring di https://community.shotgunsoftware.com/t/how-to-fix-chrome-protocol-handler-always-open-these-types-of-links-pop-up-when-opening-rv-through-rvlink/4306


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS