Cara Mengarahkan DNS Manager ke Cloudflare

Sesaat setelah domain Anda aktif untuk pertama kalinya, biasanya Anda akan langsung berfikir untuk mencari DNS Manager yang lebih relevan dari milik registrar. Cloudflare menjadi salah satu tujuan untuk itu. Lantas, bagaimana cara mengarahkan DNS manager ke Cloudflare?.

Menurut WikiPedia, Cloudflare, Inc. adalah perusahaan Amerika Serikat yang menyediakan jasa jaringan penyaluran konten, pencegahan DDoS, keamanan internet, dan peladen nama domain terdistribusi. Salah satu keunggulan layanan Cloudflare adalah mereka memiliki opsi langganan dengan biaya $0/bulan alias gratis.

Cara Memigrasikan Domain dari Registrar ke Cloudflare
Harga langganan di Cloudflare

Untuk mengarahkan DNS Manager dari registrar ke Cloudflare secara teknisnya adalah dengan mengganti default NS milik registrar kita dengan NS dari Cloudflare.

Mislanya, registrar kita memiliki alamat NS ns1.chotibulstudio.id, ns2.chotibulstudio.id, dan ns3.chotibulstudio.id, nah data-data NS tersebut yang akan kita ganti dengan NS dari Cloudflare. Dengan begitu, Anda akan sepenuhnya dapat memanajemen domain Anda melalui dasbor manager DNS Cloudflare. Semua data whois Anda masih berada di registrar tempat Anda mendaftarkan domain tersebut.

Nah, bagaimana cara mengarahkan DNS manager ke Cloudflare? Berikut ulasannya untuk Anda.

Buat akun di Cloudflare

Pembuatan akun di Cloudflare menjadi langkah paling awal sebelum Anda mulai mengarahkan NS ke Cloudflare. Anda dapat membuat akun di Cloudflare dengan mengeklik tautan ini.

Proses pembuatan akun di Cloudflare tidak saya bahas disini, ya, karena saya tidak sempat mendokumentasikannya. Intinya, proses pembuatannya hamir sama dengan pembuatan akun dikebanyakan layanan. Ikuti saja prosesnya.

Oiya, setelah selesai mendaftar, Cloudflare akan mengirimkan Anda tautan via surel untuk mengaktifkan akun Anda. Klik tautan tersebut untuk mengaktifkan akun.

Tambahkan domain

Setelah akun Cloudflare Anda aktif sepenuhnya, tambahkan nama domain Anda ke Cloudflare dengan mengeklik tombol Add a Site. Anda akan dibawa ke laman Accelerate and protect your site with Cloudflare, isikan nama domain Anda pada form yang ada kemudian klik Add site.

Cara mengarahkan DNS Manager ke Cloudflare
Laman entri domain di Cloudflare

Cloudflare akan mencari informasi NS dari domain yang sebelumnya sudah Anda masukkan di kolom penambahan domain. Setelah proses pencarian NS selesai, sistem akan menampilkan beberapa informasi penting. Informasi tersebut berkaitan dengan NS registrar tempat Anda mendaftarkan domain, NS Cloudflare baru untuk Anda berikut dengan panduan cara menggantinya.

Ganti NS registrar Anda dengan NS Cloudflare

Pada langkah ini, silahkan buka tab baru di peramban web untuk mengunjungi dasbor klien registrar Anda. Disanalah tempat kita akan mengubah informasi NS. Oiya, masing-masing registrar memiliki tampilan yang berbeda, ya, di panduan ini saya menyesuaikan dengan registrar saya.

Setelah masuk ke dasbor klien registrar Anda, klik menu manager domain, Anda akan diarahkan ke laman informasi domain yang sudah Anda sewa, lalu klik kelola domain dan Anda akan dibawa ke laman managing domain Anda.

Pada laman managing domain, biasanya terdapat beberapa menu untuk mengelola domain Anda, silahkan klik menu NS atau Nameserver. Setelah laman NS terbuka, silahkan pilih opsi gunakan nameserver khusus. Hapus semua NS registrar dan gantilah dengan NS Anda dari Cloudflare. Jangan lupa untuk mengeklik tombol simpan, ya.

Cara mengarahkan DNS Manager ke Cloudflare
Laman pengaturan NS registrar

Sampai pada langkah ini, silahkan kembali ke laman dasbor Cloudflare sebelumnya untuk mengkonfirmasi perubahan NS. Konfirmasikan perubahan NS Anda dengan mengeklik tombol Ceck now atau Recheck Nameserver. Cloudflare juga akan memberitahu status aktivasi domain Anda melalui surel.

Jika proses pengecekan gagal, Anda harus menunggu beberapa saat untuk melalukan Recheck Nameserver lagi, hal ini dikarenakan waktu DNS memerlukan waktu propagasi. Anda bisa mengecek waktu propagasi DNS melalui DNS Propagation Checker.

Sampai langkah ini, Anda sudah bisa menggunakan manager DNS Cloudflare untuk mengelola catatan-catatan DNS seperti A, CNAME, TXT, MX dan lainnya.

Kesimpulan

Dengan memigrasikan layanan manager domain ke Cloudflare, Anda akan mendapatkan manfaat lebih. Selain bisa menggunakan layanan dengan berlangganan $0/bulan alias gratis, domain Anda akan tersebar ke CDN milik Cloudflare dengan lebih cepat. Ditambah lagi, pusat data Cloudflare juga sudah ada di Indonesia, lo.

Demikian langkah-langkah dari cara mengarahkan DNS manager dari registrar ke Cloudflare. Semoga bisa membantu Anda yang sedang akan menggunakan Cloudflare.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS