GNS3 Wajib Dijalankan dengan Akses Root!

Pasca upgrade ke Ubuntu 20.04 LTS, memang banyak aplikasi yang ngadat dan belum siap untuk dijalankan diatas Ubuntu 20.04 LTS. Saya sampai membuat catatan pasca upgrade ke Ubuntu 20.04 LTS di blog pribadi saya. Nah, kebetulan, dari sekian aplikasi yang galat, salah satunya adalah GNS3. Disana, saya menulis penyebab galatnya GNS3 dikarenakan kesalahan fatal dari si Python. Setelah berhasil diperbaiki, eh, sekarang galat lagi. Entah kenapa, saat menjalankan GNS3 dengan pengguna non root GNS3 selalu galat. Akan tetapi sebaliknya, ketika dijalankan dengan root, GNS3 berjalan normal. GNS3 wajib dijalankan dengan akses root!.

Beda dulu, beda pula yang sekarang. Galat yang muncul di GNS3 yang saya jalankan dengan pengguna non root ini berbunyi ERROR controller.py:446 Websocket notification stream error: The remote host closed the connection, ERROR controller.py:446 Websocket notification stream error: Unknown error dan ERROR compute_manager.py:96 Error while getting compute list: Connection refused (localhost:3080). Setidaknya itu yang ditampilkan oleh fitur pencatat log GNS3.

GNS3 Wajib Dijalankan dengan Akses Root!
Galat yang muncul di GNS3 saat dijalankan dengan pengguna non root

Banyak cara penyelesaian masalah yang bertebaran di internet. Hanya saja, mayoritas kasus ditemui di sistem operasi Windows dengan dugaan pemblokiran oleh anti virus. Kalau di Ubuntu, dugaan tersebut sangat tidak sesuai. Orang saya gak masang anti virus apapun. Pengaturan firewall-pun saya gak bikin. Blong-blongan.

Saya bahkan mencari sampai halaman ke-5 di pencarian Google, belum juga menemukan jalan keluarnya. Sampai saya menduga kalau pengguna saya tidak didalam satu grup yang sama dengan beberapa komponen GNS3, seperti ubridge, tapi setelah saya masukkan pengguna saya ke grup ubridge, GNS3 teta saja menampilkan galat di atas.

Notok njedok. Buntu. Jalur copot-pasang juga gak berjalan mulus. Opsi pada pengkonfigurasian ubridge, saya sudah memilih opsi agar GNS3 dapat dijalankan oleh pengguna non root.

Pengaturan Ubridge saat instalasi GNS3
Pengaturan Ubridge saat instalasi GNS3


Wajib pakai root!

Terlepas wajib tidaknya menjalankan GNS3 dengan root, ini bukan kesimpulan akhir dari permasalahan ini. Hanya saja, saya masih belum menemukan cara jitu buat menangani masalah tersebut. Mungkin kata kunci yang saya gunakan untuk mencari cara penyelesaiannya kurang sesuai.

Toh, GNS3 mulus-mulus saja saat dijalankan dengan akses root. Meskipun ada peringatan, tidak disarankan menjalankan GNS3 sebagai root, bahaya, katanya.

Demikian opini saya terkait GNS3 wajib dijalankan dengan akses root!. Entah berapa kadar kebermanfaatan tulisan ini, setidaknya saya lega telah menyampaikan unek-unek yang sedari tadi muter-muter di otak. Saya berharap, tulisan berikutnya membahas cara memperbaikinya.

See ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS