Memperbaiki Galat sshd: no hostkeys available di Ubuntu Server 20.04 LTS

Semalam, akses ke server melalui SSH tiba-tiba saja ditolak. Connection refused. Begitu katanya. Entah apa yang melatar belakangi si server menolak terhubung melalui SSH. Mengingat masalah ini terjadi di server utama, saya harus segera melakukan investigasi agar layanan saya tetap berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara saya melakukan investigasi, sedang akses satu-satunya ke server hanya melalui SSH?

Disini saya perlu sedikit bersyukur, ternyata, selain melalui SSH, provider ternyata telah menyediakan konsol yang bisa diakses melalui peramban web. Memang tidak seprofesional konsol Terminal, sih, tapi lumayan bisa membantu saya dalam menginvestigasi masalah yang sedang terjadi.

Berikut ini cara saya memperbaiki galat sshd: no hostkeys available di Ubuntu Server 20.04 LTS.

Proses investigasi

Setelah mendapatkan akses ke server, saya langsung membut ulang si server. Langkah ini bertujuan agar saya dapat melihat semua proses sistem dalam mematikan dan memuat layanan. Sesuai dugaan saya, layanan SSH ternyata gagal dimuat oleh sistem.

Saya langsung mengecek status layanan SSH dengan perintah berikut.

$ sudo systemctl status ssh

Layanan SSH gagal dimuat
Layanan SSH gagal dimuat

Sesuai dengan pesan pemuatan layanan pada saat proses but berlangsung. Disini, layanan SSH tidak dapat dimuat dengan pesan galat start request repeated too quickly, refusing to start. Kalau si SSH menolak untuk dimulai ulang, kemungkinan besar ada miskonfigurasi pada SSH Daemon.

Untuk melihat miskonfigurasi pada SSH, kita bisa menggunakan perintah berikut.

$ sudo sshd -T

Galat sshd: no hostkeys available
Galat sshd: no hostkeys available

Perintah di atas akan memberitahu Anda apabila terjadi miskonfigurasi. Benar saja, perintah tersebut mengeluarkan pemberitahuan sshd: no hostkeys available -- exiting. Galat sshd: no hostkeys available, disebabkan oleh hilangnya kunci host SSH.

Nah, dari sini, saya sudah mendapatkan kata kunci utama untuk memperbaikinya. Jadi, mungkin saya langsung ke langkah-langkah cara memperbaikinya saja, ya. Biar gak lama-lama.

Perbaiki galat sshd: no hostkeys available

SSH berkomunikasi melalui kunci-kunci khusus. Biasanya, kunci-kunci tersebut dikenal dengan kunci publik dan kunci privat. Kunci publik adalah kunci yang dimikili oleh klien. Klien diperbolehkan memindahkan kunci publik-nya ke server mana-pun untuk keperluan akses jarak jauh. Sedangkan, kunci privat adalah kunci pribadi milik si server. Jangan pernah ngasih kunci privat ini ke siapapun juga. CMIIW, ya.

Dari penjelasan kunci publik dan kunci privat di atas, galat sshd: no hostkeys available ini muncul karena SSH kehilangan kunci privat-nya. Itu asumsi saya. Untuk memperbaikinya, Anda cukup men-generate ulang kunci-nya. Gunakan perintah berikut.

$ ssh-keygen -A

Memperbaiki galah sshd: no hostkeys available di Ubuntu Server 20.04 LTS
Perintah untuk men-generate kunci host

Sampai pada bagian ini, si server telah memiliki kunci baru dan siap diakses melalui SSH. Tapi, sebelum itu, Anda harus menghapus kunci publik yang ada di sisi host atau klient atau komputer Anda. Jika langsung mengakses server melalui SSH, dalam kasus ini, Anda akan kembali menemukan galat. Lebih tepatnya, peringatan bahwa identifikasi host jarak jauh telah diubah.

Peringatan identifikasi jarak jauh telah diubah
Peringatan identifikasi jarak jauh telah diubah

Jika peringatan pada gambar di atas muncul, yang perlu Anda lakukan hanya salin-tempel perintah saja. Salin kemudian tempel perintah sesuai arahan sistem. Kurang lebih seperti ini.

$ ssh-keygen -f "/home/username/.ssh/known_hosts" -R "192.168.22.1"

Kunci untuk identifikasi antar klien-server telah terhapus. Kini, Anda bisa meminta identifikasi baru ke server dengan mengaksesnya melalui SSH. Seperti perintah biasanya.

$ ssh username@192.168.22.1

Kesimpulan

Masalah di atas sangat jarang terjadi. Jika terjadi, hal itu pasti ada campur tangan orang lain. Saya yakin akan hal itu. Pasalnya, saya sendiri sangat jarang, bahkan, hampir tidak pernah mengotak-atik kunci SSH. Saya hanya curiga pada proses pemeliharaan yang dilakukan oleh provider. Dua minggu yang lalu.

Tidak hanya kunci SSH yang berubah. Konfigurasi APT yang sebelumnya sudah saya buat juga kembali ke pengaturan semula.

Tapi saya bersyukur, sih. Akhirnya saya bisa menyelesaikan sendiri masalah yang saya alami. hampir saja saya membuat tiket aduhan ke provider. Jika hal itu terjadi, mungkin saya tidak akan punya topik lagi buat diulas disini.

Demikian proses memperbaiki galat sshd: no hostkeys available di Ubuntu Server 20.04 LTS. Sampai jumpa lagi di tulisan-tulisan berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS