Cara Memperbaiki Galat MariaDB "Can't Connect to Local MySQL Server Through Socket"

Selamat datang di ChotibulStudio. Di artikel kali ini, saya akan mengulas bagaimana cara memperbaiki galat MariaDB "Can't connect to local MySQL Server through socket". Dimana galat tersebut terjadi setelah saya melakukan proses peningkatan versi Ubuntu.

Proses peningkatan versi Ubuntu tidak selamanya berjalan mulus. Apalagi, peningkatan versi ini dilakukan dari versi old release. Dari Ubuntu 14.40 ke Ubuntu 20.04 LTS. Satu-satunya aplikasi yang galat adalah MariaDB.

Awalnya, sebelum menggunakan MariaDB, server telah terpasang MySQL. Hanya saja, setelah peningkatan versi, MySQL tidak dapat dijalankan dengan kode kesalahan yang tidak begitu saya fahami. Bahkan, dengan bantuan beberapa tutorial, saya masih belum bisa memprbaiki galat pada MySQL. Saya juga lupa meng-capture galatnya.

Akhirnya, saya memutuskan untuk menghapus paket MySQL dan menggantinya dengan MariaDB. Akan tetapi, langkah ini juga tidak bisa membantu. MariaDB juga tidak dapat berjalan dengan baik. Anda bisa melihat galat MariaDB yang saya alami pada gambar di bawah ini.

Cara Memperbaiki Galat MariaDB "Can't Connect to Local MySQL Server Through Socket"
Tampilan galat MariaDB can't connect to local MySQL server through socket

Jika memang permasalahannya se-serius itu, saya pasti tidak bisa masuk ke konsol MariaDB. Jika Anda memperhatikan gambar di atas, saya bahkan masih bisa masuk ke konsol MariaDB. Begitu saya mengeksekusi kueri sederhana, MariaDB langsung menampilkan galat.

Saya tidak menyerah. Saya kembali mencari tutorial lain dengan kata kunci "Job for mariadb.service failed because a timeout was exceeded". Kata kunci tersebut membawa saya pada salah satu thread di Stackoverflow. Disana dijelaskan, bahwa masalah yang sedang saya alami disebabkan oleh AppArmor.

AppArmor adalah modul keamanan yang terdapat di kernel Linux. Dengan AppArmor admin sistem dapat membatasi kemampuan aplikasi dengan profil per aplikasi. Karena saya belum berpengalaman dalam menggunakan AppArmor, saya memilih untuk menghapus profil MariaDB yang terkonfigurasi didalamnya.

Berikut cara memperbaiki galat MariaDB "can't connect to local MySQL Server through socket" selengkapnya.

1. Periksa profil mysqld

Gunakan perintah berikut:

$ sudo echo "/usr/sbin/mysqld { }" > /etc/apparmor.d/usr.sbin.mysqld

Jika langkah di atas galat karena perizinan, Anda bisa langsung menggunakan akses root.

$ sudo su

# echo "/usr/sbin/mysqld { }" > /etc/apparmor.d/usr.sbin.mysqld

2. Hapus profil mysqld yang ada di AppArmor

Gunakan perintah berikut:

# apparmor_parse -v -R /etc/apparmor.d/usr.sbin.mysqld

3. Muat ulang layanan MariaDB

Untuk memuat ulang layanan MariaDB, Anda bisa menggunakan perintah berikut:

# systemctl restart mariadb-server

Kesimpulan

Permasalahan can't connect to local MySQL server through socket yang terjadi di MariaDB dapat disebebkan oleh banyak hal. Akan tetapi, pada artikel ini permasalahan tersebut dikarenakan sedikit masalah pada AppArmor.

Jadi, didalam direktori AppArmor ada profil konfigurasi MySQL daemon atau mysqld yang membatasi izin bagi penggunanya. CMIIW.

Demikian artikel yang membahas cara memperbaiki galat MariaDB can't connect to local MySQL server through socket. Semoga bermanfaat.

Sumber

Stackoverflow, tersedia daring di https://stackoverflow.com/a/55023297

Catatan kutu MariaDB, MariaDB 10.1 server won't start when MySQL 5.7 server has been previously installed, tersedia daring di https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/mariadb-10.1/+bug/1806263

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS