Cara Memperbaiki Galat "MPEG-4 AAC decoder, H.264 decoder is required to play this file, but is not installed" di Ubuntu 20.04 LTS

Selamat datang di ChotibulStudio. Diartikel kali ini, saya ingin mengulas cara memperbaiki galat "MPEG-4 AAC decoder, H.264 decoder is required to play this file, but is not installed" di Ubuntu 20.04 LTS. Adapun kasus galat ini saya temui pada pemutar video bawaan GNOME, yaitu Totem.

Decoder, menurut artikel di WikiPedia, adalah sebuah profil yang berisikan perangkat lunak yang berperan dalam mengatur setelan, mulai dari bahasa, pengaturan penerimaan sinyal, pengaturan keluaran hasil gambar dan lain-lain. Perangkat lunak decoder bernama codec.

Cara Memperbaiki Galat "MPEG-4 AAC decoder, H.264 decoder is required to play this file, but is not installed" di Ubuntu 20.04 LTS
Galat "MPEG-4 AAC decoder, H.264 decoder is required to play this file, but is not installed" di Ubuntu Desktop 20.04 LTS

Codec atau compressor de-compressor merupakan sebuah perangkat atau program yang dapat mengubah sinyal digital atau aliran data melalui encoding dan decoding agar dapat dilihat dan didengarkan.

Codec dibedakan menjadi tiga jenis; codec video, codec audio dan codec data. Pada kasus ini, codec video (H.264) dan codec audio (MPEG-4 AAC) tidak terpasang atau tidak tersedia di Ubuntu 20.04 LTS.

Agar Anda dapat menikmati hiburan dari video dan audio, Anda perlu memasang satu paket untuk memasang codec multimedia di Ubuntu 20.04 LTS. Cara memasangnya-pun sangat mudah.

  1. Buka Terminal.
  2. Perbarui daftar paket dan tingkatkan versi paket.

    $ sudo apt update && sudo apt upgrade -y

  3. Ketikkan baris perintah berikut ini:

    $ sudo apt install ubuntu-restricted-extras

Buka kembali video Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi IPv6 TunnelBroker untuk Server WordPress Self Host

Daftar Rekomendasi Repositori Lokal Debian 11 "Bullseye"

Koneksi Internet Bermasalah di Ubuntu 18.04, Berikut Cara Memperbaikinya