Cara Memperbaiki Masalah "KVM virtualisation is configured, but not available" di Proxmox

Hai!. Selamat datang kembali di ChotibulStudio. Di artikel kali ini, saya ingin mengulas cara memperbaiki masalah "KVM virtualisation is configured, but not avalable" di Proxmox. Masalah tersebut saya temui saat pertama kali belajar dasar-dasar virtualisasi Proxmox dengan bantuan VirtualBox.

Seperti halnya mesin host (komputer, laptop, atau server), VirtualBox ternyata juga mendukung virtualisasi atas dirinya. Dengan kemampuannya itu, Anda bisa menjalankan guest os di atas guest os yang sudah ada atau virtual di atas virtual. Saya baru menyadari hal tersebut setelah menemukan masalah ini.

Cara Memperbaiki Masalah "KVM virtualisation is configured, but not available" di Proxmox
Pesan galat "KVM virtualisation is configured, but not available" di Proxmox

Pada pesan kesalahan "KVM virtualisation is configured, but not avalable" juga terdapat himbauan. Himbauan tersebut berbunyi "Either disable in VM configuration or enable in BIOS".

Bagi pengguna mesin host seperti yang saya sebutkan di atas, tentu ini sangat mudah. Anda cukup restart mesin host, masuk ke BIOS, enable-kan opsi Intel Virtual Tech (bagi pengguna mesin Intel), dan semua masalah beres. Pertanyaanya, bagaimana jika pesan kesalahan muncul di guest OS yang terpasang di VirtualBox?

Aktifkan dukungan virtualisasi pada VirtualBox

Secara bawaan, VirtualBox mematikan fitur dukungan virtualisasi atas dirinya. Mungkin hal itu untuk mencegah penggunaan sumber daya berlebih pada sisi mesin host. Anda bisa melihatnya melalui setelan masing-masing VM dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Buka aplikasi VirtualBox.
  2. Pilih salah satu VM yang ada, lalu klik tombol Pengaturan.
  3. Pada jendela pengaturan VM, klik Sistem.
  4. Pada laman sistem, klik prosesor.
Opsi "Enable Nested VT-x/AMD-v" masih disable
Opsi "Enable Nested VT-x/AMD-v" masih disable

Opsi Enable Nested VT-x/AMD-v ini mempunyai fungsi layaknya opsi Intel Virtual Tech pada BIOS. Agar VirtualBox mendukung virtualisasi atas dirinya, Anda harus mengaktifkan opsi tersebut. 

Untuk mengaktifkan opsi Enable Nested VT-x/AMD-v, Anda bisa mengeksekusi perintah berikut melalui Terminal.

$ VBoxManage modifyvm proxmox --nested-hw-virt on

Opsi "Enable Nested VT-x/AMD-v" sudah enable
Opsi "Enable Nested VT-x/AMD-v" sudah enable

Sampai langkah ini, langkah-langkah cara Memperbaiki Masalah "KVM virtualisation is configured, but not available" di Proxmox yang berjalan di atas VirtualBox telah selesai diperbaiki.

Demikian tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan yang bahagia ini. Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Dan sampai jumpa diartikel-artikel berikutnya. Salam.

Sumber

Virtualbox enable nested vtx/amd-v greyed out, tersedia daring di https://stackoverflow.com/a/57229749

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7