Solusi Laman Wp Admin tidak Dapat Dimuat Pasca Upgrade Manual WordPress 5.7

Hai, selamat datang kembali ke ChotibulStudio. Di artikel ini, saya akan membahas solusi laman wp admin tidak dapat imuat pasca upgrade WordPress 5.7. Kenapa harus upgrade manual? Tidak kah update secara otomatis atau update dari dasbor admin masih bisa?.

Oke oke. Tenang dulu. Saya akan ceritakan kronologinya.

Begini.

WordPress 5.7 sudah dirilis. Seperti biasa, saya sangat antusias untuk segera mencobanya secara langsung.

Entah kenapa, waktu itu, proses upgrading tidak terlalu mulus buat situs web saya. Mungkin, akses ke server WordPress lagi sibuk-sibuknya. Ditambah, mesin yang saya pake buat jalanin WordPress speknya standar aja.

Karena udah gak sabar buat nyobain, akhirnya saya memutukan untuk melakukan upgrade secara manual. Keputusan inilah yang akhirnya membuat situs web saya tidak dapat memuat laman WordPress Administration (wp-admin). Adapun pesan galatnya adalah "Ada error serius pada situs web Anda".

Jika sudah demikian, yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan membaca artikel ini sampai selesai. Saya juga akan menjelaskan lebih lanjut alasan kenapa cara upgrade manual ini sampai gagal di bagian kesimpulan. Stay tuned.

Cara memperbaiki laman wp admin tidak dapat dimuat

Sebenarnya ada banyak kasus yang menyebabkan laman wp admin tidak dapat dimuat. Pada kasus ini penyebabnya utamanya adalah ada function yang tidak dapat dimuat. Hal itulah yang menyebabkan pesan galat "ada error serius pada situs web Anda".

Tipe galat seperti ini tergolong unik. Karena kita tidak tahu maksud sebenarnya sebelum mengaktifkan mode pengawakutuan. Untuk itu, langkah pertama untuk mengetahui pesan galat adalah dengan mengaktifkan mode pengawakutuan WordPress.

Aktifkan mode pengawakutuan

Pengawakutuan atau debugging adalah kegiatan mencari galat atau kesalahan kode pada suatu program. Untuk mengaktifkan mode pengawakutuan di WordPress, Anda bisa mengedit berkas wp-config.php.

$ sudo nano /home/user/domain.tld/public_html/wp-config.php

Jika Anda menggunakan kontrol panel admin seperti cPanel, DirectAdmin, atau yang lainnya, Anda cukup mengakses berkas wp-config.php melalui manajer berkas.

Setelah berkas wp-config.php terbuka, silahkan cari deklarasi fungsi WP_DEBUG. Ubah nilainya dari false menjadi true.

define( 'WP_DEBUG', true );

Simpan perubahan yang sudah Anda buat. Setelah itu silahkan muat ulang laman wp admin Anda. Sekarang, seharusnya pesan galat yang lebih spesifik akan muncul. Pada kasus saya kali ini, berikut adalah pesan galatnya.

Solusi Laman Wp Admin tidak Dapat Dimuat Pasca Upgrade Manual WordPress 5.7
Galat saat mengakses Wp Admin


Nah, kalau galatnya kayak gini, saya auto angkat tangan. Soalnya tipe galat seperti itu, pasti da miscoding pada fungsi yang ada diantara berkas wp-login.php dan user.php.

Solusinya?

Memperbaiki masalah fatal error: x x x

Karena tipe galat seperti tidak bisa diperbaiki oleh pengguna seperti saya, maka solusinya adalah mengganti berkas wp-login.php yang lama dengan wp-login.php yang baru.

Pertama, silahkan unduh berkas arsip WordPress 5.7 di laman unduhan rilis WordPress.

$ wget https://wordpress.org/wordpress-5.7.zip

Ekstrak berkas arsip WordPress.

$ unzip worpress-5.7.zip

Salin dan timpa berkas wp-login.php lama dengan wp-login.php yang baru.

$ sudo cp wordpress/wp-login.php /home/user/domain.tld/public_html

Periksa kepemilikan berkas berikut hak aksesnya. Pastikan kepemilikan berkas dimiliki oleh www-data dan hak aksesnya adalah 644.

$ ls -l  /home/user/domain.tld/public_html

Jika kepemilikan berkas dan hak akses belum sesuai, silahkan disesuaikan dengan perinth berikut.

Perintah untuk mengubah kepemilikan berkas:

$ sudo chown www-data:www-data /home/user/domain.tld/public_html/wp-login.php

Perintah untuk mengubah hak akses:

$ sudo chmod 644 /home/user/domain.tld/public_html/wp-login.php

Setelah semua langkah perbaikan sudah dilakukan, silahkan muat ulang laman wp admin. Jika sudah tidak ada informasi galat lagi, silahkan kembali ke berkas wp-config.php untuk menonaktifkan mode pengawakutuan.

$ sudo nano /home/user/domain.tld/public_html/wp-config.php

Ubah nilai WP_DEBUG dari true menjadi false.

define( 'WP_DEBUG', false );

Sampai pada langkah ini, laman wp admin dapat diakses kembali melalui laman masuk dasbor.

Kesimpulan

Insiden laman wp admin tidak dapat dimuat pasca upgrade manual WordPress 5.7 sepenuhnya adalah keteledoran. Saya lupa kalau saya akan melakukan upgrading dari WordPress 5.6.2 ke WordPress 5.7.

WordPress 5.6 dengan 5.7 adalah versi yang berbeda dan keduanya termasuk dalam major update. Sehingga, untuk melakukan upgrading dari 5.6.2 ke 5.7 harus dilakukan secara penuh. Hla saya tidak begitu. Saya cuman menimpa direktori wp-admin dan wp-includes lama dengan yang baru. Pantas saja, galatnya juga tidak main-main.

Fyi, WordPress Core meliputi semua berkas dan direktori yang ada di berkas arsip WordPress. Kecuali direktori wp-content dan berkas wp-config.php. Dengan begitu, langkah upgrading manual adalah dengan mengunduh WordPress no content, mengekstraknya dan menyalin semua berkas ke root directory situs. Dengan begitu semua berkas dan direktori lama akan tertimpa dengan berkas dan direktori yang baru.

Seharusnya saya lebih teliti. Apalagi sudah cukup lama menggunakan WordPress. Semoga ini menjadi pelajaran bagi saya dan Anda juga.

Demikian solusi laman wp admin tidak dapat diakses pasca upgrade WordPress 5.7 yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Kita jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Selamat berakhir pekan, semoga selalu sehat dan bahagia. Amin. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!