Cara Menggabungkan Beberapa Berkas PDF Menjadi Satu di Ubuntu

Hai, selamat datang kembali di ChotibulStudio. Di artikel kali ini, saya akan membahas cara menggabungkan beberapa berkas PDF menjadi satu di Ubuntu. Tutorial ini cocok buat Anda yang sedang mencari cara untuk menggabungkan surat beserta lampirannya yang terpisah menjadi satu.

Apakah tutorial ini dibuat khusus untuk Ubuntu?. Tentu saja tidak!. Buat Anda yang tidak menggunakan Ubuntu, Anda tidak perlu cemas. Karena tutorial ini bisa Anda praktikkan di hampir semua distribusi Linux yang berbasis Debian.

Untuk menggabungkan beberapa berkas PDF menjadi satu, saya akan menggunakan bantuan aplikasi bernama PDF Arranger. Ini adalah salah satu aplikasi yang namanya tidak sama dengan nama paket-nya. Nama paket dari PDF Arranger adalah pdfshuffler.

Saya mulai tutorialnya dari memasang paket pdfshuffler dahulu.

Pasang pdfshuffler di Ubuntu

Untuk memasang pdfshuffler di Ubuntu bisa dilakukan melalui Terminal. Seperti biasa, untuk kebutuhan memasang aplikasi, saya lebih suka memasangnya lewat Terminal.

Eksekusi perintah berikut untuk memasang pdfshuffler.

$ sudo apt install pdfshuffler

Menjalanjalankan pdfshuffler

Untuk menjalankan pdfshuffler, cukup cari nama aplikasi PDF Arranger melalui panel menu utama sistem, lalu klik aplikasinya.

Cara Menggabungkan Beberapa Berkas PDF Menjadi Satu di Ubuntu
Tampilan utama PDF Arranger

Menggabungkan beberapa berkas pdf menjadi satu dengan pdfshuffler atau PDF Arranger

Siapkan dua atau lebih berkas pdf yang akan digabungkan menjadi satu. Kemudian muat semua berkas tersebut kedalam PDF Arranger dengan cara mengeklik tombol tambah atau "+" pada aplikasi.

Setelah semua berkas termuat dalam aplikasi PDF Arranger, Anda bisa mengatur urutan berkas dengan cara drag-drop sesuai urutan yang diinginkan. Sebagai bahan acuan, dokumen yang berada pada bagian paling kiri akan menempati posisi pertama.

Setelah pengorganisasian berkas selesai, silahkan klik menu Berkas lalu klik Simpan Sebagai. Beri nama pada dokumen yang telah digabungkan dan akhiri dengan mengeklik tombol Simpan.

Sampai pada langkah ini, Anda telah menggabungkan dua atau lebih berkas PDF yang terpisah menjadi satu.

Kesimpulan

PDF Arranger yang memiliki nama paket pdfshuffler merupakan aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mengatur ulang dan memodifikasi berkas PDF. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan GTK + dan Python.

Sebagai perkakas untuk memodifikasi berkas PDF, Anda bisa memanfaatkan PDF Arranger untuk menggabungkan beberapa bekas PDF menjadi satu.

Demikian tutorial cara menggabungkan beberapa berkas PDF menjadi satu di Ubuntu yang bisa saya ketik pada akhir pekan ini. Mesipun sederhana, saya berharap tutorial ini bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Sumber artikel

How to merge several PDF file?, tersedia daring di https://askubuntu.com/a/2805

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7