Cara Memperbaiki Galat libdvd-pkg: apt-get check failed di Ubuntu 20.04 LTS

Galat libdvd-pkg: apt-get check failed di Ubuntu 20.04 LTS

Hai, selamat datang di ChotibulStudio. Di artikel kali ini saya akan membahas cara memperbaiki galat libdvd-pkg: apt-get check failed di Ubuntu 20.04 LTS.

Sesuai dengan infomasinya, galat libdvd-pkg: apt-get check failed dimungkinkan karena paketnya rusak.

Kenapa paket di Ubuntu atau di distribusi lain bisa rusak?

Hmm... Kalau itu, saya kurang tahu alasan pastinya. Akan tetapi, jika melihat kasus yang saya alami, paket libdvd-pkg rusak karena dua hal;

  1. Paket yang bergantung (dependency) pada libdvd-pkg mempunyai versi lebih baru, sehingga tidak kompatibel lagi. Hal ini dikarenakan saya menggunkan repositori yang tidak up to date.
  2. Jarang memperbarui paket-paket yang ada.

Sekilas tentang libdvd-pkg

Paket libdvd-pkg merupakan pustaka pemutar video DVD. Ia menyediakan pustaka yang dibutuhkan aplikasi pemutar media, seperti VLC, Totem, dan lain-lain, untuk memutar video dari cakram DVD.

Sekilas, paket ini memang terlihat sedikit usang akibat perkembangan dunia teknologi. Tapi jangan salah, keberadaannya masih dibutuhkan oleh paket-paket yang lain.

Memperbaiki galat libdvd-pkg: apt-get check failed di Ubuntu 20.04 LTS

Anda sudah tahu masalah sebenarnya kenapa paket libdvd-pkg ini tidak terpasang dengan baik. Nah, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah memperbaikinya.

Nah, cara memperbaikinya ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu mengeksekusi sebaris perintah dan masalah libdvd-pkg: apt-get check failed di Ubuntu 20.04 LTS dapat diperbaiki.

Berikut adalah perintah untuk memperbaiki galat libdvd-pkg: apt-get check failed

$ sudo dpkg-reconfigure libdvd-pkg

Perintah di atas berfungsi untuk mengkonfigurasi ulang paket libdvd-pkg dengan bantuan dpkg (manajer paket untuk Debian). Paket dpkg akan memeriksa ketersediaan paket pada mesin host. Jika paket tersedia, ia akan melakukan proses konfigurasi ulang seperti yang sudah Anda perintahkan.

Kesimpulan

Jika tubuh manusia tersusun atas sel, jaringan, organ, dan sistem organ, maka sistem operasi (berbasis Linux) tersusun dari kernel, pustaka, shell, X Windows, Windows Manager, desktop dan aplikasi. Kurang lebih seperti itu-lah kira-kira persamaan antara tubuh manusia dengan sebuah sistem operasi.

Jika ada salah satu bagian tubuh manusia rusak, katakanlah luka pada kulit, sistem tubuh manusia akan secara otomatis memperbaikinya dengan cara yang sangat menakjubkan.

Pun begitu dengan sistem operasi, pengembang akan memelihara paket-paket yang ada dengan memberikan pembaruan yang bisa kita akses secara otomatis ataupun manual.

Pembaruan paket dimaksudkan untuk menjaga kondisi paket dari kerusakan yang mengakibatkan malfungsi pada sistem utama. Jadi, menjaga kondisi paket juga sangat penting untuk menjaga sistem agar bekerja dengan optimal.

Sudahkah Anda memperbarui sistem operasi Anda, hari ini?

Demikian tips dan trik cara memperbaiki galat libdvd-pkg: apt-get check failed di Ubuntu 20.04 LTS. Saya mohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat salah kata.

Semoga artikel ini bermanfat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Sumber

https://askubuntu.com/a/1111471

Anatomi tubuh manusia, tersedia daring di http://research.fk.ui.ac.id/portal-edukasi/index.php/2019/03/06/anatomi-tubuh-manusia-mengenal-sistem-sistem-organ-manusia/

Arsitektur sistem operasi Linux, tersedia daring di https://studylibid.com/doc/56191/arsitektur-sistem-operasi-linux

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memasang Driver WiFi RTL8821CE di Ubuntu 18.04 LTS