LibreOffice 7.2 Sudah Tersedia di PPA, Tingkatkan Sekarang!

LibreOffice 7.2 Sudah Tersedia di PPA, Tingkatkan Sekarang!
LibreOffice 7.2 Sudah Tersedia di PPA, Tingkatkan Sekarang!

Hai, selamat datang di ChotibulStudio. Di artikel kali ini, saya akan mengulas tentang LibreOffice 7.2 sudah tersedia di PPA. Memang cukup terlambat, sih, tapi memang perlu waktu untuk melakukan pemaketan ulang ke paket Debian.

LibreOffice 7.2 merupakan rilis kecil dari lingkaran liris seri LibreOffice 7 dan lanjutan dari pengembangan LibreOffice 7.1.

Meskipun sekarang saya lebih sering menggunakan produk perkantorang daring, tapi saya tetap antusias menanti dan ingin segera mencoba rilis terbaru dari LibreOffice.

Nah, untuk meningkatkan versi LibreOffice (rilis besar), secara umum, hanya bisa dilakukan ketika Anda meningkatkan versi sistem operasi yang Anda gunakan. Misalnya, dari Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 21.04 atau Ubuntu 21.10 yang akan segera rilis pada bulan Oktober, tahun ini.

Sepertinya bakalan repot juga kalau proses peningkatannya juga dilakukan di sisi sistem. Untungnya, Ubuntu adalah sistem operasi yang paling fleksibel terkait dengan paket aplikasi. Hal itu dikarenakan Canonical, sebagai perusahaan induk dibalik Ubuntu, telah memiliki perkakas mandiri bernama Launchpad.

Perkakas tersebut tidak hanya digunakan oleh tim pemaket Ubuntu untuk melakukan pemeliharaan paket, melainkan juga sudah digunakan oleh pengembang diseluruh dunia untuk memaketkan aplikasi mereka agar bisa dipasang di sistem operasi berbasis Debian. 

Buat Anda yang tidak sabar untuk segera mencoba rilis stabil LibreOffice 7.2 ini, Anda bisa memasangnya melalui repositori resmi dari tim pemaket Ubuntu yang ada di Launchpad.

Fyi, repositori yang ada di Launchpad dinamakan Personal Package Archive atau PPA. Proses pemasangan paket atau aplikasi melalui PPA juga menjadi salah satu metode yang diekomendasikan di Ubuntu. Untuk bisa memansang aplikasi melalui PPA, Anda memerlukan satu perkakas khusus bernama apt-add-repository.

Memasang LibreOffice 7.2 melalui PPA

Seperti yang sudah saya singgung di atas, untuk memasang LibreOffice atau aplikasi apapun melalui PPA, Anda memerlukan perkakas khusus bernama apt-add-repository. Paket tersebut disesiakan oleh paket software-properties-common.

Untuk memasang paket software-properties-common, Anda bisa mengeksekusi perintah berikut.

$ sudo apt install software-properties-common

Setelah proses pemasangan software-properties-common selesai, sekarang sila pasang repositori LibreOffice stabil dari Tim Pemaket Ubuntu.

$ sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa

Ikuti semua instruksi pemasangan yang ditampilkan sistem. Setelah proses pemasangan selesai, sistem akan melakukan pembaruan secara otomatis. Oiya, pembaruan otomatis mungkin hanya tersedia di Ubuntu 20.04 LTS ke atas, ya. Jika sistem operasi Anda tidak melakukan pembaruan secara otomatis, eksekusi perintah berikut untuk melakukan pembaruan sistem.

$ sudo apt update

Sekarang, semua persiapan telah siap. LibreOffice 7.2 bisa Anda pasang dengan mengeksekusi perintah berikut.

$ sudo apt upgrade

Ikuti langkah peningkatan paket dan tunggu sampai proses pemasangannya selesai. Sampai pada langah ini, Anda sudah memasang LibreOffice 7.2.

Demikian tutorial LibreOffice 7.2 Sudah Tersedia di PPA, Tingkatkan Sekarang!. Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memasang Driver WiFi RTL8821CE di Ubuntu 18.04 LTS