Cara Memfungsikan Fingerprint ThinkPad T480 di Ubuntu 22.04 LTS

Fingerprint ThinkPad T480 di Ubuntu 22.04 LTS

Selamat datang di ChotibulStudio. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi cara memfungsikan pembaca fingerprint ThinkPad T480 di Ubuntu 22.04 LTS. Jadi, setiap kali Anda login ke desktop Ubuntu 22.04 LTS, kini Anda tidak lagi perlu memasukkan kata sandi yang rumit. Cukup tekan pembaca sidik jari dan sistem akan membawa ke desktop kesayangan Anda.

Sebelum mulai mengulas penggunaan fungsi pembaca sidik jari ThinkPad T480 ini, mungkin akan saya mulai dari ucapan duka cita mendalam untuk Lenovo G400s yang sudah saya gunakan hampir 10 (sepuluh) tahun itu.

Terima kasih sudah menjadi mesin tangguh dan menemani jatuh bangun saya dalam bejalar untuk persiapan UKK SMK, bergerilya dengan tugas-tugas kuliah selama sembilan semester, hingga menjadi seorang IT Support selama hampir 4 tahun. Tak lupa, terima kasih juga atas sponsor orang tua.

Jadi, tulisan ini menjadi tanda berakhirnya era penggunaan Lenovo G400s sekaligus menjadi pengalaman awal era penggunaan Lenovo ThinkPad T480 bagi saya.

1. Permasalahan umum

Secara bawaan, Ubuntu 22.04 LTS sebenarnya sudah dibenamkan paket yang menangani perangkat pembaca sidik jari.

Paket yang bertanggung jawab menangani pembacaan sidik jari untuk otentikasi login tersebut adalah fprintd.

Setelah mencoba mengaktifkan paket tersebut dan mendaftarkan sidik jari, ternyata paket fprintd tidak mengenali perangkat pembaca sidik jari ThinkPad T480.

$ fprintd-enroll
GDBus.Error:net.reactivated.Fprint.Error.NoSuchDevice: No devices available

Adapun perangkat pembaca sidik jari ThinkPad T480 adalah sebagai berikut.

$ lsusb
...
Bus 001 Device 005: ID 06cb:009a Synaptics, Inc. Metallica MIS Touch Fingerprint Reader
...

Dimana yang dicetak tebal adalah ID perangkatnya. Anda bisa melihat daftar perangkat pembaca sidik jari yang didukung fprintd melalui tautan ini.

2. Pengaturan awal

Perangkat pembaca sidik jari Synaptic, Inc. dengan ID 06cb:009a menjadi salah satu perangkat yang tidak didukung oleh fprintd.

Karena keterbatasan itu, akhirnya ada seorang pengembang dengan identitas Launchpad uunicorn yang akhirnya mem-fork dan membuat paket turunan fprintd yang diberi nama Open Fprintd.

Menurut keterangan resmi pada laman PPA, Open Fprintd merupakan paket eksperimental. Kita tetap bisa menggunakannya dengan catatan resiko ditanggung sendiri.

Bagi Anda yang masih ragu, Anda bisa melewati artikel ini.

Tetapi bagi Anda yang sudah siap dengan segala resikonya, berikut panduan lengkap cara memfungsikan fingerprint ThinkPad T480 di Ubuntu 22.04 LTS.

Untuk memasang paket Open Fprintd yang disedikan oleh uunicorn melalui Arsip Paket Personal di Launchpad, pertama-tama Anda harus menghapus paket fprintd bawaan Ubuntu agar tidak terjadi bentrok.

$ sudo apt remove fprintd

Berikutnya, Anda perlu memasangkan PPA paket Open Fprintd ke sistem Anda.

$ sudo add-apt-repository ppa:uunicorn/open-fprintd

Setelah proses pemasangan PPA, sistem akan melakukan pembaruan daftar paket yang ada pada semua repositori yang ada. Setelah proses pembaruan daftar paket selesai, Anda bisa memasang paket Open Fprintd berikut dependensinya dengan aman.

$ sudo apt install open-fprintd fprintd-clients python3-validity

Sampai dibagian ini, Anda tinggal menunggu hingga semua paket terpasang.

3. Konfigurasi sidik jari

Setelah semua paket terpasang, Anda bisa mencoba meng-enroll sidik jari Anda. Eksekusi perintah berikut.

$ fprintd-enroll

Setelah perintah dieksekusi, lampu indikator yang ada di atas perangkat fingerprint akan menyala dan siap menerima masukan sidik jari Anda.

Tap jari Anda, misal jari telunjuk tangan kanan, tunggu hingga lampu indikator fingerprint mati. Ulangi langkah tersebut hingga selesai dengan tetap memperhatikan konsol Terminal Anda.

Berikut tampilan setelah proses enroll sidik jari selesai.

Tampilan enroll sidik jari pada Terminal Ubuntu 22.04 LTS di ThinkPad T480

Sampai pada langkah ini, proses pendaftaran sidik jari ke sistem sudah selesai dan Anda sudah bisa menggunakan autentikasi sidik jari.

Sampai pada langkah ini, penggunaanya hanya terbatas pada saat setelah ThinkPad T480 menyala dari suspend dan setelah lock saja.

Jika Anda ingin menggunakan pembaca sidik jari untuk autentikasi saat masuk ke sistem setelah reboot atau power off, Anda membutuhkan satu lagi langkah tambahan di bawah ini.

3.1. Mengaktifkan autentikasi sidik jari saat masuk pertama kali

Agar fungsional penggunaan sidik jari sebagai autentikasi masuk pertama kali setelah laptop dimatikan atau restart, Anda perlu mengaktifkan fitur autentikasi sidik jari sistem terlebih dahulu.

Eksekusi perintah berikut.

$ sudo pam-auth-update

Sistem akan menampilkan beberapa pilihan autentikasi. Gunakan tombol spasi pada papan tik untuk mengaktifkan opsi Fingerprint authentication. Lihat gambar berikut.

Mengaktifkan fitur autentikasi sidik jari
Mengaktifkan fitur autentikasi sidik jari

Sampai pada langkah ini, Anda telah berhasil memfungsikan pembaca sidik jari ThinkPad T480 di Ubuntu 22.04 LTS.

4. Mendaftarkan sidik jari ke-2 (opsional)

Penambahan sidik jari ke-2 bisa Anda lakukan dengan dua acara; dari baris perintah atau melalui pengaturan sistem.

4.1. Mendaftarkan sidik jari dari Terminal

Anda sudah melakukan cara ini saat pertama kali mendaftarkan sidik jari di awal.

Anda bisa mengeksekusi perintah fprintd-enroll untuk mendaftarkan sidik jari baru.

4.2. Mendaftarkan sidik jari melalui Pengaturan Sistem

Meskipun terkesan terlalu banyak langkah yang harus Anda lakukan, sejauh yang saya coba, ini adalah langkah yang lebih friendly dari pada mengeksekusi perintah fprintd-endroll.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka Pengaturan Sistem;

Jendela Pengaturan Sistem Ubuntu 22.04 LTS
Jendela Pengaturan Sistem Ubuntu 22.04 LTS

  1. Buka jendela Pengaturan Sistem. Caranya; tekan tombol keyboard Windows, kemudian ketik Setting.
  2. Setelah jendela Pengaturan Sistem terbuka, gulir menu pengaturan sistem kebawah hingga menemukan pengaturan Users.
  3. Klik tombol Unlock agar Anda bisa mengubah pengaturan pengguna terkini. Pada langkah ini, sistem akan meminta autentikasi. Cukup masukkan kata sandi pengguna Anda.
  4. Setelah pengaturan terbuka sepenuhnya, klik bagian Fingerprint login untuk mendaftarkan sidik jari baru.

Sistem akan menampilkan jendela Fingerprint Login. Anda cukup mengeklik bagian Scan new fingerprint untuk mulai mendaftarkan sidik jari baru.

Tampilan jendela informasi sidik jari pada Ubuntu 22.04 LTS
Tampilan jendela informasi sidik jari pada Ubuntu 22.04 LTS

Setelah berhasil mendaftarkan sidik jari baru untuk autentikasi masuk, Anda bisa me-restart sistem Anda untuk mencoba fungsi login dengan sidik jari.

5. Kesimpulan

Intinya, jangan pernah lelah untuk mencari solusi dari setiap permasahalan yang kita hadapi. Karena sejatinya semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Sok bijak! Tapi ya begitulah adanya.

Menurut keterangan dari situs Hardware for Linux, mereka (Hardware for Linux) belum menemukan driver di kernel Linux manapun hingga kernel Linux versi 6.3.x.

Ubuntu 22.04.2 LTS (saat tulisan ini dibuat) masih menggunakan kernel Linux versi 5.19.x yang bisa dipastikan belum mendukung driver untuk perangkat pembaca sidik jadi dari Synaptic, Inc. Metallica MIS Touch Fingerprint Reader.

Bahkan di situs resmi dukungan Lenovo untuk ThinkPad T480, mereka hanya menyediakan driver hanya untuk sistem operasi Windows saja. Tampaknya mereka (Lenovo) hanya menyediakan driver untuk perangkat pembaca sidik jari dari ELAN FingerPrint. Itupun hanya untuk ThinkPad E14 Gen 4 dan ThinkPad E15 Gen 4 saja.

Terima kasih banyak kepada uunicorn yang telah menyediakan alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang membutuhkan.

Akhir kata, semoga artikel cara memfungsikan fingerprint ThinkPad T480 di Ubuntu 22.04 LTS ini bermanfaat untuk saya, Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Sampai jumpa ditulisan-tulisan ChotibulStudio berikutnya!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi IPv6 TunnelBroker untuk Server WordPress Self Host

Daftar Rekomendasi Repositori Lokal Debian 11 "Bullseye"

Koneksi Internet Bermasalah di Ubuntu 18.04, Berikut Cara Memperbaikinya