Ubuntu 24.04 LTS "Noble Numbat" Dirilis, Berikut Cara Upgrade dari Ubuntu 22.04 LTS

Cara Upgrade Ubuntu 22.04 LTS ke Ubuntu 24.04 LTS

Selamat datang kembali di ChotibulStudio. Pada artikel ini saya akan mengulas cara upgrade ke Ubuntu 24.04 LTS dari Ubuntu 22.04 LTS atau bahkan dari Ubuntu 23.04.

Ubuntu 24.04 LTS "Noble Numbat" merupakan versi Ubuntu terkini yang mendapatkan dukungan hingga 12 tahun.

Yup, Anda tidak salah baca!.

Ubuntu 24.04 LTS takes a bold step into performance engineering and confidential computing to deliver an enterprise-grade innovation platform, supported for at least 12 years”, ucap Mark Shuttleworth, CEO Canonical, melalui pengumuman perilisan Ubuntu 24.04 LTS Nuble Numbat. Informasi dukungan tiap-tiap versi Ubuntu dapat juga Anda baca melalui siklus rilis Ubuntu melalui tautan ini.

Artikel ini tidak akan sepenuhnya mengulas Ubuntu 24.04 LTS. Jika Anda lebih suka membaca ulasan apa saja yang baru, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membaca catatan rilisnya. Catatan rilis Ubuntu 24.04 LTS tersedia di Discourse.

Fyi,

Jika pada saat ini Anda masih menggunakan Ubuntu 20.04 LTS, untuk meningkatkan versi ke Ubuntu 22.04 LTS, Anda cukup mengeksekusi perintah do-release-upgrade. Sistem akan mengecek kanal upgrade dan otomatis mengunduh semua paket yang dibutuhkan dari repositori untuk meningkatkan versi ke Ubuntu 22.04 LTS.

Berbeda dengan Ubuntu 24.04 LTS, setidaknya mungkin saat artikel ini diterbitkan.

Pasalnya, untuk meningkatkan versi ke Ubuntu 24.04 LTS dari Ubuntu 22.04 LTS, Anda harus meningkatkan versi ke versi satu tingkat terkahir yang masih didukung terlebih dahulu, yakni Ubuntu 23.10, sebelum akhirnya meningkatkan versi ke Ubuntu 24.04 LTS.

Mengapa demikian? Kok cara upgrade-nya beda dengan rilis sebelumnya?

Checking for a new Ubuntu release
There is no development version of an LTS available.
To upgrade to the latest non-LTS development release
set Prompt=normal in /etc/update-manager/release-upgrades.

Alasan pastinya saya belum tahu. Saya juga belum menemukan artikel yang sesuai dengan . Hanya saja, umumnya memang belum direkomendasikan untuk upgrade ke Ubuntu 24.04 LTS, setidaknya hingga versi poin pertama dirilis (24.04.1).

Jadi, bagi Anda yang ngebet untuk mencoba Ubuntu 24.04 LTS dan malas untuk fresh install, saya berharap semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Oke, mari kita mulai artikel cara upgrade Ubuntu 22.04 LTS ke Ubuntu 24.04 LTS ini.

Persiapan sebelum upgrade

Pastikan paket sistem sudah diperbarui. Eksekusi perintah berikut di Terminal untuk memperbarui dan meningkatkan versi paket yang terpasang di sistem.

$ sudo apt update && sudo apt upgrade -y

Ubah saluran pembaruan dari lts ke normal untuk meningkatkan versi Ubuntu 22.04 LTS ke Ubuntu 23.10. Eksekusi perintah berikut.

$ sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Atur nilai Prompt menjadi normal.

.....
Prompt=normal

Simpan konfirgurasi yang sudah Anda buat.

Tingkatkan versi ke Ubuntu 23.10

Pada bagian ini, Anda bisa langsung mengeksekusi perintah berikut.

$ do-release-upgrade

Ikuti instruksi yang ditampilkan sistem untuk meningkatkan versi ke Ubuntu 23.10.

Sesaat setelah ditampilkan instruksi untuk memuat ulang mesin, lakukan sesuai rekomendasi sistem dan Anda akan but ke desktop Ubuntu 23.10.

Tingkatkan versi ke Ubuntu 24.04 LTS

Buka kembali Terminal kesayangan Anda dan eksekusi perintah do-release-upgrade dengan tambahan opsi -d. Opsi tambahan untuk apa, itu?

Daftar opsi penggunaan perintah do-release-upgrade
Daftar opsi penggunaan perintah do-release-upgrade

Opsi -d pada perintah do-release-upgrade digunakan oleh sistem manajer pembaruan untuk memperbarui sistem ke rilis pengembangan terbaru yang didukung.

Jadi, untuk meningkatkan versi dari Ubuntu 23.10 ke Ubuntu 24.04 LTS (setidaknya saat artikel ini dipublis), eksekusi perintah berikut.

$ do-release-upgrade -d

Lakukan sesuai instruksi seperti sebelumnya, pada saat peningkatan versi ke Ubuntu 23.10.

Sampai pada langkah ini Anda telah meningkatkan versi Ubuntu 22.04 LTS ke Ubuntu 24.04 LTS melalui kanal pembaruan Ubuntu 23.10.

Tutorial ini sudah saya implementasikan di Ubuntu 22.04 LTS yang terpasang di VirtualBox.

Saya berharap, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Sampai jumpa di artike-artikel berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi IPv6 TunnelBroker untuk Server WordPress Self Host

Daftar Rekomendasi Repositori Lokal Debian 11 "Bullseye"

Koneksi Internet Bermasalah di Ubuntu 18.04, Berikut Cara Memperbaikinya