Cara Memperbaiki Galat 413 Request Entity too Large di EngineX

Proses migrasi WordPress dari hosting ke vps tidak selalu berjalan mulus sesuai harapan. Terkadang, ada saja galat yang belum pernah ditemui sebelumnya. Contohnya seperti pada artikel cara memperbaiki galat 413 request entity too large di EngineX ini. Satu masalah yang benar-benar baru saya temui malam ini saat setelah memasang WordPress.

Cara memperbaiki galat 413 request entity too large di EngineX
Galat 413 Request Entity too Large di EngineX

Galat 413 request entity too large disebabkan oleh pembatasan yang dilakukan oleh web server terhadap ukuran berkas yang diizinkan untuk diunggah oleh klien. Di EngineX, ada satu opsi variabel bernama client_max_body_size yang secara baku tidak disertakan dalam berkas konfigurasinya. Variabel inilah yang mengatur maksimal besaran berkas yang boleh diunggah oleh klien.

Berikut langkah-langkah cara memperbaiki galat 413 request entity too large di EngineX.

Edit konfigurasi inti EngineX

Untuk mengedit konfigurasi EngineX, Anda harus memiliki akses root. Buka konfigurasi dengan perintah berikut.

$ sudo nano /etc/nginx/nginx.conf

Tambahkan opsi variabel dibawah ini didalam blok http dan sesuaikan besaran maksimal ukuran berkas yang akan diizinkan untuk diunggah.

##
# Atur maksimal besaran berkas yang dibolehkan diunggah
##
client_max_body_size 10M;

Simpan konfigurasi yang sudah Anda buat. Berikutnya, silahkan muat ulang EngineX agar membaca konfigurasi yang sudah Anda buat sebelumnya dengan perintah berikut.

$ sudo nginx -s reload

Kesimpulan

Dengan opsi variabel tambahan client_max_body_size ini, Anda bisa mengatur batasan maksimal ukuran berkas yang diizinkan untuk diunggah ke aplikasi Anda di sisi web server.

Entah sejak kapan EngineX benar-benar mengatur maksimal ukuran berkas yang diizinkan diunggah ke aplikasi web. Sebelum-sebelumnya, pengaturan ini cukup dilakukan di sisi server-side programming-nya saja.

Nah, dengan ini, pengaturan jadi tidak cukup dilakukan di sisi server-side programming-nya saja, seperti PHP, melainkan harus dilakukan juga di sisi web server. Kerja dua kali dong kalau gini.

Demikian artikel cara memperbaiki galat 413 request entity too large di EngineX. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS