Cara Memperbaiki White Screen of Death Pada WordPress

Tujuan utama saya nge-blog agar ketika saya lupa dengan suatu hal yang sudah pernah saya kerjakan, saya tinggal buka blog sendiri. Ketika lagi genting-gentingnya butuh referensi, ternyata si blog malah ngadat. Sebel gak tuh. Apalagi ngadatnya itu gak ada informasi galat apapun. Blank putih, pokoknya. Setelah mencari tahu, ternyata blog saya mengalami white screen of death.

Apa itu WSoD atau white screen of death pada WordPress?

WSoD merupakan suatu kondisi dimana situs web berbasis WordPress tidak dapat menampilkan konten, melainkan hanya menampilkan halaman kosong berwarna putih. Bahkan, logo favicon juga tidak tampil.

Jika sudah seperti itu, ada dua kemungkinan yang menyebabkan WordPress mengalami WSoD. Kalau gak plugin, ya tema. Cuman dua komponen penting itu saja yang memang sering bermasalah.

Berikut langkah-langkah cara memperbaiki white screen of death pada WordPress.

Update semua plugin dan tema Anda

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus menjaga plugin dan tema tetap dalam kondisi terbaru. Alasan yang paling kuat adalah masalah keamanan. Untuk itulah kenapa WordPress 5.5 menyematkan fitur pembaruan otomatis pada keduanya. Alasan berikutnya adalah untuk menjaga kecocokan antara plugin atau tema dengan si WordPress-nya.

Untuk memperbarui plugin dan tema, Anda cukup masuk ke dasbor admin, kemudian klik submenu Pembaruan. Perbarui sesuai dengan urutan seperti yang sudah saya utarakan pada artikel panduan upgrade ke WordPress 5.5.

Periksa plugin Anda

Jika dengan pembaruan tidak dapat mengatasi masalah, Anda harus melakukan pengecekan plugin Anda satu-per-satu. Proses pengecekan bisa dilakukan dengan menonaktifkannya.

Nonaktifkan satu plugin, buka jendela penyamaran baru peramban web, lalu akses situs web Anda. Jika masih mengalami WSD, kembalilah ke dasbord plugin kemudian aktifkan kembali plugin yang tadi Anda nonaktifkan.

Lakukan seperti langkah-langkah tersebut hingga masalah WSD dapat diatasi.

Periksa tema Anda

Proses pemeriksaan tema tidak jauh berbeda dengan proses pemeriksaan plugin. Jika dengan pemeriksaan plugin tidak berhasil, Anda harus melakukan pemeriksaan terhadap tema-tema Anda.

Sebelum Anda melanjutkan langkah pemeriksaan tema, usahakan ada minimal dua tema yang terpasang di WordPress Anda. Satu tema custom Anda, satu yang lain tema bawaan WordPress, seperti Twenty Twenty. Lalu lakukan seperti pada langkah pengecekan plugin.

Perbarui kembali inti WordPress

Ini adalah langkah pamungkas. Lakukan hanya ketiga langkah di atas tidak bisa menyelesaikan masalah WSD.

Untuk memperbarui kembali WordPress Core, Anda bisa memperbarui atau memasang ulang WordPress melalui dasbor pembaruan WordPress atau dengan cara manual.

Cara memperbaiki White Screen of Death pada WordPress
Laman pembaruan WordPress

Pemasangan dengan cara manual bisa dilakukan dengan mengunduh arsip WordPress. Pengunduhan berkas arsip harus sama dengan versi WordPress sebelumnya atau yang lebih baru. Hal itu untuk menjaga agar tidak terjadi galat yang lebih serius.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memperbaiki white screen of death pada WordPress. Memang ada beberapa kemungkinan untuk memperbaiki masalah WSoD. Dalam kasus saya, WSoD dapat diperbaiki dengan cara menonaktifkan satu plugin. Jetpack namanya.

Setelah menonaktifkan Jetpack, saya mencoba mengakses lagi situs saya melalui jendela penyamaran peramban web. Kini, situs web saya dapat menampilkan kembali konten yang ada di beranda situs.

Demikian tips dan trik yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di artikel-artikel berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS