Cara Memperbaiki Galat "an Error Occurred While Installing the Database" pada phpMyAdmin

Hi!. Selamat datang kembali di ChotibulStudio. Di artikel kali ini, saya ingin membahas cara memperbaiki galat an error occurrade while installing the database pada phpMyAdmin. Galat tersebut disebabkan oleh konfigurasi yang sudah saya buat di MariaDB pada artikel saya sebelumnya.

Cara Memperbaiki Galat "an Error Occurred While Installing the Database" pada phpMyAdmin
Galat "an Error Occurred While Installing the Database" phpMyAdmin

Artikel tersebut berjudul MariaDB sudah diatur password root-nya, tapi masih bisa login tanpa password. Sebuah artikel yang menjelaskan cara memperbaiki masalah agar MariaDB meminta autentikasi kata sandi saat pengguna ingin masuk ke konsolnya. Siapa sangka, langkah tersebut malah menjadi penyebab phpMyAdmin tidak dapat dipasang dengan baik.

Ya, pada saat proses pemasangannya, phpMyAdmin akan membuat basis data baru. Basis data tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan olehnya. Basis data yang dibuat oleh phpMyAdmin juga akan disimpan ke dalam sistem basis data, dalam hal ini, MariaDB. Agar proses pembuatan basis data dapat dilakukan, phpMyAdmin harus dapat menggunakan root MariaDB untuk membuat pengguna dan mengkonfigurasi basis data baru. CMIIW.

Jadi, fokus utama pada artikel ini adalah memperbaiki sisi sistem basis data dan melakukan pengkonfigurasian ulang phpMyAdmin.

Berikut adalah cara memperbaiki galat an error occurrade while installing the database pada phpMyAdmin.

1. Pasang ulang MariaDB

Langkah yang saya lakukan adalah menghapus MariaDB terlebih dahulu. Tujuannya, agar semua konfigurasi yang sudah dibuat ikut terhapus dan diganti dengan konfigurasi yang baru. Sebelum menghapus MariaDB, pastikan Anda sudah mencadangkan beberapa basis data penting menurut Anda.

Berikut perintah untuk mencadangkan basis data.

$ sudo mysqldump -u root -p nama_database_anda > nama_file_database_backup_anda.sql

Setelah basis data penting sudah Anda cadangkan, berikutnya, eksekusi perintah berikut untuk menghapus MariaDB.

$ sudo apt purge --auto-remove mariadb-server mariadb-client

Atau

$ sudo apt-get purge mariadb-*

Setelah proses pencopotan MariaDB selesai, silahkan but ulang server Anda.

$ sudo reboot

Tunggulah beberapa saat hingga proses but ulang selesai. Setelah proses but ulang selesai, silahkan masuk kembali ke server Anda dan pasang kembali MariaDB-nya.

$ sudo apt install mariadb-server mariadb-client

Setelah proses pemasangan MariaDB selesai, lanjutkan dengan mengkonfigurasi keamanan MariaDB. Pada bagian ini, silahkan atur sandi root MariaDB dan menghapus beberapa opsi bawahan.

$ sudo mysql_secure_installation

Meskipun Anda sudah mengatur kata sandi untuk root MariaDB, pada bagian ini, Anda masih bisa masuk ke konsol MariaDB tanpa perlu memasukkan kata sandi untuk root. Tapi tidak apa-apa. Kita lanjutkan untuk menyelesaikan permasalahan phpMyAdmin terlebih dahulu.

2. Konfigurasikan ulang phpMyAdmin

Sesuai dengan kasus yang saya alami, phpMyAdmin telah terpasang di Ubuntu 20.04 LTS, meskipun hanya sekedar terpang saja. Untuk itu, saya harus mengkonfigurasikan ulang. Jika pada langkah ini Anda masih belum memasang phpMyAdmin, pada langkah ini, Anda bisa memasangnya.

Untuk mengkonfigurasi ulang phpMyAdmin, gunakan perintah berikut:

$ sudo dpkg-reconfigure phpmyadmin

Buat Anda yang belum memasang phpMyAdmin, Anda bisa memasangnya dengan perintah berikut:

$ sudo apt install phpmyadmin

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah pengkonfigurasian yang dipandu oleh sistem.

Sampai pada langkah ini, phpMyAdmin sudah terpasang dengan baik. Anda tinggal mengaksesnya melalui peramban web favorit Anda dengan mengetikkan URL http://alamat_ip_anda/phpmyadmin atau http://domainanda.tld/phpmyadmin.

Pengaturan tambahan berlaku jika Anda menjalankan phpMyAdmin diatas EngineX.

Kesimpulan

PhpMyAdmin membutuhkan akses root untuk membuat dan menyimpan nama pengguna serta basis data. Untuk itu, jika pengaturan sistem basis data dibuat sedemikian rupa sebelum phpMyAdmin terpasang, kemungkinan besar akan terjadi masalah seperti yang baru saja saya alami.

Maka dari itu, setelah berhasil memasang MariaDB dan melakukan konfigurasi dasar, akan lebih baik jika memasang aplikasi lain dahulu. Baru setelah semua aplikasi yang membutuhkan akses terhadap sistem basis data selesai terpasang dengan baik, Anda bisa melanjutkan untuk melakukan konfigurasi yang lebih mendalam. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya. MariaDB sudah diatur password root-nya, tapi masih bisa login tanpa password.

Demikian artikel cara memperbaiki galat an error occurrade while installing the database pada phpMyAdmin yang bisa saya saya bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Selamat berakhir pekan dan kita akan jumpa lagi diartiker-artikel berikutnya. Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7