MariaDB sudah Diatur Password Root-nya, tapi Masih Bisa Login Tanpa Password

Hi!. Selamat datang kembali di ChotibulStudio. Di artikel kali ini, saya ingin mengulas MariaDB sudah diatur password root-nya, tapi masih bisa login tanpa password. Masalah ini sudah saya temui sebanyak dua kali pada MariaDB yang terpasang di Ubuntu 20.04 LTS.

Secara umum, saat proses pemasangan, MariaDB memang tidak seperti MySQL. MySQL selalu meminta pengguna untuk mengatur kata sandi untuk root pada proses pemasangannya. Untuk MariaDB, proses pengaturan kata sandi biasanya dilakukan setelah pemasangan selesai. CMIIW.

Baik MariaDB maupun MySQL, pengaturan kata sandi bisa dilakukan pasca proses instalasi selesai. Untuk melakukannya, kita butuh bantuan perkakas yang bernama mysql_secure_installation. Namun sayangnya, perkakas tersebut (dalam kasus ini) tidak dapat menerapkan kata sandi yang sudah diatur melalui dirinya.

Setelah mencari tahu akar pemasalahan, ternyata masalah MariaDB sudah diatur password root-nya, tapi masih bisa login tanpa password disebabkan oleh masalah internal. Yaitu, terdapatnya nilai mysql_native_password pada field atau kolom plugin pada tabel user. Anda bisa memeriksannya terlebih dahulu dengan masuk ke konsol MariaDB.

$ sudo mysql -u root -p

atau

$ sudo mariadb -u root -p

Setelah berhasil masuk ke konsol MariaDB, tentunya tanpa kata sandi, Anda bisa mengeksekusi kueri berikut.

> SELECT host, user, password, plugin FROM mysql.user;

Anda akan mendapati hasilnya kurang lebih seperti tangkap layar berikut.

MariaDB sudah Diatur Password Root-nya, tapi Masih Bisa Login Tanpa Password
Hasil eksekusi kueri

Nah, jika demikian, yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengaturan kata sandi secara manual melalui konsol MariaDB dan memperbarui informasi kolom plugin.

Atur kata sandi MariaDB secara manual

Cara untuk mengatur kata sandi MariaDB secara manual bisa dilakukan dengan masuk ke konsol MariaDB terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah berada di konsol MariaDB. Jika Anda masih berada di konsol sistem operasi, Anda bisa menggunakan perintah berikut.

$ sudo mysql -u root -p

atau

$ sudo mariadb -u root -p

Setelah berada di konsol MariaDB, eksekusi perintah berikut untuk mengatur kata sandi root.

> SET PASSWORD FOR 'root'@'localhost' = PASSWORD('MyNewPass');

Perbarui informasi kolom plugin pada tabel user

Agar MariaDB selalu meminta autentikasi kata sandi saat setiap kali Anda masuk ke konsol, Anda perlu menghilangkan nilai yang ada pada kolom plugin. Eksekusi kueri berikut untuk memperbarui nilai pada kolom plugin.

> UPDATE mysql.user SET plugin = '' WHERE user = 'root' AND host = 'localhost';

Lanjutkan dengan memuat ulang atau membersihkan cache internal yang digunakan MariaDB. Tujuannya, agar MariaDB dapat membaca dengan baik segala perubahan yang sudah Anda lakukan. Silahkan eksekusi kueri berikut.

> FLUSH PRIVILEGES;

Untuk keluar dari konsol MariaDB, Anda bisa mengeksekusi perintah berikut pada konsol.

> exit

Uji coba

Sekarang, posisi Anda seharusnya sudah berada di konsol sistem operasi. Anda bisa melakukan uji coba masuk kembali ke konsol MariaDB dengan menggunakan perintah sebelumnya.

Jika Anda masuk ke konsol MariaDB tanpa kata sandi, seharusnya MariaDB sudah tidak memperbolehkan Anda masuk. MariaDB akan memberikan peringatan ERROR 1045 (28000): Access denied for user 'root'@'localhost' (using password: NO).

Demikian tutorial atau tips dan trik cara mengatasi permasalahan kata sandi MariaDB yang sudah di atur tetapi masih bisa login tanpa kata sandi. Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Kita akan jumpa lagi pada artikel-artikel berikutnya. Salam.

Sumber

StackOverflow, tersedia daring di https://stackoverflow.com/a/44301734

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7