Memperbaiki Mesin Virtual Setelah Upgrade Kernel di Ubuntu 16.04 LTS

Sama permasalahan beda penyelesaiannya. Mungkin kata-kata tersebut dapat mewakili permasalahan yang akan di ulas pada postingan ini, yaitu Mesin virtual (VMware dan VirtualBox) tidak dapat dijalankan setelah upgrade kernel ke 4.12 pada postingan sebelumnya Cara Upgrade Linux Kernel Ubuntu 16.04 LTS ke Versi 4.12, dimana penyelesaian masalah antara VMware dan VirtualBox setelah upgrade kernel sangat berbeda, permasalan sama namun berbeda cara penyelesaiannya. Begitulah yang saya alami.

Setelah melakukan upgrade kernel ke versi 4.12 masing-masing mesin virtual tersebut tidak dapat dijalankan seperti biasanya, misal VMware, saat selah melakukan upgrade kernel (dalam kasus ini dari 4.4.x ke 4.12), VMware selalu meminta untuk mengincludekan GCC (C Compiler) versi 6.3.0 saat dibuka. Beda halnya dengan VMware, VirtualBox pun saat dibuka juga menampilkan pesan agar kita menginstall paket virtualbox-dkms.

Tutorial ini akan mengulas cara memperbaiki kerusakan pada VMware dengan cara menginstall paket GCC versi 6.3.0 di Ubuntu 16.04.3 LTS. Perlu diketahui, bahwasannya paket GCC versi 6.3.0 ini masih dalam tahap testing dan belum stabil, akan tetapi cukup untuk memperbaiki permasalahan pada VMware.

Mari kita mulai cara memperbaiki mesin virtual setelah upgrade Linux kernel versi 4.12 di Ubuntu 16.04 LTS berikut ini:

Pertama, lakukan update list paket dari repositori dan lakukan penginstallan paket build-essential dan software-commont-properties dengan perintah berikut:
sudo apt update
sudo apt install build-essential software-properties-common

Kedua, tambahkan PPA (Personal Package Archive) dari Ubuntu ToolChain sebagai repositori untuk menginstall GCC v6.3.0
sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-toolchain-r/test
sudo apt update

Ketiga, install paket gcc-snapshot yang berguna sebagai snapshot untuk GNU C Compiler serta lakukan update.
sudo apt install gcc-snapshot
sudo apt update

Keempat, install paket GCC dan G++ v4 dan v6 serta buat simbolik link dari keduanya agar dapat dikenali dengan baik oleh sistem
sudo apt install gcc-6 g++-6

sudo update-alternatives --install /usr/bin/gcc gcc /usr/bin/gcc-6 60 --slave /usr/bin/g++ g++ /usr/bin/g++-6

sudo apt install gcc-4.8 g++-4.8

sudo update-alternatives --install /usr/bin/gcc gcc /usr/bin/gcc-4.8 60 --slave /usr/bin/g++ g++ /usr/bin/g++-4.8

Kelima, jika perintah-perintah di atas telah dilakukan, kita harus mengubahnya ke versi GCC yang ingin kita gunakan secara default, ketikkan perintah berikut dan pastikan pilihan ada pada GCC v6.
sudo update-alternatives --config gcc



Pilihlah sesuai dengan nomor yang mempunyai status “auto mode”. Gunakan perintah berikut untuk mengecek versi GCC yang telah digunakan oleh sistem.
gcc -v



Selanjutnya buka kembali VMware dan lakukan penginstallan GCC sesuai dengan instruksi yang ada.

Kesimpulan


Rusaknya mesin virtual saat setelah upgrade kernel adalah dikarenakan kernel sebelumnya telah bekerja dengan GCC v4 atau v5, sehingga saat upgrade kernel ke vrsi yang lebih baru kebutuhan C Compiler pun turut mempengaruhi kinerja aplikasi yang membutuhkan paket C Compiler yang lebih baru.

Sumber


How to install latest gcc on Ubuntu LTS (12.04, 14.04, 16.04), application2000, https://gist.github.com/application2000/73fd6f4bf1be6600a2cf9f56315a2d91

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS