Cara Menghilangkan Pilihan Windows Pada GRUB Loader Ubuntu

GRUB merupakan paket yang dieksekusi oleh system computer pertama kali (pada bagian system operasi) setelah peristiwa POST (Power on Self Test) terjadi. GRUB berfungsi sebagai jembatan antara system computer dengan system perangkat lunak (system operasi) yang bertanggung jawab langsung terhadap system computer, maksudnya dengan adanya paket GRUB (nama paket resminya adalah grub atau grub2) ini BIOS dapat mendeteksi sistem first boot pada CD/DVD atau perangkat bootable USB (jika belum install) atau pada harddisk (jika sudah install) karena sistem computer pertama kali akan melakukan eksekusi terhadap media yang telah tertanam paket bootloader sebelum akhirnya mengeksekusi kernel dan paket yang lain.

Baiklah, mari kita mulai cara menghilangkan pilihan Windows pada GRUB Ubuntu.



Gambar di atas merupakan hasil konfigurasi default dari sistem Ubuntu ketika kita telah menyelesaikan instalasi DualBoot sistem operasi. Berkat hasil generate file grub yang berada di /etc/default/grub dengan perintah update-grub sehingga menghasilkan file grub.cfg yang tersimpan di /boot/grub/grub.cfg yang ditampilkan seperti pada gambar diatas.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana proses terbentuknya file grub.cfg anda bisa mencoba perintah berikut dengan hak akses root:
update-grub

Maka hasil yang di munculkan di terminal adalah seperti gambar berikut:



Langkah Menghilangkan Pilihan Windows Pada GRUB

Seperti yang telah kami uraikan sebelumnya, bahwa untuk merubah pengaturan GRUB dapat dilakukan konfigurasi pada file grub yang ada di /etc/default/grub edit file tersebut dengan menggunakan hak akses Root.
nano /etc/default/grub

Setelah file grub terbuka, silahkan tambahkan statement berikut di bagian paling bawah dari isi file grub.
# Additonal statement to remove any Windows entry from GRUB
GRUB_DISABLE_OS_PROBER=true

Kegunaan dari statement tersebut adalah agar paket grub-mkconfig melalui perintah update-grub agar tidak menyelidiki atau mencari letak bootloader sistem operasi lain di masing-masing partisi yang ada pada sistem. Simpan konfigurasi dengan Ctrl + X, lalu klik Y dan Enter.

Kemudian generate ulang hasil konfigurasi diatas dengan perintah berikut:
update-grub

Gambar di atas merupakan hasil generate dari perintah update-grub sudah tidak tampak lagi bootloader sistem operasi lain, sehingga setelah sistem di muat ulang (restart) maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini



Gambar diatas merupakan hasil generate setelah sistem di restart.

KESIMPULAN

grub-mkconfig merupakan paket yang di gunakan untuk memanajemen penggunaan bootloader dan mempunyai kemampuan untuk mengenali bootloader sistem operasi lain seperti Windows. Paket tersebut menghasilkan perintah update-grub yang berguna untuk menghasilkan konfigurasi GRUB yang sesuai dengan yang diinginkan pengguna.

SUMBER

Aafi Ariq Alam, April 2013. “Menghilangkan Entri Windows 7 pada GRUB Loader Ubuntu”. Tersedia di: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2013/04/24/menghilangkan-entri-windows-7-pada-grub-loader-ubuntu/

Komentar

  1. Klo mau ngembalikan pilihan boot windows yang udah dihapus itu gimana gan?

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah membaca artikel kami.
    Untuk mengembalikan kembali opsi another os pada pilihan boot, Anda tinggal masuk ke konfigurasi bootloader-nya, kemudian pada opsi GRUB_DISABLE_OS_PROBER=true yang sebelumnya sudah dibuat, ganti nilainya menjadi false. Jalankan perintah update-grub

    Semoga terbantu 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS