Periksa Kecepatan Koneksi Internet Anda Dari Terminal Dengan Speedtest-cli di Ubuntu

Kecepatan koneksi internet tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan berselancar di dunia maya. Begitu pula dengan biaya investasi yang harus di keluarkan, sehingga berbijaksana dalam memilih paket internet-pun harus menjadi prioritas utama.

Dalam dunia jaringan komputer kecepatan internet biasa di sebut dengan istilah bandwidth yang mengacu pada lebar pita yang di peroleh dari ISP. Konsistensi kecepatan internet atau bandwidth kadang membuat pengguna was-was, karena merasa ketidak cocokan dari kecepatan internet yang di dapat. Speedtest-cli dapat membantu anda mengkalkulasikan kecepatan koneksi internet anda menurut standar speedtest.net.

Sekilas Tentang Speedtest-cli


Menurut howtoforge.com, Speedtest-cli merupakan program yang di tulis diatas bahasa Python yang (memang) digunakan mengukur kecepatan internet secara dua arah. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengecek kecepatan internet sesuai jarak dengan satuan KM (kilo meter), hal itu dapat menguji terhadap server tertentu (yang menjadi tujuannya) dan juga menyediakan link (hasil tes) agar anda dapat membagikannya ke Internet (sosial media).

Instalasi Speedtest-cli Di Debian-based GNU/Linux


Untuk dapat menginstal dan menjalankan Speedtest-cli, anda harus mempunyai Python versi 2.4-3.4 atau yang lebih tinggi dan python-pip package manager yang digunakan untuk mengunduh dan menginsal Speedtest-cli. Berikut adalah langkah-langkah instalasinya:

Pertama, pastikan terdapat koneksi internet, setelah itu lakukan pembaruan paket sistem dengan menggunakan perintah berikut (gunakan hak akses Root – sudo su, sudo -i atau su):
apt update && apt upgrade

Kedua, instal pip package manager pada sistem anda, gunakan perintah berikut:
apt install python-pip



Ketiga, instal Speedtest-cli dengan pip package manager.
pip install speedtest-cli



jika suatu saat anda ingin memperbarui versi Speedtest-cli, anda bisa menggunkaan perintah berikut:
pip install speedtest-cli --upgrade

Periksa Kecepatan Koneksi Internet Dengan Speedtest-cli


Jalankan perintah Speedtest-cli tanpa menggunakan argumen apapun di terminal untuk melakukan pengecekan pada kecepatan unduhan dan unggahan koneksi internet anda.
speedtest-cli



Jika anda ingin mendapatkan hasil kecepatan koneksi dalam byte bukan bit, tambahkan argumen --bytes.
speedtest-cli --bytes



Jika anda ingin membagi hasil dari tes kecepatan dengan speedtest-cli ini, anda bisa menambahkan argumen --share, anda dapat mengunduh gambar dari hasil cek dengan link yang telah disediakan setelah hasil pengecekan.
speedtest-cli --share



Berikut adalah gambar dari hasil tes kecepatan saya:



Jika anda hanya menginginkan untuk menampilkan hasil dari ping, unduhan dan unggahan, anda dapat menggunakan gargumen --simple
speedtest-cli --simple



Anda juga bisa memeriksa daftar server sesuai dengan jarak dalam satuan KM (kilo meter) dengan menggunakan argumen --list. Dari hasil pencarian, anda dapat melakukan pengecekan sesuai dengan area tertentu, disini saya akan menampilan pencarian (dengan bantuan grep) server di Kota Surabaya.
speedtest-cli –-list | grep -i Surabaya



Setelah server ditemukan, anda dapat melakukan pengecekan pada server tertentu dengan menambahkan argumen –server server_ID.
speedtest-cli –-server 14395



Setelah ini anda bisa bereksperimen lebih lajuh mengenai pengecekan kecepatan koneksi internet dengan Speedtest-cli, baca pusat bantuan aplikasi dengan menggunakan argumen -h atau --help.
speedtest-cli –-help

Kesimpulan


Speedtest-cli sangat ringan, mudah digunakan dan dijalankan. Aplikasi ini cocok untuk kalangan pengguna biasa, pengembang hingga sistem administrator sekalipun.

Sumber


Antonio Valencia, tersedia di: https://www.howtoforge.com/tutorial/check-internet-speed-with-speedtest-cli-on-ubuntu/

Komentar

  1. mohon maaf saya mau bertanya sambal ucrhat dikit hehe, saya masih kurang paham tentang "Anda juga bisa memeriksa daftar server sesuai dengan jarak dalam satuan KM (kilo meter) dengan menggunakan argumen –list. Dari hasil pencarian, anda dapat melakukan pengecekan sesuai dengan area tertentu, disini saya akan menampilan pencarian (dengan bantuan grep) server di Kota Surabaya." apa fungsi dari hal tersebut? info sekilas saja, jadi saya sedang mencari tahu cara bagaimana mendapatkan nilai satuan jarak (km atau m) yang diubah dari kecepatan internet yang didapatkan. misalnya, jika orang B tethering/hotspot ke orang A nah kan pasti didapatkan speed internet yang didapatkan si B dari si A. Saat sudah dipatkan lalu diconvert menjadi satuan jarak (km atau m), apakah artikel ini bisa saya gunakan dalam penelitian saya? Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Halo Bryan, terima kasih sudah membaca artikel kami. Kegunaan dari perintah "speedtest --list" itu hanya menampilkan daftar server saja dan cara kerjanya kurang lebih sama dengan speedtest versi daring. Satuan jarak dengan satuan pengiriman data (dalam Kbps) sudah jelas sangat berbeda, hanya saja, saya sendiri belum melakukan riset mendalam bagaimana cara mengkonversi atau menghitung kecepatan koneksi yang diperoleh dari jarak tertentu. Kami akan sangat merasa senang jika Anda menggunakan artikel ini sebagai acuan dalam penelitian Anda. Jadi, silahkan menggunakan artikel ini sebagai acuan penelitian Anda.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS