Cara Mereset Password Pengguna Yang Terlupakan Di Ubuntu, Studi Kasus Ubuntu Server 16.04

Seringkali kita lupa dengan sandi yang telah dikonfigurasi sebelumnya di Ubuntu, namun untuk pengguna yang baru bermigrasi ke GNU/Linux tentu masalah ini mungkin sangat sering terjadi. Apakah harus menginstal ulang sistem saat anda menemui kendala seperti ini? tentu saja tidak.

Kasus ini saya temui sendiri saat setelah membuka server virtual dari VirtualBox. Kebetulan server tersebut milik kawan yang sempat meminjam laptop saya untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Sistem Operasi.

Berikut ini langkah-langkah mereset password pengguna (non root) yang lupa di Ubuntu Server 16.04 yang terinstal di mesin virtual, saya belum mencoba langsung di Ubuntu Desktop, namun saya berharap, semoga langkah ini bisa diterapkan juga di Ubuntu Desktop:

Pertama, lakukan boot komputer atau laptop anda, saat grub bootloader tampil langsung klik tombol “E” pada pilihan boot Ubuntu.



Kedua, tambahkan beberapa pernyataan berikut ini pada baris linux agar sistem dapat langsung boot ke root.
init=/bin/bash



Setelah itu klik Ctrl + x atau F10 untuk melanjutkan ke proses boot selanjutnya, sampai prompt Root tampak seperti gambar dibawah ini.



Ketiga, setelah masuk ke prompt Root, berikut ini perintah-perintah berikut untuk mereset password pengguna di Ubuntu:

Lakukan proses mounting partisi sistem dengan memberikan hak akses baca dan tulis untuk user Guest, berikut perintahnya:
mount -rw -o remount /

Bahkan Jika anda lupa dengan nama user yang anda gunakan untuk login ke mesin Ubuntu, lakukan pengecekan nama user dari direktori /home, umumnya nama pengguna sama dengan nama direktori yang ada di /home.
ls /home

Setelah mengetahui username pengguna, lanjutkan dengan mengetikkan perintah berikut untuk mereset password, misal user yang saya miliki bernama “rama”:
passwd rama

Sistem akan menginstruksikan untuk memasukkan password baru, silahkan isi dengan password baru anda, setelah mengetikkan password pertama, sistem akan menginstruksikan untuk mengulasinya kembali sebagai pencocokan, silahkan ketikkan password yang sama.



Sampai pada langkah ini anda telah berhasil mereset password pengguna yang digunakan untuk login ke sistem Ubuntu, selanjutnya silahkan matikan paksa dengan cara tekan terus tombol power sampai komputer atau laptop anda kemudian nyalakan lagi untuk login menggunakan password yang baru.

Kenapa harus mematikan paksa? iya, karena beberapa perintah untuk melakukan restart tidak bekerja dalam mode ini. Saya sudah mencoba beberapa macam perintah seperti reboot, init6 dan shutdown -r now dan hasilnya perintah-perintah tersebut tidak dapat di eksekusi dengan baik.

Kesimpulan


Teknologi open source yang berlisensi publik (GNU) merupakan teknologi yang sangat fleksibel untuk digunakan, dalam kasus ini adalah GNU Grub. GNU Grub menjadi paket yang sangat penting bagi sistem operasi, karena tanpa adanya Grub, sistem komputer anda tidak akan dapat memuat kernel dan init yang mengakibatkan black screen atau gagal booting.

Banyak fitur-fitur yang dimiliki oleh GNU Grub ini, disamping kompatibilitasnya tinggi untuk segala jenis varian sistem operasi GNU/Linux, GNU Grub juga dapat anda manfaatkan untuk mereset sandi pengguna. Anda cukup mengedit (saat tampilan GNU Grub tampak, klik tombol “E” pada keyboard kemudian tambahkan beberapa argumen yang diperlukan.

Sumber


How to Reset Forgotten Password in Ubuntu 16.04, Merill0, 02/09/2016, Tersedia di: http://tipsonubuntu.com/2016/09/02/reset-forgotten-passwords-ubuntu-16-04/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS