Konfigurasi Repo CentOS "Sistem Operasi Sejuta Hosting" 7

Repository merupakan sebuah atau beberapa server khusus yang mana didalamnya tersedia hampir semua paket-paket yang sangat dibutuhkan oleh sistem. Bisa katakan pula, repository adalah tandon yang digunakan untuk menampung paket-paket aplikasi yang mana paket-paket tersebut akan dialirkan melalui selang-selang (koneksi) menuju keran (komputer client) yang membutuhkan. Maka dari itu semakin dekat lokasi komputer client ke server maka koneksi yang diterima dari server akan lebih baik bila dibandingkan harus mengambil repo dari luar.

Agar komputer client terhubung dengan server yang menyediakan layanan repo maka diperlukan konfigurasi khusus yang ditempatkan pada konfigurasi paket manager.

Beda distribusi beda pula konfigurasinya, Jika anda telah familiar dengan distribusi Debian-based, konfigurasi dikenal dengan istilah sources list, maka di CentOS istilah sources list dikenal dengan CentOS Base.

Konfigurasi Repo CentOS 7


Seperti yang telah saya jelaskan diatas, lokasi sangat menentukan kecepatan akses, karena itu pada tutorial ini saya akan mengulas konfigurasi repo CentOS dari layanan repository milik Kambing Universitas Indonesia.

Sebelum melakukan konfigurasi repo di CentOS, anda harus tahu versi distribusi CentOS anda, berikut perintah untuk melihat versi di CentOS:
cat /etc/redhat-release



Dari gambar diatas terlihat versi distribusi CentOS yang saya gunakan adalah 7.4.1708. Langkah ini sangat penting karena sangat berpengaruh pada konfigurasi nanti.

Untuk menghindari error di lain waktu, sebaiknya backup konfigurasi yang ada dengan perintah berikut:
cp /etc/yum.repos.d/CentOS-Base.repo /etc/yum.repos.d/CentOS-Base.repo.old

Konfigurasikan file CentOS-Base.repo dengan perintah berikut:
vi /etc/yum.repos.d/CentOS-Base.repo

Klik tombol i untuk mulai mengedit, dan isikan seperti berikut:
[CentOS Plus]
name=CentOS
baseurl=http://kambing.ui.ac.id/centos/7.4.1708/centosplus/x86_64/
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=http://kambing.ui.ac.id/centos/RPM-GPG-KEY-CentOS-7

[Extras]
name=CentOS
baseurl=http://kambing.ui.ac.id/centos/7.4.1708/extras/x86_64/
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=http://kambing.ui.ac.id/centos/RPM-GPG-KEY-CentOS-7

[Fasttrack]
name=CentOS
baseurl=http://kambing.ui.ac.id/centos/7.4.1708/fasttrack/x86_64/
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=http://kambing.ui.ac.id/centos/RPM-GPG-KEY-CentOS-7

[OS]
name=CentOS
baseurl=http://kambing.ui.ac.id/centos/7.4.1708/os/x86_64/
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=http://kambing.ui.ac.id/centos/RPM-GPG-KEY-CentOS-7

[Update]
name=CentOS
baseurl=http://kambing.ui.ac.id/centos/7.4.1708/updates/x86_64/
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=http://kambing.ui.ac.id/centos/RPM-GPG-KEY-CentOS-7

Simpan dengan Ctrl + C, lalu ketikkan :wq, kemudian klik enter.

Sampai pada langkah ini anda telah berhasil melakukan konfigurasi repo di CentOS, agar dapat melakukan update dan upgrade, anda harus melakukan konfigurasi jaringan. Dalam percobaan ini saya menggunakan VirtualBox dengan mengandalkan koneksi dari WLAN dari hosts.

Konfigurasi Dasar Jaringan di VirtualBox


Langkah ini bertujuan untuk melakukan pengaturan dasar jaringan di mesin virtual anda. Saat anda berada di mesin virtual, klik tombol Ctrl sebelah kanan untuk mengeluarkan pointer dari mesin virtualnya, beralihlah bagian Status Bar, pada ikon jaringan klik kanan dan pilih Network Settings.



Setelah itu akan muncul jendela pengaturan untuk mengatur jaringan VirtualBox.



Pada tab Adapter 1 bagian Attached to silahkan pilih Bridged Adapter dan pastikan pada bagian Name menjadi nama WLAN host anda atau nama interface host lain yang terkoneksi dengan internet. Klik OK untuk menyiman dan kembali ke mesin virtual anda.

Setelah melakukan pengaturan diatas selanjutnya anda harus melakukan pengaturan jaringan internal di CentOS pada interface enp0s3 dengan perintah berikut:

vi /etc/sysconfig/network-scrips/ifcfg-enp0s3



Pada bagian ONBOOT ganti nilainya menjadi yes. kemudian simpan dengan Ctrl + C, ketikkan :wq lalu akhiri dengan enter. Hasil konfigurasi diatas belum sepenuhnya di terapkan ke sistem, anda perlu melakukan restart jaringan agar konfigurasi anda terbaca dengan baik oleh sistem, berikut perintah restart jaringan:
service network restart

Kemudian periksa konektifitas jaringan yang baru anda konfigurasi dengan perintah berikut:
nmcli d



Sampai pada langkah ini anda telah terhubung ke jaringan internet melalui penambatan WiFi (thetering). Lakukan pembaruan CentOS Base dengan perintah beriku:
yum update



Sampai pada langkah ini anda telah dapat melakukan pembaruan pada CentOS Base dan melakukan konfigurasi dasar jaringan pada VirtualBox dan CentOS.

Demikian yang dapat saya tulis, apabila terdapat salah ketikan atau tatanan bahasa yang membuat anda bingung saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, sebagai gantinya, anda dapat mengajukan pertanyaan melalui surel chotibulstudio@gmail.com. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda, kawan anda, dan orang-orang yang anda cintai. Salam Open Source!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS