Langkah-Langkah Instalasi CentOS "Sistem Operasi Sejuta Hosting" 7 di VirtualBox

CentOS merupakan angkronim dari Community ENTerprise Operating System, sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai CentOS, tutorial berikut akan memandu anda untuk melakukan instalasi di mesin virtual, VirtualBox.

Persiapan VirtualBox


Langkah ini ditujukan bagi anda yang masih belum terbiasa mengoperasikan VirtualBox, jika anda merasa sudah terbiasa, silahkan beralih pada bagian Instalasi CentOS.

Jika anda belum melakukan instalasi VirtualBox pada komputer atau laptop (dengan sistem operasi Ubuntu) anda, silahkan gunakan perintah berikut untuk menginstal-nya:
sudo apt update
sudo apt install virtualbox

Setelah terinstal, silahkan buka VirtualBox dengan cara klik menu Applications > System Tools > Oracle VM VirtualBox, pada bagian ini sesuaikan dengan lingkungan desktop yang anda gunakan, saya menggunakan lingkungan desktop MATE.



Setelah VirtualBox terbuka, silahkan Klik ikon New. Langkah ini akan memandu anda untuk membuat virtual baru.



Isikan nama sistem operasi sesuai nama aslinya, ini hanya instruksi optional, anda dapat memberi nama yang lain sesuai kemauan, namun pastikan pada bagian type berisi Linux dan Version berisi Red Hat (pilih sesuai arsitektur yang akan anda gunakan, apakah 32-bit/x86 atau 64-bit/x86_64). Lanjutkan dengan klik Next.



Pada jendela pengaturan RAM, tentukan besaran RAM yang akan anda gunakan, pada percobaanya, saya menggunakan RAM sebesar 1024 MB atau 1 GB. Lanjutkan dengan klik tombol Next.



Jendela hard disk diatas, pilih Create a virtual Hard disk now kemudian klik Create.

Langkah ini akan memandu anda menyiapkan hard disk virtual yang akan anda gunakan untuk menginstal CentOS.



Pilih model penyimpanan yang ingin anda gunakan, penyimpanan dinamis atau penyimpanan tetap, pada percobaannya saya menggunakan penyimpanan dinamis (Dynamically allocated) lalu klik tombol Next.



Tentukan besaran kapasitas yang ingin anda gunakan untuk menginstal CentOS, ini mungkin akan mempengaruhi penyimpanan pada penyimpanan hard disk laptop atau komputer anda. Ukuran minimal yang direkomendasikan adalah 8 GB, disini saya menggunakan ukuran 10 GB. Lanjutkan dengan mengklik tombol Create.



Mesin virtual CentOS telah dibuat, namun anda perlu melakukan pengaturan urutan booting dan menyisipkan file iso CentOS, untuk itu, klik menu Setting.



Pada jendela pengaturan mesin virtual CentOS, klik menu System, pada tab Motherboard dan pada bagian Boot Order hilangkan centang pada bagian Floppy dan letakkan ke bagian bawah seperti gambar diatas.



Masih dalam jendela pengaturan mesin virtual CentOS, klik menu Storage, pada Storage Tree klik Empty kemudian pada bagian Attributes klik pada ikon CD untuk meletakkan berkas iso CentOS, hingga hasilnya seperti gambar dibawah ini:



Gambar diatas kita telah menyisipkan berkas iso ke dalam sistem mesin virtual CentOS, lanjutkan dengan mengklik tombol OK.



Mesin virtual CentOS yang telah kita atur telah siap digunakan, silahkan klik tombol Start untuk menjalankan mesin virtual anda.

Instalasi CentOS


Setelah mesin virtual dijalankan, tunggulah hingga sistem melakukan boot secara penuh pada berkas iso yang telah anda sisipkan ke virtual CD/DVD Drive hingga muncul tiga pilihan berikut:



Pilihan utama akan berada di Test this media & install CentOS 7 pilihan ini bisa anda manfaatkan untuk mengujicoba CentOS tanpa menginstal-nya ke hard disk, namun pada percobaan ini saya menunjukkan hanya bagian instalasi saja, untuk itu pilih pilihan Install CentOS 7 kemudian klik enter.



Seperti pada umumnya instalasi sistem operasi GNU/Linux yang lain, pertama kali yang tampil adalah pilihan bahasa, tersedia juga pilihan Bahasa Indonesia, namun pada tutorial ini saya menggunakan Bahasa Inggris, lanjutkan dengan klik tombol Continue.



Pada jendela INSTALLATION SUMMARY tunggulah beberapa saat hingga sistem selesai melakukan inisialisasi terhadap beberapa pengaturan default. Lanjutkan dengan mengatur tanggal dan waktu terlebih dahulu, klik pada bagian Date & Time.



Anda hanya tinggal mengklik lokasi anda, untuk area WIB (Waktu Indonesia Barat) sistem otomatis akan mengatur region Asia dan city Jakarta, setelah selesai, klik tombol Done yang terletak di bagian kiri atas2.



Selanjutnya anda perlu mengatur pada bagian partisi, karena bagian ini sangat penting dan vital anda harus berhati-hati. klik pada Installation Destination.



Pada bagian Other Storage Options di bagian Partitioning pilih I will configure partitioning kemudian klik tombol Done dan anda akan diarahkan ke jendela MANUAL PARTITIONING seperti dibawah ini:



Di bagian New CentOS 7 Installation pilih dan klik pada Click here to create them automatically maka akan tampil 3 partisi default yang direkomendasikan oleh CentOS untuk instalasi berikut ini:



Secara default CentOS memerlukan setidaknya tiga partisi utama yaitu /boot yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi bootloader, partisi sistem (/) digunakan untuk menyimpan semua konfigurasi dan berkas-berkas sistem, partisi swap digunakan sebagai pertisi yang berfungsi sebagai memori tambahan. Setelah selesai, klik tombol Done.

akan muncul pop up Summary Of Changes kemudian klik tombol Accept Changes.



Persiapan instalasi telah siap, selanjutnya klik tombol Begin Installation untuk menginstal sistem.



Ketika proses instalasi berjalan, akan tampil jendela untuk pengaturan pengguna, klik pada Root Password untuk mengatur sandi root.



Isikan kata sandi kemudian klik Done. Jika anda mengisikan sandi terlalu pendek, klik tombol Done dua kali.



Setelah mengatur sandi untuk Root, anda juga bisa menambah pengguna sesuai kebutuhan anda, klik pada User Creation.



Isikan Full name, User name, Password dan Confirm password. setelah selesai klik Done.



Setelah melakukan pengaturan pengguna, tunggulah hingga sistem selesai melakukan setup, jika telah selesai, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar diatas. Klik Reboot untuk menyalakan ulang mesin virtual anda.



Setelah memuat ulang, sistem akan menampilkan pilihan melalui bootloader anda bisa langsung klik enter pada pilihan paling atas atau tunggulah sampai 5 detik hingga sistem melakukan booting hingga tampilan login seperti dibawah:



silahkan login dengan Root atau user name yang telah anda atur di bagian instalasi.

Demikianlah tutorial Langkah-Langkah Instalasi CentOS "Sistem Operasi Sejuta Hosting" 7 di VirtualBox yang dapat saya ulas di Chotibul Studio ini, semoga dapat membantu anda, kawan-kawan anda atau orang disekitar anda. Salam Open Source!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS