Macam-macam Permasalahan Apache2 Dan Cara Mengatasinya

Banyak developer yang memberikan kita solusi mengenai layanan tertentu dan bersifat free serta dapat dijalankan di Ubuntu atau Debian-based GNU/Linux, salah satunya adalah layanan Web Server. EngineX (nginx), Apache2, Lighttpd dan lain-lainnya merupakan solusi yang menawarkan beberapa kekhususan tersendiri.

Beda paket tentu berbeda pula konfigurasinya begitu pula penanganan error-nya, meskipun hampir semua paket web server mengusung konsep yang sama.

Tutorial ini membahas khusus mengenai beberapa macam masalah yang pernah terjadi pada Web Server Apache2 dan cara mengatasinya, khususnya masalah yang sering penulis temukan ketika belajar mengkonfigurasi Apache2 sebagai web server untuk beberapa projek dalam Mata Kuliah Pemrograman Web.

Berikut beberapa ulasan error dan cara mengatasinya di Apache2:

# Apache2: Could not reliably determine the server’s fully qualifier domain name, using 127.0.1.1. Set the ‘ServerName’ directive globally to suppress this message




Kenapa pesan tersebut muncul saat merestart Apache2 atau saat pengecekan versi? jawabannya saya belum tau pasti, akan tetapi inti dari pesan tersebut adalah Apache2 tidak dapat menentukan nama domain untuk kualifikasi server, dan anda disuruh membuat konfigurasi untuk mengarahkan “ServerName” ke pengaturan global. Artinya kita harus membuat konfigurasi khusus untuk menginisialisasikan ServerName ke domail localhost. Berikut caranya:

Buat file konfigurasi dengan nama servername.conf (silahkan sesuaikan namanya dan tetap berikan ekstensi .conf) dan letakkan di direktori /etc/apache2/conf-available/
sudo nano /etc/apache2/conf-available/servername.conf

Setelah editor nano terbuka isikan sintaks berikut:
ServerName localhost

Simpan konfigurasi dengan Ctrl X, Y, Enter.

Selanjutnya anda harus mengaktifkan konfigurasi ini. Nama konfigurasi yang diaktifkan harus sesuai dengan nama file konfigurasi yang berada di /etc/apache2/conf-available/, jika anda menggunakan nama lain, anda tinggal menyesuaikan saja. Berikut perintah untuk mengaktifkan konfigurasi pada Apache2:
sudo a2enconf servername

Setelah itu anda harus me-reload layanan Apache2 agar perubahan konfigurasi dapat dibaca dengan baik.
sudo service apache2 reload

Silahkan coba kembali mengetikkan perintah apache2 -V, maka hasilnya seperti ini:


Sumber


https://askubuntu.com/questions/256013/apache-error-could-not-reliably-determine-the-servers-fully-qualified-domain-n

# Config variable ${APACHE_LOCK_DIR}, ${APACHE_PID_FILE}, ${APACHE_RUN_USER}, ${APACHE_RUN_GROUP}, ${APACHE_LOG_DIR} is Not Defined.




Kenapa pesan tersebut muncul? yah, karena variabel pada file konfigurasi apache2.conf tidak terdefinisi, pendefinisian variable terdapat pada file envvars yang ada di /etc/apache2/. Permasalahan tersebut bukan hanya keluar saat mengecek versi Apache2 saja, masalah juga muncul saat mengecek file konfigurasi dengan perintah apache2 -t. Berikut solusinya:

Solusi pertama, agar semua variable yang dibutuhkan Apache2 dapat terdefinisi dengan baik, sebelum mengekseskusi perintah (yang terkait dengan Apache2) anda harus mengeksekusi file envvars dengan perintah berikut:
source /etc/apache2/envvars

Lanjutkan dengan mengeksekusi perintah Apache2, misal mengecek versi Apache2:
apache2 -V



Solusi kedua, anda dapat mendefinisikan semua environment variables milik Apache2 pada file .bashrc yang ada di /home/user-anda/ (agar bisa dicek dengan user biasa) atau file .bashrc yang ada di /root/ (agar bisa dicek dengan root).

Jika anda user biasa, pastikan posisi anda berada di /home/user-anda, ini ditandai dengan user-anda@host-anda:~$ pada terminal, lalu ketikkan perintah berikut:
nano .bashrc

Jika anda super user (Root), pastikan posisi anda berada di /root/, ini ditandai dengan root@host-anda:~# pada terminal, lalu ketikkan perintah berikut:
nano .bashrc

Setelah file .bashrc terbuka dengan editor nano, setelah itu silahkan menuju bagian paling bawah konfigurasi hingga pada area kosong dan masukkan konfigurasi berikut untuk meload environtment variables Apache2:
# export envvars Apache2
export APACHE_RUN_USER=www-data
export APACHE_RUN_GROUP=www-data
export APACHE_PID_FILE=/var/run/apache2/apache2$SUFFIX.pid
export APACHE_RUN_DIR=/var/run/apache2$SUFFIX
export APACHE_LOCK_DIR=/var/lock/apache2$SUFFIX
export APACHE_LOG_DIR=/var/log/apache2$SUFFIX

Simpan konfigurasi dan restart komputer atau laptop anda. Setelah proses restart selesai silahkan cek menggunakan beberapa perintah terkait Apache2 berikut ini:
apache2 -t
(atau)
apache2 -V

Penutup


Artikel ini akan selalu diperbarui ketika penulis menemukan error pada Apache2, sehingga tulisan ini dapat menjadi rujukan khususnya untuk saya ketika menemukan error yang sama dikemudian hari sehingga dapat memperbaikinya, saya pun berharap dengan tulisan ini anda dan orang-orang yang anda kasihi dapat terbantukan dalam menangani masalah-masalah terkait web server Apache2.

Anda dapat me-request permasalahan yang anda dapati ketika mempelajari Apache2 dengan mengirim surel ke chotibulstudio@gmail.com dengan format:
Kepada: chotibulstudio@gmail.com
Subjek : REQ APACHE ERROR:

Isi: File screenshoot lengkap dengan pesan errornya

Kedepannya semoga tulisan ini dapat membantu saya pribadi, anda dan orang-orang disekitar anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS