Cara memperbaiki peringatan setting lokal dari Perl pada Debian-based GNU/Linux

Mengutip dari situs Ensiklopedia Bebas, WikiPedia, Perl merupakan bahasa pemrograman untuk berbagai keperluan yang dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix, pengertian tersebut juga diperkuat dengan tulisan dari Yana Permana dengan judul “Belajar Pemrograman PERL Buat Apa?”.

Perl juga menjadi pustaka dan telah build-in dihampir semua distribusi GNU/Linux, terutama Debian-based GNU/Linux. Namun adakala Perl tidak dapat membaca dengan baik pengaturan bahasa ketika diatur saat instalasi sehingga ketika saat mengeksekusi perintah tertentu di terminal muncul perintah error.



Jika masalah tersebut juga terjadi pada Debian-based GNU/Linux yang anda gunakan, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, identifikasi masalah anda, cek dengan perintah locale untuk mengetahui error-nya.
# locale



Pada masalah ini bagian LC_ALL belum saya atur, jika masalah tersebut yang muncul anda tinggal mengaturnya dengan perintah berikut:
# locale-gen “en_US.UTF-8”
# locale-gen “en_US.UTF-8”



Jika masalah yang anda temui adalah LANG (unset) atau LANGUAGE (unset) anda dapat mengekspornya dulu dengan perintah berikut (jika Bahasa Inggris):
# export LANGUAGE=en_US.UTF-8
# export LANG=en_US.UTF-8

atau (jika Bahasa Indonesia):
# export LANGUAGE=id_ID.UTF-8
# export LANG=id_ID.UTF-8

Kedua, setelah menyelesaikan langkah pertama, selanjutnya melakukan konfigurasi agar perubahannya permanen, disini saya memanfaatkan perintah dpkg-reconfigure.
# dpkg-reconfigure locales

Setelah mengetikkan perintah tersebut, akan keluar bagian konfigurasi paket locales, pada pilihan Locales to be generated: silahkan pilih bahasa yang akan anda konfigurasi, untuk memilihknya anda cukup menggunakan tombol navigasi (arah atas dan bawah) jika sudah menemukan bahasa yang cocok anda tinggal klik tombol space, klik tab (pada pilihan ) klik enter.



Kemudian anda akan diarahkan kembali ke bagian konfigurasi paket dengan pilihan Default locale for the system environment: silahkan pilih pilihan yang sesuai dengan anda, saya memilih en_US-UTF8. Anda tinggal mengarahkan pilihan dengan tombol navigasi, kemudian anda dapat menggunakan tombol tab untuk memilih Ok atau Cancel.



Ketiga, nikmati hasil konfigurasi anda.



Demikian yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini, permasalahan ini muncul sekitar dua minggu yang lalu saat saya mengoperasikan Ubuntu server dari mesin virtual.

Semoga tutorial troubleshooting ini bermanfaat untuk anda maupun orang-orang yang anda sayangi, akhir kata, selamat merayakan tahun baru Imlek 2569/2018 bagi anda yang merayakannya, Gong Xi Fa Chai.

Sumber:

How to Solve perl: warning: Setting locale failed
https://www.linuxbabe.com/linux-server/how-to-solve-perl-warning-setting-locale-failed

perl: warning: Falling back to the standard locale ("C")
https://gist.github.com/kxxoling/b3ac181b427c7cafbe88

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS