Cara Memasang Alat TWRP Pada Perangkat AndroidOne Menggunakan ADB Dan Fastboot Di Ubuntu 16.04

TWRP merupakan akronim dari Team Win Recovery Project merupakan citra pemulihan perangkat lunak bebas sumber terbuka untuk perangkat berbasis Android. Perangkat pemulihan ini menyediakan antarmuka dengan dukungan layar sentuh yang memungkinkan pengguna untuk menginstal firmware pihak ketiga dan membuat cadangan sistem saat ini.

TWRP dapat dipasang dihampir semua perangkat Android dengan bantuan alat yang bernama ADB (Android Debug Bridge) dan Fastboot. Tapi, tahukah anda kalau kedua alat tersebut (ADB dan Fastboot) dapat dipasang dan dijalankan di mesin Linux?

Tutorial ini saya buat setelah perangkat AndroidOne, Evercoss One X A65, saya mengalami bootloop (booting berulang) dan belajar melakukan flash sesuai instruksi dari teman-teman, namun sayangnya proses flash tidak saya lakukan di Ubuntu melainkan di Windows, saya berfikir “jika perangkat tersebut (AndroidOne) tidak memiliki mesin recovery khusus, mungkin saya akan kembali menggunakan perangkat lain untuk melakukan flashing”, saya tidak mau hal tersebut terjadi, akhirnya dengan tekat api, saya memberanikan diri memasang alat TWRP pada AndroidOne saya menggunakan ADB dan Fastboot yang terpasang di Ubuntu.

Instalasi Paket ADB dan Fastboot Serta Persiapan Perangkat


Distribusi Debian GNU/Linux telah memiliki manajer paket yang cukup handal, ketersediaan paket dengan ekstensi .deb sudah hampir didukung oleh kebanyakan pembuat perangkat lunak bebas, bahkan banyak dari berbagai instansi dalam negeri yang telah menyediakan layanan repositori, salah satunya kambing.ui.ac.id.



Ketersediaan paket ADB dan Fastboot telah tersedia dilayanan repositori yang saya sebutkan diatas, maka dari itu, untuk memasangnya anda hanya memanfaatkan manajer paket APT. Lakukan dengan perintah update dahulu, jika selesai, barulah lakukan penginstalan paket ADB dan Fastboot-nya.
sudo apt update
sudo apt install android-tools-adb android-tools-fastboot

Saat setelah proses pemasangan berhasil, anda dapat mengecek versi ADB yang terpasang dengan menggunakan perintah berikut:
$ adb version

Android Debug Bridge version 1.0.32

Nah, selanjutnya, kita harus membuka Opsi Pengembang untuk mengaktifkan USB Debugging, caranya, ketuk menu → Setelan → Tentang Ponsel → ketuk sebanyak tujuh kali pada Nomor bentukan sampai keluar pesan “Anda sudah menjadi pengembang”, kembali ke setelan → ketuk Opsi pengembang → (pada bagian debugging) aktifkan Debugging USB, kemudian tancapkan kabel data ke laptop maupun ke perangkan AndroidOne dan jalankan perintah berikut:
$ adb start-server

Jika ada pemberitahuan di perangkat Android anda, ketuk Ok, kemudian lanjutkan dengan mengetikkan perintah perintah berikut:
$ adb devices



Sampai pada langkah ini, kita telah berhasil melakukan instalasi dan mempersiapkan device yang akan kita pasang TWRP.

Memperoleh TWRP dan Pemasangannya Ke AndroidOne Dengan ADB dan Fastboot


Dimanakah kita mendapatkan alat TWRP khusus untuk perangkat AndroidOne kita? Jangan khawatir, pengembang TWRP memiliki laman khusus yang telah menyediakan TWRP untuk beberapa perangkat Android yang ada di pasaran. Namun sebelum itu anda harus mengetahui kode nama perangkat anda, untuk AndroidOne yang telah di pasarkan di Indonenesia (Evercoss One X A65, Mito Impact A10 dan Nexian Journey 1) memiliki kode nama sprout.

Bukalah laman https://twrp.me/Devices/ untuk memperoleh TWRP yang sesuai dengan kemauan kita, manfaatkan kotak pencarian untuk menemukan kode nama ponsel yang kita kehendaki.



Gambar diatas merupakan hasil setelah kita mengetikkan kata sprout di kolom pencarian hingga tampil dua link yang berbeda, pada kasus ini kita memilih link AndroidOne (sprout).

Kita akan diarahkan menuju halaman TWRP for Android One, gulirkan mouse atau toutch pad anda menuju bagian download link.



Pilihlah salah satu link unduhan yang ada, disini saya memilih primary (Americas), jika tidak bisa, anda juga dapat memilih primary (Europe).



Pilihlah versi yang paling baru agar terhindar dari beberapa kutu yang mungkin menyebabkan masalah. Sampai pada langkah ini, anda telah mendapatkan berkas .img dari TWRP.

Berikut ini tahapan untuk memasang TWRP ke perangkat AndroidOne anda:

  • Pastikan ponsel pintar anda sudah terkoneksi dengan komputer atau laptop melalui kabel data dan telah melakukan beberapa persiapan diatas dan jangan dimatikan.

  • Sesuaikan tempat anda menyimpan berkas twrp-3.2.1-0-sprout.img, setelah proses unduhan selesai, saya memindahkan berkasnya di /home/user/.

  • Ganti nama berkas TWRP yang telah anda unduh tadi menjadi twrp.img dengan perintah mv twrp-3.2.1-0-sprout.img twrp.img.

  • Restart bootloader perangkat anda agar masuk ke mode fastboot dengan mengetikkan perintah adb reboot bootloader.

  • Setelah perangkat AndroidOne anda masuk ke mode fastboot, ketikkan perintah fastboot flash recovery twrp.img untuk melakukan flash.

  • Lanjutkan dengan perintah fastboot boot twrp.img untuk melakukan boot ke TWRP-nya.




Sampai pada langkah ini, anda telah berhasil memasang TWRP ke perangkat AndroidOne kesayangan anda.



Selamat bereksplorasi dengan TWRP.

Sumber


https://www.beritahuaja.com/2015/05/how-to-root-evercoss-one-x-android-one.html?en

https://twrp.me/google/androidone.html

https://dl.twrp.me/sprout

https://www.linuxbabe.com/ubuntu/how-to-install-adb-fastboot-ubuntu-16-04-16-10-14-04

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS