Membuat Daftar Isi Otomatis di LibreOffice Writer


LibreOffice dapat menjadi alternatif aplikasi perkantoran yang kuat dalam membuat berbagai jenis dokumen. Berkas dokumen teks (LibreOffice Writer), spreadsheet (LibreOffice Calc), presentasi (LibreOffice Impress) dan beberapa dokumen lainnya.









Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Membuat Laporan Magang (PKL) dan Skripsi dengan LibreOffice Writer yang fokus membahas bagaimana membuat templat laporan. Kini, dengan tulisan ini, saya berharap anda dapat membuat daftar isi sendiri secara otomatis menggunakan LibreOffice Writer.





Pembuatan daftar isi otomatis sangat beraitan erat dengan pengaturan heading style yang ada, untuk itu, mari siapkan heading style-nya terlebih dahulu.





Persiapan Heading Style





Setelah anda membuat templat dengan tautan di atas, akan terasa lebih lengkap bila disertai juga dengan membuat templat untuk daftar isinya agar bisa langsung digunakan secara otomatis. Nanti, saat laporan anda sudah siap.





Untuk membuat daftar isi otomatis, diperlukan pengaturan heading dibeberapa bagian laporan, misalnya heading untuk bab, sub bab, caption gambar dan tabel. Adapun ketentuan dalam membuat heading adalah sebagai berikut:





  • H1 (heading 1) digunakan untuk judul bab, misalnya Bab I Pendahuluan, Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan dan Bab 5 Kesimpulan dan Saran.
  • H2 (heading 2) digunakan untuk sub bab pertama.
  • H3 (heading 3) digunakan untuk sub bab kedua.
  • H4 (heading 4) digunakan untuk caption gambar dan tabel.




Secara default, LibreOffice sudah menyiapkan style penggunaan heading, tapi pengaturannya terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita, misalnya jenis dan ukuran fonta yang digunakan, jarak spasi, dan lain-lain.





Pengaturan header style di LibreOffice




Berikut ini langkah-langkah untuk mempersiapkan heading style yang akan digunakan pada dokumen:





  • Berkaca pada gambar di atas, untuk mempersiapkan heading style bisa dilakukan dengan membuka pengaturan dari sidebar setting, lihat angka 1.
  • Pilih menu style (no. 2) -> pilih paragraph style -> fokus ke heading 1 - 4.
  • Kita ke heading 1 dulu :
    • Klik kanan pada heading 1 -> modify.
    • (saat jendela paragraph style terbuka) klik tab Indents & Spacing -> (pada bagian Line spacing) ubah menjadi 1.5 Lines.
    • Klik tab Alignment -> (pada bagian Options) pilih Center.
    • Klik tab Fonts -> (pada bagian Family) pilih jenis fonta yang ingin digunakan, misal Liberation Serif (alternatif dari Times New Roman) -> (pada bagian Style) pilih Bold -> (pada bagian Size) ubah ukuranya menjadi 14 pt (poin, cek satuan fonta di tautan ini).
    • Klik Apply -> Ok.
  • Mengatur heading 2 :
    • Lakukan seperti pada cara mengatur heading 1 diatas.
    • Menggunakan Line spacing ukuran Double.
    • Alignment yang digunakan adalah Justified.
    • Menggunakan fonta dengan style Bold dan ukurannya 12 pt.
  • Mengatur heading 3 :
    • Pengaturannya sam adengan heading 2.
  • Mengatur heading 4 :
    • Lakukan seperti cara mengatur heading 1 diatas.
    • Menggunakan Line spacing ukuran Double.
    • Alignment yang digunakan adalah Regular.
    • Menggunakan fonta dengan style Italic dan ukurannya 12 pt.




Heading style sudah siap diimplementasikan pada laporan yang sudah dibuat.





Implementasi Heading Style Pada Laporan





Implementasi heading style yang sudah disiapkan sebelumnya pada laporan yang telah dibuat cukup dengan cara blok area tulisan yang ingin diberi heading (1 - 4) lalu klik tombol tarik-turun Set paragraph style pilih heading (1 - 4, sesuai dengan ketentuan pada laporan). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:





Menerapkan pengaturan heading style pada laporan




Daftar Isi Otomatis





Setelah semua bagian heading telah ditandai dengan heading style-nya masing-masing, sekarang saatnya mengisi halaman daftar isi. Berikut caranya:





  • Arahkan pointer aktif ke halaman daftar isi, tepat dibawah judul "DAFTAR ISI" dan atur agar sejajar kanan-kiri (justified, CTRL J).
  • Klik menu Insert -> Tables of Contents and Index -> Table of Contents, Index, and Bibliography.
  • Jendela baru Table of Contents, Index and Bibliography muncul. Pada Type and Title bagian Title kosongi saja dan hilangkan centang pada protected against manual change agar daftar isi bisa diedit secara manual.




Pengaturan daftar isi




  • Klik Ok.




Daftar isi akan muncul secara otomatis. Perhatikan gambar berikut:





Daftar isi laporan




Setelah daftar isi muncul, anda perlu mengatur jarak spasi yang digunakan, disini saya menggunakan jarak spasi 2 atau double.





Kesimpulan





Terdapat beberapa style yang dapat digunakan untuk mengatur halaman pada dokumen yang tengah dibuat menggunakan LibreOffice, diantaranya paragraph style dan page style. Seperti namanya, paragraph style digunakan untuk membedakan gaya masing-masing judul paragraf atau gaya heading, sedangkan page style digunakan untuk mengatur halaman yang berbeda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi IPv6 TunnelBroker untuk Server WordPress Self Host

Daftar Rekomendasi Repositori Lokal Debian 11 "Bullseye"

Koneksi Internet Bermasalah di Ubuntu 18.04, Berikut Cara Memperbaikinya